Diving A-Z : Persiapan, Alat, Lokasi di Indonesia (Terlengkap)

Diving merupakan salah satu olahraga air yang mulai populer dan digemari oleh banyak orang.  Pada abad 19 di Eropa, diving menjadi salah satu kegiatan olahraga akrobatik yang masuk dalam cabang senam.

Pada tahun 2000, dengan adanya perkembangan pesat dalam olahraga cabang renang, diving mulai masuk menjadi salah satu program olahraga yang diperlombakan pada Olympic. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai diving.

 

1. Diving Adalah

diving
diving

Diving atau menyelam merupakan olahraga air yang ditujukan untuk melihat keindahan bawah laut atau jalan-jalan di bawah laut dengan menggunakan alat pernapasan khusus berupa tabung oksigen. Selain olahraga, diving juga adalah salah satu kegiatan rekreasional untuk mengurangi stres.

Seseorang harus memiliki skill khusus dan menggunakan peralatan khusus. Biasanya sebelum melakukan diving, ada beberapa pelatihan yang diperlukan agar penyelam dapat merasa aman dan nyaman di bawah laut nantinya.

 

2. Free Diving Vs Scuba Diving Vs Skin Diving

Dalam diving sendiri terdapat berbagai macam tipe gaya yang dapat dilakukan dalam melakukan penyelaman. Adapun tipe gaya diving tersebut adalah Free Diving, Scuba Diving dan Skin Diving yang perbedaannya dapat dilihat lebih lanjut berikut ini.

 

a. Free Diving

freediving
freediving

Merupakan gaya penyelaman dalam air dengan menahan nafas dalam sekali pengambilan. Biasanya penyelaman ini dilakukan oleh para penyelam bebas ataupun awam pada kedalaman air yang rendah.

Penyelaman ini membutuhkan laihan dan mengatur kapasitas paru-paru dalam menahan nafas dalam satu tarikan, sehingga tidak disarankan melakukan penyelaman pada kedalaman gelap dan berbahaya.

 

b. Scuba Diving

scuba diving
scuba diving

Scuba merupakan singkatan dari Self Contained Underwater Breathing Apparatus yang merupakan singkatan lama gabungan dari tabung scuba dan regulator.

Jadi, di mana saat melihat orang melakukan penyelaman dengan menggunakan peralatan seperti tabung oksigen, kacamata selam untuk melihat di dalam air, sirip kaki katak, baju penyelaman dan peralatan lainnya, maka orang tersebut melakukan scuba diving.

 

c. Skin Diving

skin diving
skin diving

Skin diving merupakan kegiatan penyelaman kombinasi dari free diving dan snorkeling. Kegiatan ini paling banyak dihabiskan di permukaan air dengan melihat pemandangan di bawahnya dengan sesekali melakukan penyelaman kedalam air untuk melihat objek di bawah air dengan jelas.

Cara pernafasan yang dilakukan skin diving dengan menggunakan alat bernama snorkel.

 

3. Persiapan Sebelum Diving

Untuk menjadi ahli dalam melakukan diving, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan bagi para penyelam pemula.

 

a. Memiliki Kompetensi di air

Memiliki Kompetensi di air
ilustrasi Memiliki Kompetensi di air

Sebelum terjun langsung dalam melakukan penyelaman, kita harus memahami teori, praktek dan pengaplikasian yang benar. Teori pembelajaran bisa didapatkan dalam pembelajaran kelas baik online ataupun offline.

Kedua adalah berlatih di dalam kolam renang ataupun bisa dilakukan di tempat air yang terbuka seperti pantai bersama instruktur ahli.

Hal ini dilakukan untuk terus melatih kapasitas paru-paru kita saat nantinya melakukan penyelaman secara langsung di laut terbuka yang berbeda kondisi tentunya dengan tempat selama kita belajar seperti di kolam renang.

 

b. Persyaratan Kesehatan

Ada beberapa kondisi kesehatan yang patut diperhatikan saat melakukan penyelaman yang mungkin bisa menjadi berbahaya dan mengancam kesehatan anda.

Kondisi kesehatan seperti mempunyai tekanan darah tinggi yang ditakutkan dapat memicu tekanan darah bila melakukan penyelaman pada kedalaman tertentu, dan asma yang mampu mengancam nyawa.

Apabila asma yang dipunya terpicu akibat alergi seperti bulu hewan, maka Anda masih diperbolehkan untuk melakukan penyelaman. Namun, jika masih belum yakin, ada baiknya menemui dokter terdekat atau pelatih kesehatan pada atlit untuk memastikan apakah anda dapat melakukan kegiatan diving.

 

c. Mengenal dan Memahami Alat Selam

Peralatan Diving
Peralatan Diving

Sangat dianjurkan bagi penyelam pemula yang ingin belajar lebih dalam lagi untuk mempunyai beberapa peralatan selam sendiri untuk lebih mengenali dan terbiasa dengan alat-alat selam yang akan digunakan. Namun, tidak harus untuk memiliki semua peralatan yang lengkap karena biaya yang dikeluarkan tidaklah murah tentunya.

Benda yang wajib dimilki sendiri adalah masker, snorkels dan sirip kaki katak yang digunakan untuk berenang. Situasi akan berbeda jika Anda sudah berada pada level profesional seperti penyelam handal atau instruktur, tentunya perlengkapan yang anda miliki harus sesuai dengan level anda berada.

 

d. Lulus Mengantongi Lisensi / Sertifikat Diving

Setelah melakukan praktek dan pembelajaran untuk menjadi penyelam yang ahli, selanjutnya adalah mencari sertifikat sebagai salah satu bentuk pengakuan bahwa Anda sudah mempunyai lisensi formal dan profesional untuk melakukan penyelaman. Cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan lisensi sertifikat ini adalah pertama mengikuti kelas penyelaman yang dimana nantinya akan diajari tentang teori dan praktek.

Kedua kemudian dilanjutkan dengan ujian tertulis seperti disekolah yang dilanjutkan dengan ujian penyelaman dengan instruktur selam profesional. Jika sudah melampui itu semua dan mendapatkan nilai yang memuaskan, maka sertifikat pun akan di dapat.

 

4. Lisensi / Sertifikat Diving Memiliki Tingkatan & Diperlukan Untuk Bisa Menyelam

Ternyata banyak tipe jenis lisensi penyelaman yang mungkin patut diketahui. Beberapa jenis lisensi dibawah merupakan jenis tingkatan sertifikat dan yang diperlukan untuk melakukan penyelaman.

bagan sertifikasi diving atau menyelam
bagan sertifikasi diving atau menyelam

 

a. Open Water Diver

Lisensi didapatkan setelah Anda terbiasa dengan diri anda pada saat penyelaman dan terbiasa dengan alat selam. Setelah mendapat lisensi ini, Anda dapat memilih sendiri partner menyelam atau dapat melakukan penyelaman sendiri tanpa perlu pendampingan dari seorang profesional.

Adapun yang perlu diperhatikan adanya batas makasimum kedalaman selam bagi orang dewasa adalah 18 meter dan 12 meter bagi pemula.

 

b. Advance Diver

Ini merupakan tingkatan level selanjutnya sebagai penyelam. Di mana Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda sebagai penyelam dengan batasan selam sedalam 30 meter.

 

c. Rescue Diver

Jenis lisensi penyelaman ini difokuskan untuk melakukan penyelamatan penyelaman. Lisensi ini didapatkan untuk mencegah kasus dan menangani kejadian darurat yang telah terjadi.

 

d. Dive Master

Untuk mendapatkan lisensi sebagai dive master, Anda harus memulai bekerja pada industri penyelaman. Tahap awal pembelajaran profesional yang dilakukan adalah dengan membantu Instruktur Selam pada saat pembelajaran keras dan menjadi pemandu dalam grup penyelaman.

Jenis sertifikat ini dikeluarkan oleh instruktur selam profesional.

 

e. Reef Check

Keuntungan lain yang didapat saat mendapatkan lisensi ini adalah Anda mempunyai peran aktif penting dalam konversi batu karang favorit anda. Pelatihan yang dilakukan dapat melatih Anda untuk mempelajari dalam memperhatikan, memonitor dan mengasist penyelamatan batu karang dan berbagai jenis ikan di dalam air di seluruh dunia.

 

f. Nitrox

Lisensi ini dapat diraih ketika Anda sudah mencapai level yang cukup untuk mengetahui kedalaman maksimal yang dapat Anda tempuh dengan menggunakan Nitrox (gabungan antara oksigen dan nitrogen) digabung dengan mennganalisis cara bernafas, perencanaan dan cara penyelaman yang aman.

 

g. Instructor

Setelah mendapatkan 150 sertifikat dalam level yang berbeda dari Asosiasi Profesional Instruktur Penyelaman, mengajar dalam 10 kelas tentang Respon Pertama Darurat (Emergency First Response) dan ikut serta dalam tiga seminar resmi Asosiasi Profesional Instruktur Penyelaman maka kamu berhak mendapatkan sertifikasi level profesional.

 

5. Alat Selam / Diving / Menyelam

Setelah mempelajari beberapa jenis selam dan jenis sertifikasi selam yang ada. Selanjutnya yang perlu diketahui dan dipahami lebih lanjut adalah tentang alat-alat selam.

 

a. Mask, Regulator, Tabung Oksigen / Alat Pernafasan

alat pernapasan diving
alat pernapasan diving

Sayangnya, mata manusia di desain untuk tidak bekerja secara maksimal saat berada di dalam air. Untuk itu saat menyelam Anda memerlukan masker atau kacamata selam sehingga anda mampu melihat keindahan yang berada di dalam air.

Dengan kapasitas paru-paru manusia yang terbatas untuk menahan nafas di dalam air maka alat lain yang diperlukan adalah tabung oksigen.

Tabung yang terbuat dari bahan besi atau aluminium ini membawa oksigen dengan campuran nitrogen untuk membantu Anda dapat menjelajah kehidupan bawah air lebih lama tanpa perlu untuk sering mengambil nafas di permukaan.

Pada tabung juga dilengkapi dengan regulator yang membantu untuk menekan tekanan tinggi udara di sekitar Anda menjadi lebih tenang saat mengambil oksigen dari dalam tank.

 

b. Wetsuit / Pakaian Menyelam

wetsuit diving
wetsuit diving pakaian menyelam

Saat melakukan penyelaman tentunya sangat penting menggunakan pakaian selam untuk melindungi kulit Anda selama di dalam air. Walaupun disinyalir lebih merepotkan, namun banyak yang menyarankan untuk menggunakan baju selam kering dan baju selam basah pada saat melakukan penyelaman.

Selain untuk menjaga kulit Anda, baju yang sebagian besar bahannnya terbuat dari karet khusus ini juga menjaga tubuh Anda tetap hangat di dalam air terutama di dalam kedalaman tertentu.

 

c. Dive Watch / Jam Tangan

Dive Watch
Dive Watch jam tangan

Tujuan dari alar ini adalah untuk membantu Anda memantau seberapa lama dan dalam Anda didalam air (di mana sekarang jam selam sudah dilengkapi dengan fitur ini).

 

d. Fins Kaki Katak

fins kaki katak diving
fins kaki katak diving

Merupakan salah satu alat penting dalam melakukan penyelaman. Benda in dapat membantu Anda untuk mengatur kontrol pergerakan seperti keseimbangan dan kecepatan di dalam air.

 

e. Dive Flag / Bendera

Dive Flag
Dive Flag

Bendera selam merupakan atribut yang membantu Anda untuk mengetahui bahwa adanya penyelam lain di dekat Anda. Namun penggunaan atribut bendera ini harus melewati beberapa undang-undang di beberapa wilayah tertentu.

 

6. Lokasi Diving Favorit / Terkenal di Kolam / Danau / Laut

Indonesia sebagai negara maritim yang memiliki banyak pulau dan sebagian besar di kelilingi oleh laut, sudah tidak dapat pungkiri ketenarannya dalam ragam keindahan biota launtnya hingga kancah internasional. Banyak spot-spot diving istimewa yang sudah dikenal ataupun spot-spot baru yang belum tersentuh.

Semua keindahan ini dapat dinikmati dari ujung barat Indonesia, Pulau Weh, hingga ujung tinur Indonesia, Raja Ampat di Papua. Berikut beberapa spot favorit penyelaman di Indonesia.

 

a. Bali Diving Spot

Bali Diving Spot Tulamben
Bali Diving Spot Tulamben
  • Tulamben

Terletak di desa terpencil di Bali Timur, Tulamben menawarkan keindahan bawah laut yang tidak dapat dilewatkan. Perairan Tumbalen yang merupakan kombinasi dari lumpur vulkano yang menjadi alas dasar pantai dilengkapi dengan terumbu karang warna-warni dan ikan tropis.

Yang menjadi salah satu atraksi utama menarik adalah adanya kapal karam USAT Liberty.

  • Pantai Amed

Merupakan salah satu tempat diving favorit terletak di Timur Bali yang dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan melalui Kuta. Anda dapat melihat taman batu karang cantik pada kedalaman 8 meter selain itu terdapat penyu laut, ikan pari dan barakuda yang dapat dilihat pada pantai tersebut.

Selain itu jangan khawatir untuk mencari tempat istirahat di tempat ini karena di sediakan berbagai penginapan untuk mempermudah perjalanan tamasya anda.

  • Pulau Menjangan

Suasana laut yang tenang pada pulau ini jug amenawarkan keindahan bawah laut. Terkenal dengan Temple Wallnya, Anda dapat di manjakan dengan keindahan batu karang yang warna-warni dan taman dari belut laut.

  • Nusa Penida

Merupakan pulau terbesar diantara tiga pulau yang terletah di Tenggara pulau utama Bali. Arus lautnya bertemu langsung dengan Samudera India dan pada bulan Agustus hingga Oktober menjadi jalur migrasi pelagis.

Terdapat beberapa spot selam yang terkenal, salah satunya adalah Crystal Bay.

  • Sanur

Menawarkan jajaran tembok batu karang yang dapat dinikmari dengan mudah melalui diving dengan kedalaman 2 hingga 12 meter, anda dapat melihat taman terumbu karang dan ikan-ikan tropis yang warna-warni.

  • Padang Bai

Merupakan tempat yang terkenal untuk melakukan kegiatan olahraga laut di bali Timur.

  • Nusa Lembongan
  • Nusa Dua

 

b. Tempat Diving di Nusa Tenggara Timur

  • Pulau Alor Flores

Merupakan salah satu tempat diving yang patut dicoba saat berkunjung ke Nusa Tenggara Timur yang memiliki 50 titik lokasi penyelaman dengan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Dengan memiliki beragama biota laut yang langka, salah satu spot diving yang terkenal sering disebut dengan Situs Selam Baruna.

  • Labuan Bajo, Pulau Komodo

Tidak hanya menikmati naga kadal langka yang hanya di Indonesia, Komodo. Kita juga dapat menikmati keindahan bawah laut yang ada disekitar pulau ini terutama di spot-spot yang tersebar disekitar Labuan Bajo.

Untuk dapat menjangkau spot indah ini dapat menggunakan kapal laut lokal yang menampung sekitar 10 orang dalam satu kelompok.

 

c. Tempat Diving di Maluku

lokasi diving di maluku ambon
lokasi diving di maluku ambon

Kepulauan Maluku diakui sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Pantai Teluk Ambon dan Teluk Baguala memiliki situs langka yang indah dan terletak jauh dari keramaian.

Terdapat gua-gua di dalam perairan di Maluku sehingga dapat menyaksikan kehidupan karang yang sehat.

 

d. Tempat Diving di Sulawesi Utara

  • Bunaken

Saat berkunjung ke Sulawesi Utara jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menyelam di Taman Laut Nasional Bunaken. Laut Bunaken merupakan rumah lebih dari 390+ spesies koral dan ratusan biota dan hewan lainnya.

  • Pulau Lembeh Bitung Manado

Terletak di selat sempit yang memisahkan dua daerah Bitung dan Pulau Lembeh, anda akan menemukan keindahan bahari yang patut diperhitungkan. Dengan perairan yang memiliki panjang 16 Kilometer dan berukuran lebar 1-2 kilometer, kurang lebih ada 88 lokasi titik tempat penyelaman yang mampu memanjakan Anda.

Walaupun wilayahnya terlihat remeh, namun anda akan menyesal jika melewatkan tempat diving ini.

 

e. Tempat Diving di Jawa Tengah

Karimunjawa Tempat Diving di Jawa Tengah
Karimunjawa Tempat Diving di Jawa Tengah

Kepulauan Karimun Jawa merupakan destinasi liburan turis yang sangat terkenal yang terdiri dari 27 pulau dan terletak di Laut Jawa.

Dengan menuju ke pelabuhan Tanjung Mas untuk menuju ke pulau Karimun Jawa anda akan menikmati nantinya 30 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi dari 5 hingga 40 meter.

Dengan pemandangan batu karang yang indah dan 200 lebih species ikan yang beragam.

 

f. Tempat Diving di Sulawesi Tenggara

Terletak di Laut Banda, kepualuan Wakatobi merupakan salah satu spot penyelaman yang telah diakui keindahannya hingga di kancah internasional. Kaya akan keindahan batu karangnya, taman nasional Wakatobi merupakan salah satu tempat yang dilindungi karena kehidupan maritimnya yang sehat.

Dengan menyelam di taman nasional Wakatobi ini dapat membantu untuk mendukung komunitas lokal dan tamanlautnya. Spot yang terbilang baru ini bisa dibilang masih suci dari sentuhan para turis.

 

g. Tempat Diving di Aceh

Pulau Weh Tempat Diving di Aceh
Pulau Weh Tempat Diving di Aceh

Di ujung Barat laut Indonesia, Pulau Weh menawarkan keindahan spot penyelaman yang tidak kalah keren dengan spot menyelam di tempat lain. Dengan topografinya yang berbentuk labirin mengingatkan Anda dengan bentuk Batu Karang Besar yang terkenal di Australia.

Selain itu, jika beruntung, Anda yang melakukan penyelaman di sini bisa bertemu dengan ikan Napoleon raksasa. Setidaknya ada tiga titik penyelaman yang terkenal di Pulau Weh ini yang mungkin tertarik untuk dicoba, yaitu Bate Tokong, Senlako Barat dan The Canyon.

Demikian pembahasan lengkap A sampai Z mengenai diving atau menyelam dari hobikusport.com, jangan lupa share jika merasa artikel ini bermanfaat.

 

Referensi :

https://www.britannica.com/sports/diving

https://scubadiverlife.com/scuba-diving-snorkeling-skin-diving-freediving-whats-difference/

http://www.bali-indonesia.com/magazine/5-best-dive-site.htm

http://www.tahupedia.com/content/show/1041/10-Tempat-Terbaik-Untuk-Diving-Dan-Snorkeling-Di-Indonesia

https://www.indoindians.com/7-recommended-diving-spots-in-indonesia/

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *