Mengenal 14 Cedera Lutut Beserta Penyebab & Penyembuhannya

Olahraga merupakan aktivitas gerak yang menyehatkan juga menyenangkan. Olahraga juga dapat melepas stress pada tubuh dan pikiran akibat pekerjaan.

Namun saat berolahraga, kemungkinan cedera pada tubuh bisa saja terjadi. Seperti yang kita ketahui jika otot kaki merupakan otot yang sangat aktif untuk bergerak terutama ketika melakukan gerakan olahraga seperti berjalan atau berlari.

Tidak heran jika bagian tubuh ini sering mengalami cedera terutama pada bagian lutut. Ada beragam jenis cedera lutut yang bisa dialami oleh siapapun saat melakukan olahraga dan berikut macam cedera lutut dan ligamen lutut yang perlu diketahui.

 

A. Macam Cedera Lutut & Ligamen Lutut

1. Cedera Lutut Keseleo Biasanya Terjadi Saat Olahraga Kaki Misal Futsal

Cedera Lutut Keseleo Biasanya Terjadi Saat Olahraga Kaki Misal Futsal
Cedera Lutut Keseleo Biasanya Terjadi Saat Olahraga Kaki Misal Futsal

Keseleo saat berolahraga terutama ketika bermain futsal menjadi cedera yang cukup sering terjadi. Cedera lutut seperti keseleo ini bisa terjadi akibat jaringan ikat atau ligamen yang terdapat pada lutut mengalami luka.

Selain berfungsi melindungi tulang atau sendi, jaringan ikat juga memiliki fungsi mempermudah pergerakan pada lutut sebab jaringan ikat memiliki sifat lentur dan fleksibel.

Keselo terjadi akibat melakukan pendaratan yang salah terutama saat melakukan lompatan ketika bermain futsal. Cedera lutut keseleo ditandai dengan rasa nyeri pada lutut ketika sedang berjalan.

 

2. Cedera Lutut Bursitis

Cedera Lutut Bursitis
Cedera Lutut Bursitis

Sebenarnya setiap orang memiliki kantung yang berisi cairan kecil atau bursae yang berfungsi melindungi sendi pada lutut serta membuat pergerakan tendon dan ligamen dapat bergerak dengan mudah di atas sendi.

Ada kalanya kantung – kantung tersebut dapat membengkak bahkan meradang akibat terlalu sering terkena tekanan atau sering berlutut. Peradangan inilah yang dikenal dengan istilah bursitis atau radang kantung lendir.

Hampir sebagian besar cedera lutut bursitis masih dapat diobati dengan melakukan perawatan sendiri. Akan tetapi dalam beberapa kasus perlu mendapatkan perawatan serta pemberian antibiotik dengan melakukan prosedur pengeluaran cairan berlebih tersebut dengan menggunakan jarum yang tentunya dilakukan oleh profesional.

 

3. Cedera Lutut Kerusakan Meniskus (Meniscal Tears)

 

Cedera Lutut Kerusakan Meniskus 28Meniscal Tears 29
Cedera Lutut Kerusakan Meniskus 28Meniscal Tears 29

Meniskus merupakan sebutan untuk tulang rawan yang terdapat pada lutut. Tulang rawan yang terdapat pada lutut berfungsi sebagai bantalan serta membantu menjaga kestabilan pada sendi lutut.

Meniskus ini bisa mengalami cedera berupa robekan yang dikenal dengan istilah meniscal tears namun di kalangan pecinta olahraga disebut sebagai cedera lutut. Robekan yang terjadi pada meniskus ini akibat melakukan pergerakan memaksa pada lutut untuk berotasi saat kondisi kaki berpijak dengan kuat.

Biasanya terjadi saat melakukan olahraga seperti sepak bola, tenis, basket dan futsal. Cedera lutut ini biasanya dialami oleh orang berusia di atas 30 tahun yang masih aktif melakukan aktivitas fisik.

 

4. Cedera Lutut Ketegangan Otot Lutut

Cedera Lutut Ketegangan Otot Lutut
Cedera Lutut Ketegangan Otot Lutut

Cedera lutut yang lain bisa terjadi akibat terjadi ketegangan pada otot dan tendon yang berada di sekitar lutut. Ketegangan ini disebabkan oleh terlalu dalam saat menekuk ataupun terlalu lebar saat melakukan peregangan.

Cedera lutut akibat otot lutut menjadi tegang ini bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa serta menyebabkan terhambatnya fungi lutut terutama untuk melakukan gerakan.

 

5. Cedera Lutut Dislokasi Tempurung Lutut

Cedera Lutut Dislokasi Tempurung Lutut
Cedera Lutut Dislokasi Tempurung Lutut

Dislokasi yang terjadi pada tempurung lutut bisa terjadi saat posisi tulang tempurung lutut mengalami pergeseran hal ini disebabkan oleh jatuh, cedera saat berolahraga ataupun kecelakaan.

Dislokasi pada patella atau tempurung lutut ini memberikan rasa sakit yang luar biasa akan tetapi tidak sampai mengancam jiwa. Untuk mengembalikan ke posisi semula harus dilakukan penanganan khusus oleh fisioterapi.

 

6. Cedera Lutut Dislokasi Sendi

Cedera Lutut Dislokasi Sendi
Cedera Lutut Dislokasi Sendi

 

Berbeda dengan dislokasi tempurung, dislokasi sendi adalah bergesernya tulang dari posisi normal. Meskipun begitu cedera lutut yang berakibat dislokasi sendi cukup jarang terjadi namun harus ditangani dengan serius.

Sebab cedera lutut yang satu ini dapat merusak beberapa bagian pada lutut seperti ligamen, pembuluh darah hingga saraf. Gejala yang ditimbulkan dari dislokasi sendi bisa dilihat saat itu juga dan akan semakin memburuk jika tidak segera ditangani lebih lanjut.

Penanganan yang perlu dilakukan yaitu dengan mengembalikan sendi ke posisi semula agar tidak merusak ke bagian – bagian lainnya.

 

7. Cedera Lutut Fraktur Lutut

Cedera Lutut Fraktur Lutut
Cedera Lutut Fraktur Lutut

Fraktur atau patah tulang terjadi akibat mengalami benturan yang sangat keras seperti kecelakaan, jatuh bahkan hantaman.

Dalam hal ini yang mengalami fraktur yaitu lutut atau lebih tepatnya tulang tempurung lutut. Fraktur perlu penanganan lebih lanjut dan serius biasanya akan dilakukan operasi untuk memperbaikinya.

 

8. Cedera Lutut Overuse, Sindrom Nyeri Lutut Karena Sering Menggerakkan Sendi (Patellofemoral Pain Syndrome)

Patellofemoral Pain Syndrome
Patellofemoral Pain Syndrome

Sindrom nyeri yang terjadi pada lutut bisa terjadi akibat lutut terlalu sering digunakan sampai akhirnya menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit yang muncul biasanya terjadi di sekitar lutut atau bagian belakang lutut.

Nyeri tersebut semakin parah terutama jika melakukan gerakan. Cedera lutut overuse masih dapat diredakan dengan beristirahat yang cukup. Patellofemoral Pain Syndrome biasa dialami oleh orang yang terlalu lama berlari ataupun bersepeda.

 

9. Cedera Lutut Iliotibial Band Syndrome

Cedera Lutut Iliotibial Band Syndrome
Cedera Lutut Iliotibial Band Syndrome


Iliotibial band syndrome
biasa dialami oleh para pelari jarak jauh. Cedera lutut ini terjadi akibat adanya pergesekan antara iliotibial band yang berada di bagian luar lutut dengan bagian luar dari sendi lutut.

Awal mula cedera ini dimulai dari iritasi ringan kemudian rasa sakit terus meningkat sampai pada tahap pelari harus berhenti berlari dalam suatu periode tertentu atau sampai iliotibial band pulih kembali.

 

10. Cedera Lutut Kondromalasia Tempurung Lutut (Chondromalacia Patella)

Cedera Lutut Kondromalasia Tempurung Lutut 28Chondromalacia Patella 29
Cedera Lutut Kondromalasia Tempurung Lutut 28Chondromalacia Patella 29

Kondromalasia tempurung lutut adalah kondisi tulang rawan yang berada di bawah tempurung lutut melunak, cedera atau memburuk. Cedera lutut ini biasa terjadi pada seseorang yang masih muda dan mempunyai riwayat radang sendi lutut.

Kondromalasia tempurung lutut disebabkan karena saat menekuk lutut ada salah satu bagian dari belakang tempurung lutut bergesekan dengan tulang paha. Gerakan yang salah bisa disebabkan oleh paha belakang serta depan melemah ataupun tekanan berulang yang terjadi pada sendi lutut saat berlari atau melompat.

 

11. Cedera Ligamen Lutut ACL

Cedera Ligamen Lutut ACL
Cedera Ligamen Lutut ACL

Cedera ligamen lutut anterior atau ACL merupakan kondisi di mana terjadi kerusakan atau robekan pada ligamen lutut anterior. Ligamen anterior sendiri adalah salah satu ligamen pada lutut yang memiliki fungsi penghubung antara tulang tungkai bawah dengan tulang tungkai atas.

Tidak hanya itu saja ligamen anterior juga memberikan kestabilan pada lutut. Jika terjadi kerusakan pada ligamen anterior bisa membuat persendian pada lutut menjadi tidak stabil, bahkan jika pada kondisi parah bisa lepasnya tulang paha bahkan tulang kering dari sendi.

 

12. Cedera Ligamen Lutut MCL

Cedera Ligamen Lutut MCL
Cedera Ligamen Lutut MCL

Medical collateral ligament (MCL) merupakan bagian yang menjalar dari dalam tulang kering di bagian atas (tibia) hingga ke bagian dalam dari bawah tulang paha (femur).

Jika terjadi cedera pada bagian ini biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang membentang sebagian ataupun seluruhnya. Cedera ligamen MCL bisa juga disebabkan oleh gerakan yang cepat dan biasanya terjadi pada pemain sepak bola.

 

13. Cedera Ligamen Lutut LCL

Cedera Ligamen LCL
Cedera Ligamen LCL

LCL atau Leteral collateral ligament merupakan ligamen penunjang utama yang berada pada sisi luar lutut. Ligamen ini memberikan stabilitas pada persendian saat lutut dalam kondisi didorong keluar.

Cedera ligamen lutut LCL pada umumnya disebabkan oleh desakan di bagian dalam lutut. Cedera ini sering terjadi saat olahraga yang terlalu sering menggunakan persendian ataupun terjatuh pada orang lanjut usia.

 

14. Cedera Ligamen Lutut PCL

Cedera Ligamen Lutut PCL
Cedera Ligamen Lutut PCL

Posterior cruciate ligament (PCL) hampir mirip dengan anterior cruciate ligament (ACL) yaitu menghubungkan tulang paha dengan tulang kering tetapi PCL lebih tebal dan keras dibandingkan dengan ACL.

Jika terjadi cedera pada PCL biasanya akan merusak juga ligamen atau tulang rawan lainnya yang ada pada lutut, bahan ligamen ini dapat mematahkan tulang. Cedera ini bisa disebabkan akibat telah terjadi benturan keras tepatnya di bagian bawah lutut atau saat terjatuh dengan posisi berlutut.

 

B. Penyebab Cedera Lutut / Ligamen Lutut

penyebab cedera lutut
penyebab cedera lutut

Sebenarnya ada banyak penyebab mengapa lutut mendapatkan cedera dan biasanya diakibatkan oleh kecelakaan, seperti:

  • Melakukan pendaratan setelah melakukan lompatan.
  • Terjatuh dari ketinggian atau dari tangga.
  • Mengubah arah gerakan secara tiba – tiba.
  • Terpeleset saat melewati jalur menanjak atau menurun.
  • Kehilangan keseimbangan.
  • Mengalami benturan yang sangat keras.
  • Kurang berolahraga sehingga otot menjadi lemah dan ada kemungkinan dapat mengalami cedera.
  • Kelelahan membuat tubuh tidak dapat menopang dengan baik terutama di bagian sendi.
  • Melakukan pemanasan yang kurang sesuai tidak membantu otot menjadi lebih kendur serta jangkauan gerak sendi terbatas.
  • Perlengkapan khususnya untuk olahraga kurang baik, terutama dalam pemilihan sepatu.

 

C. Penyembuhan / Pengobatan Cedera Lutut / Ligamen Lutut

penyembuhan cedera lutut
penyembuhan cedera lutut
  • Langkah pertama yang harus dilakukan ketika mengalami cedera lutut yaitu, menghentikan semua aktivitas fisik yang sedang dilakukan. Hal ini untuk mencegah semakin bertambah parah cedera lutut yang sedang dialami.
  • Segera kompres menggunakan air es selama kurang lebih 15 menit setiap dua jam. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sakit yang dikarenakan terjadi pembengkakan serta pendarahan dalam.
  • Untuk mencegah cedera lutut semakin parah ada baiknya segera perban lutut terutama jika lutut mengalami luka.
  • Jangan pernah memberi balsem ataupun air panas serta pemijatan terutama bagi lutut yang mengalami pendarahan untuk menghindari semakin parah cedera lutut yang dialami.
  • Jika terlalu cedera lutut yang dialami terlalu berat, segara hubungi dokter. Cedera lutut seperti fraktur ataupun bursitis harus dilakukan prosedur operasi untuk menyembuhkannya.
  • Jangan lupa untuk memakai deker lutut agar mengurangi gerakan berlebih serta melindungi lutut dari benturan. Pastikan deker yang dipakai harus sesuai dengan ukuran kaki, deker yang telalu besar tentu tidak memberikan manfaat apapun namun deker yang terlalu kecil dapat menghambat aliran darah yang berada di lutut.
  • Tidak ada salahnya untuk mengunjungi fisioterapi untuk mengembalikan fungsi serta gerak lutut yang disebabkan luka, sakit serta trauma. Selain itu fungsi fisioterapi juga mengurangi resiko terjadinya cedera atau terluka di suatu hari nanti.

Demikianlah pembahasan mengenai cedera lutut oleh hobikusport.com. Perlu diingat jika cedera lutut bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja tanpa mengenal usia. Untuk menghindari cedera lutut lakukan semua kegiatan baik itu olahraga ataupun aktivitas fisik lainnya harus dilakukan secara hati – hati dan sebaiknya hindari membawa barang berat untuk mengurangi beban pada lutut.

Jika cedera lutut yang dialami semakin parah, tidak ada salahnya untuk segera menghubungi dokter.

 

Referensi:
https://www.alodokter.com/sendi-sakit-akibat-cedera-lutut-tangani-secepatnya
https://www.idntimes.com/health/fitness/viktor-yudha/5-cedera-lutut-yang-sering-terjadi-dan-penanganannya
https://www.gleneagles.com.sg/id/specialties/medical-specialties/orthopaedic-surgery-sports-medicine/posterior-cruciate-ligament-injury
https://dokter.my/ortopedi/cedera-acl

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *