16 Aplikasi Lari Terbaik : Akurat & Cocok Untuk Pemula

List aplikasi lari & jogging terbaik untuk smartphone android & IOS yang akurat, cocok untuk pemula, bisa offline, kompatibel apple watch & android wear

Saat ini banyak orang mulai sadar tentang pentingnya melakukan olahraga setiap hari. Berbagai macam pusat kebugaran juga mulai berkembang dengan menawarkan berbagai macam latihan dan juga fasilitas olahraga yang mendukung.

Namun untuk melakukan olahraga kita tidak harus pergi ke pusat kebugaran cukup dengan melakukan olahraga seperti berlari atau berjalan di sekitar perumahan atau taman kota sudah cukup meningkatkan kebugaran tubuh.

Untuk mendukung olahraga lari, saat ini sudah banyak dikembangkan berbagai macam aplikasi lari yang bisa digunakan melalui smartphone dengan cara mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Aplikasi lari tersebut memberikan berbagai macam informasi terkait dengan kegiatan berlari seperti jarak, durasi hingga jumlah kalori. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi lari apa saja yang bisa digunakan serta fitur yang melengkapinya, berikut ini beberapa aplikasi lari yang bisa dipilih. Mari disimak!

 

1. RunGo Aplikasi Penghitung Jarak Lari / Jogging Offline

RunGo
RunGo

 

RunGo merupakan salah satu aplikasi lari yang wajib dimiliki oleh para pelari yang ingin mencari rute baru. Salah satu kelebihan dari RunGo adalah mampu mencari rute – rute lari baru dengan memanfaatkan navigasi suara sehingga pelari tidak akan merasa bosan dengan rute lari yang dipilih.

Selain mencari rute, RunGo juga dapat mencatat waktu berlari, jarak, tingkat ketinggian hingga kalori yang dibakar oleh tubuh. Kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu dapat digunakan secara offline.

 

2. Runtastic Aplikasi Untuk Lari Di Iphone Yang Kompatible Dengan Appel Watch

Runtastic
Runtastic

 

Runtastic merupakan aplikasi yang mampu menghitung jarak di saat berjalan, jogging bahkan berlari sekalipun yang didukung oleh sistem GPS. Runtastic tidak hanya mencatat seberapa jauh jarak yang sudah ditempuh pelari, namun juga bisa mengetahui pace serta durasi secara bersamaan.

Kelebihan lain yang dimiliki aplikasi ini yaitu mempunyai fitur voice coach, live tracking dan cheering serta mengetahui jarak tempuh dari sepatu yang dipakai sehingga kita bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti sepatu.

Untuk mempermudah penggunaan, Runtastic dapat berintegrasi dengan Appel Watch khusus pengguna Iphone maupun smartwatch lainnya.

 

3. Runkeeper Aplikasi Lari Android Yang Kompatible Dengan Android Wear

Runkeeper
Runkeeper

 

Runkeeper menjadi aplikasi favorit pilihan para pelari. Dengan didukung fitur GPS pada smartphone, Runkeeper tidak hanya dapat melacak olahraga lari saja, namun juga olahraga lain seperti bersepeda, mendaki atau olahraga apapun yang berhubungan dengan jarak tempuh.

Di dalam Runkeeper juga dapat memberi informasi mengenai jarak, pace, kalori tubuh yang dibakar serta lamanya durasi berlari. Selain olahraga berlari, terdapat pula olahraga lainnya lengkap dengan format challenge yang bisa diikuti.

Untuk mempermudah penggunaan, Runkeeper dapat diakses menggunakan Android Wear atau Apple Wear.

 

4. Strava Running And Cycling GPS

Strava Running and Cycling GPS
Strava Running and Cycling GPS

 

Bagi penggemar olahraga lari atau jogging dan bersepeda, Strava Running and Cycling GPS adalah aplikasi yang sesuai dan mampu mencatat seberapa jauh jarak tempuh pelari dengan mencatatnya secara otomatis.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Strava Running and Cycling GPS ini yaitu dapat menghitung berapa banyak kalori yang dibakar, kecepatan saat berlari atau bersepeda, serta kecepatan detak jantung.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini pengguna bisa mencari teman sesama pengguna Strava, sehingga berlari menjadi menyenangkan jika dilakukan bersama – sama.

 

5. FITAPP

FITAPP
FITAPP

 

Sama seperti aplikasi lari pada umumnya, FITAPP juga menggunakan GPS sebagai fitur utama dalam menghitung jarak yang telah ditempuh saat berlari.

Selain itu, dengan menggunakan FITAPP, pelari juga dapat mengetahui berapa lama waktu yang telah dilakukan untuk berlari atau berjogging.

Terdapat fitur diet untuk memberikan informasi mengenai jumlah kalori yang telah dibakar selama berlari jika diaktifkan. Laporan yang disampaikan dapat berupa voice feedback sehingga cukup menarik untuk diunduh.

 

6. Endomondo

Endomondo
Endomondo

 

Sesuai dengan misinya, Endomondo memotivasi orang untuk selalu aktif berolahraga secara menyenangkan, tidak heran jika aplikasi ini menawarkan pengalaman seperti berolahraga bersama seorang personal trainer.

Ada beragam fitur yang ditawarkan oleh Endomondo termasuk untuk pengguna bebas sekalipun seperti fitur Track Your Fitness yang bisa dimanfaatkan bagi pelari dalam mengetahui durasi, jarak tempuh, kecepatan berlari, hingga jumlah kalori yang dibakar tubuh saat berlari.

Selain itu ada juga fitur lain yaitu Set Goal and Take On Challanges yakni kita dapat mengatur jarak, waktu dan kalori tubuh yang ingin dibakar selama berlari atau latihan seperti layaknya dipandu oleh pelatih olahraga profesional.

 

7. Sport Tracker Running Cycling

Sport Tracker Running Cycling
Sport Tracker Running Cycling

 

Aplikasi yang satu ini mempunyai fitur yang cukup lengkap bagi pecinta lari dan jogging. Dengan menggunakan Sport Tracker Running Cycling ini pengguna dapat menganalisis dan melakukan tracking tidak hanya lari saja, namun jaga olahraga lainnya seperti bersepeda dan berjalan.

Aplikasi ini juga memberikan laporan secara detail hasil olahraga yang sudah dilakukan sebelumnya di dalam Workout Diary dengan melaporkannya dalam bentuk suara. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play atau Appstore.

 

8. Run with Map My Run

Sama seperti aplikasi lari pada umumnya, Run with Map My Run juga memberikan laporan mengenai olahraga apa saja yang telah dilakukan setiap harinya, termasuk lari.

Dengan aplikasi Run with Map My Run, pelari bisa mengetahui berapa jarak lari yang sudah ditempuh, jumlah kalori yang dibakar, hingga durasi atau lamanya berlari.

Semua fitur tersebut lengkap bahkan sudah menambahkan GPS untuk mengetahui track mana saja yang sudah dilalui saat berlari. Kelebihan lain dari aplikasi Run with Map My Run ini tidak hanya untuk pelari saja, namun juga cocok untuk olahraga lain seperti bersepeda, gym dan yoga.

 

9. Running Distance Tracker+

Running Distance Tracker +
Running Distance Tracker +

 

Untuk yang gemar berlari setiap hari, Running Distance Tracker+ adalah aplikasi yang harus dimiliki oleh setiap pelari. Aplikasi ini memberikan laporan mengenai olah raga lari dan jogging yang telah dilakukan secara terperinci.

Laporan yang didapat bisa berupa laporan setiap hari ataupun setiap bulan. Tidak hanya itu saja, Running Distance Tracker+ mempunyai beberapa kelebihan seperti terdapat fitur pemutar musik atau music player tanpa harus keluar dari aplikasi ini, sehingga berlari tidak menjadi hal yang membosankan jika diiringi oleh lagu – lagu favorit.

 

10. Pacer

Pacer
Pacer

 

Aplikasi lari yang satu ini mempunyai fitur fitness tracker dan pedometer di dalam satu aplikasi dengan memanfaatkan sensor pintar yang terdapat di smartphone. Pacer akan merekam semua kegiatan olahraga seperti jumlah langkah, waktu berlari hingga rute berlari yang telah ditempuh.

Tidak hanya itu saja, Pacer juga memberikan informasi mengenai aktivitas olahraga sebelumnya sehingga pelari dapat menentukan goal sendiri untuk dapat menantang diri sendiri dalam meningkatkan motivasi dalam berlari. Selain itu, Pacer juga dapat dihubungkan dengan beberapa aplikasi kebugaran lain seperti Apple Health, Fitbit dan MyFitnessPal.

 

11. Nike+ Run Club

Nike + Run Club
Nike + Run Club

 

Sesuai dengan namanya, pengembang aplikasi ini berasal dari Nike yang membantu para pelari untuk menghitung jarak saat berlari atau jogging.

Kelebihan yang dimiliki oleh Nike+ Run Club yaitu terdapat fitur yang dapat mengajak teman untuk berolahraga bersama atau melakukan pertandingan dengan menampilkan track record kepada semua teman pelari.

Dengan menggunakan fitur share hasil olahraga seperti foto, stiker, hasil lari dapat dibagikan ke sosial media lainnya dan juga dengan menggunakan Nike+ Run Club pengguna dapat terhubung dengan sesama pengguna Nike dari seluruh dunia.

 

12. WeavRun

WeavRun app
WeavRun app

 

Bagi beberapa orang, musik sangat membantu meningkatkan mood terutama saat berlari. WeavRun hadir untuk pecinta olahraga lari yang gemar mendengarkan musik.

Aplikasi ini sangat berguna karena akan menyinkronkan musik favorit dengan ritme langkah kaki ketika berlari. Jadi semakin cepat berlari maka semakin cepat pula tempo musik yang diputar.

Untuk menjaga ritme lari bisa melakukan pengaturan pada mode fixed tempo agar musik yang diputar mempunyai tempo yang sama. Tidak perlu khawatir, WeavRun menyediakan berbagai macam genre lagu dengan ratusan lagu tempo berbeda, suara musik akan stabil meskipun tempo naik.

 

13. Running and Jogging

Running and Jogging
Running and Jogging

 

Bagi yang kesulitan dalam menggunakan aplikasi lari, Running and Jogging hadir dengan tampilan sederhana dan juga user friendly. Meskipun sederhana namun fitur yang berada di dalamnya cukup lengkap dan sesuai dengan kebutuhan pelari.

Saat berlari aplikasi ini dapat memantau peta secara real time. Fitur – fitur yang terdapat di Running and Jogging antara lain durasi lari, jarak rute berlari, kecepatan berlari, dan juga kalori yang dibakar tubuh secara real time.

 

14. Google Fit

Google Fit app
Google Fit app

 

Google juga mengembangkan aplikasi berupa Google Fit memberikan penawaran menarik untuk menghitung rute berlari. Tidak hanya itu saja, pada Google Fit terdapat fitur – fitur lain seperti tips dan trik mengenai kebugaran, data statistik, menghitung kecepatan berlari dan ketinggian, serta lamanya durasi saat berlari.

Selain itu, Google Fit juga dilengkapi oleh fitur lain seperti pengukuran denyut jantung, notifikasi beberapa latihan melalui audio, daftar latihan dan lain sebagainya. Untuk menggunaan Google Fit pengguna harus mengakifkan data selular atau tidak dapat digunakan dalam keadaan offline.

 

15. Start Running

Start Running app
Start Running app

 

Tampilan dari Start Running terbilang cukup eyecatching yaitu berwarna biru namun terlihat user friendly. Di dalam aplilkasi ini terdapat berbagai macam fitur yakni training plan untuk berjalan hingga jogging.

Selain itu, Start Running mempunyai jadwal kegiatan yang bisa diikuti dan terbagi menjadi 4 level sesi training di mana setiap level harus dilalui selama 3 minggu, sedangkan setiap minggunya terdapat 3 sesi setiap hari.

 

16. Couch to 5K

Couch to 5K App
Couch to 5K App

 

Aplikasi Couch to 5K cocok untuk pengguna yang ingin berolahraga lari namun malas melakukannya. Aplikasi ini juga sangat pas digunakan oleh pelari yang ingin berlatih lari marathon namun kurang pengalaman dan juga memiliki stamina yang buruk.

Couch to 5K mempunyai program utama dengan memberikan motivasi pelari untuk dapat berlari sejauh 5 kilometer setiap harinya dalam waktu 9 minggu. Di dalamnya terdapat fitur berupa jadwal latihan sebanyak 3 hari seminggu yang memakan waktu sekitar 20 – 30 menit untuk setiap sesi latihan.

Dari beberapa aplikasi di atas masing – masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Ada baiknya pilihlah aplikasi lari sesuai dengan kebutuhan dan yang terpenting mudah untuk digunakan.

Semoga informasi hobikusport.com mengenai 16 Aplikasi Lari Terbaik : Akurat & Cocok Untuk Pemula ini dapat menambah motivasi dalam berlari demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

 

Referensi:
https://carisinyal.com/aplikasi-untuk-lari-dan-jogging/

https://keepo.me/techno/7-aplikasi-olahraga-lari-terbaik-yang-bikin-acara-jogging-jadi-rutin/

https://www.nesabamedia.com/aplikasi-untuk-lari-dan-jogging/

https://www.idntimes.com/tech/trend/jcnd/aplikasi-terbaik-di-ios-android-buat-kamu-yang-suka-jogging-c1c2

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *