40 Macam-Macam Olahraga Lomba Internasional (Terlengkap)

Banyak jenis olahraga yang ada di dunia ini selain untuk menjaga kesehatan ternyata olahraga juga dapat melatih kompesitas dalam diri. Maka, tidak heran jika banyak ajang turnamen olahraga di adakan di seluruh dunia.

Berikut beberapa penjelasan berbagai jenis olahraga yang sering diikutsertakan dalam kompetisi, dari kompetisi nasional hingga Olimpiade yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita.

 

1. Bridge

bridge
bridge

Bridge merupakan permainan trik kartu yang dimainkan oleh empat orang pemain dengan satu pack kartu. Di bawah naungan Federasi Bridge Dunia, permainan kartu bridge ini telah diakui sebagai salah satu cabang olahraga oleh Komite Olympic Internasional.

Selain menjadi cabang olahraga, permainan ini juga dapat dinikmati bersama teman dengan bermain secara santai atau secara serius di klub atau turnamen.

Permainan Bridge ini disinyalir telah muncul sejak abad 16 di London, Inggris. Awalnya game ini merupakan permainan yang dimainkan oleh kalangan kelas bawah yang akhirnya mulai mengalami ketenaran dan mulai dimainkan oleh kalangan kelas atas.

Pada tahun 1932, Liga Bridge Internasional didirikan dan menyelenggarakan kejuaraan Eropa pertama dan dilanjutkan dengan Kejuaraan Bridge Dunia.

Pada tahun 1958, Federasi Bridge Dunia yang didirikan di Oslo mengambil alih tugas Liga Bridge Internasional untuk mengawasi kegiatan olahraga bridge, mengkoordinasi peserta kejuaraan dari berbagai negara dan menetapkan peraturan untuk kompetensi.

 

2. Pedang

Olahraga pedang atau anggar adalah seni budaya olahraga ketangkasan dengan menggunakan senjata berbentuk pedang yang menekankan pada teknik kemampuan seperti memotong, menusuk, atau menangkis senjata lawan dengan menggunakan keterampilan kelincahan tangan.

Kata Anggar sendiri berasal dari bahasa Perancis “en garde” yang berarti bersiap, kata-kata ini digunakan sebelum permainan anggar dimulai untuk memberi perintah bersiap kepada pemain.

 

3. Atletik

Cabang olahraga atletik merupakan cabang olahraga Olimpiade pertama yang dilalukan pada tahun 776 Sebelum Masehi. Even ini diselenggarakan sepanjang era klasik Eropa dan digelar pada setiap dua tahun sekali.

Ada banyak olahraga yang termasuk dalam cabang olahraga atletik. Berikut adalah cabang olahraga atletik tersebut :

 

a. Tolak Peluru

tolak peluru
tolak peluru

Tolak peluru merupakan cabang olahraga yang digolongkan pada kelas atletik di mana peralatan utama yang digunakan adalah peluru ataupun bola yang memiliki variasi berat yang berbeda sesuai kelasnya.

Dengan cara melemparkan peluru dengan merenggangkan jari-jari yang dimana jarak antara jari dibuat tidak terlalu rapat dan meletakkan disisi samping bahu dan melemparnya kuat-kuat.

Berat peluru juga berbeda-beda, untuk senior putra beratnya 7,25 kilogram, untuk senior putri beratnya 4 kilogram, untuk junior putra beratnya 5 kilogram dan untuk junior putri beratnya 3 kilogram.

Atlet tolak peluru dapat didiskualifikasi apabila melakukan hal-hal ini : menyentuh balok batas pada bagian atas, menyentuh tanah di area luar lingkaran pertandingan, keluar masuk lingkaran dari muka garis tengah, peluru berada di belakang kepala, peluru jatuh di area luar lingkaran, menginjak bagian garis lingkar pada lapangan, keluar melewati depan garis lingkar, keluar lingkaran sebelum peluru menyentuh lantai, peserta gagal melakukan lemparan sebanyak 3 kali lemparan dan menggunakan obat untuk menambah stamina (doping).

 

b. Lempar Lembing

Cabang olahraga lempar lembing ini diukur dari jarak lemparan lembing terjauh dari setiap atlet yang ada. Segala informasi dan aturan dari olahraga ini diatur oleh International Association of Athletics Federations (IAAF).

Untuk pria panjang lembing yanng digunakan adalah 2,6 sampai 2,7 meter dengan berat 800 gram dan letak pusat gravitasinya antara 0,9 hingga 1,06 meter. Sedangkan untuk atlet perempuan, panjang lembing yang digunakan panjangnya antara 2,2 hingga 2,3 meter dengan berat 600 gram dan pusat gravitasinya terletak antara 0,8 hingga 0,92 meter.

 

c. Lempar Cakram

lempar cakram
lempar cakram

Lempar cakram merupakan cabang atletik yang menggunakan cakram yang dilakukan di lapangan yang berkriteria khusus. Adapaun teknik yang dilakukan dalam pelemparan cakram adalah yang pertama perlu dilakukan awalan yang dimulai dengan putaran badan sebanyak dua kali.

 

d. Lompat Tinggi

Lompat tinggi merupakan cabang olahraga atletik lainnya yang sering diikutkan dalam pertandingan-pertandingan olahraga besar di dunia yang diperhitungkan dan diukur adalah ketepatan ketika mendarat. Area dalam melakukan awalan panjangnya tidak terbatas dan paling pendek adalah 15 meter.

Panjang mistar lompat adalah 3,98 hingga 4,02 meter dan berat maksimal mistar adalah 2 kg. Tempat melakukan pendaratan biasanya tidak boleh kurang dari 3 x 5 m yang terbuat dari bahan busa yang bagian atasnya ditutupi oleh matras yang ketebalannya sekitar 10-20cm.

 

e. Lompat Galah

lompat galah
lompat galah

 

Lompat galah merupakan cabang olahraga atletik yang menggunakan sebuah galah panjang dengan ukuran tertentu.

Teknik melakukan olahraga ini adalah dilakukan dengan berlari yang dilanjutkan dengan menancapkan galah pada sebuah lubang yang terletak pada jarak tertentu.

Setelah galah tertancap, atlet kemudian melakukan gerakan melompat melewati rintangan.

 

f. Lompat Jauh

Cabang olahraga satu ini juga sering ikut diperlombakan dengan teknik untuk memperoleh kecepatan yang setinggi-tingginya agar dapat memperoleh loncatan yang terbilang jauh.

 

g. Lari Jarak Pendek

lari jarak pendek
lari jarak pendek

Merupakan olahraga atletik lari dengan kecepatan penuh yang dilakukan pada lintasan yang jaraknya dapat terbilang tidak jauh. Terdapat 3 nomor lari yang dilakukan pada cabang olahraga ini yaitu, 100, 200 dan 400 meter.

 

h. Lari Jarak Jauh

Cabang olahraga satu ini juga sering disebut dengan lari marathon yang dilakukan dalam lintasan yang luas dan jauh. Jarak yang ditempuh biasanya adalah 3000, 5000 dan 10000 meter.

Terdapat 2 pengelompokan usia dalam lari jarak jauh yaitu yang pertama adalah pengelompokan umur, kelompok junior I usianya dibawah 20 tahun, kelompok junior II usianya 17-18 tahun, kelompok junior III usianya 15-18 tahun, kelompok pemula usianya 13-14 tahun, kelompok veteran putra usianya sekitar 40 tahun dan kelompok veteran putri usianya sekitar 35 tahun.

Pengelompokan yang kedua adalah berdasaran jarak lari yang di tempuh peserta, Putra dewasa dengan jarak 12 km, putri dewasa 6 km, putra junior 8 km dan 4 km untuk putri junior.

 

i. Lari Estafet

lari estafet
lari estafet

 

Merupakan olahraga lari yang di mana setiap pelari di dalam sebuah tim bergantian memegang tongkat dan melakukan lari di arena yang telah disiapkan.

Dalam melakukan lari sambung ini bukan teknik berlari saja yang diperhatikan namun juga teknik memberikan tongkat, keahlian tiap pelari dan juga kerjasama tiap individu dalam menerima tongkat dari rekan satu tim.

Teknik yang diperlukan dalam menerima tongkat adalah dilakukan secara cepat di daerah pergantian. Zona pergantian tersebut memiliki jarak dan kecepatan yang telah disesuaikan oleh masing-masing pelari.

 

j. Lompat Indah

Merupakan suatu olahraga di mana pesertanya perlu melakukan loncatan pada ketinggian yang sudah ditentukan. Setelah loncatan diikuti dengan sebuah gerakan akrobatik ketika melayang di udara.

Penilaian dari olahraga ini terletak pada ketinggian tolakan yang ditempuh dan indah tidaknya gerakan akrobatik yang dilakukan ketika melayang di udara.

 

4. Judo

Merupakan olahraga bela diri yang berasal dari Jepang yang pada jaman dahulu dilakukan untuk melindungi diri jika terjadi suatu ancaman. Sekarang olahraga ini berfokus untuk menjatuhkan lawan tanpa menyakitinya.

Judo merupakan gabungan dari kata Ju yang berarti lembut dan Do yang berarti cara, sehingga Judo memiliki arti cara yang lembut.

Pemain Judo disebut dengan Judoka akan mendapat poin lebih apabila berhasil membanting lawan terlebih dahulu serta berhasil mengunci lawan sampai lawan mengucapkan kata menyerah atau melakukan kuncian selama 30 detik.

 

5. Basket

basket
basket

Bola basket adalah olahraga bola yang menggunakan keranjang atau ring sebagai tempat yang digunakan untuk mencetak angka. Olahraga ini dilakukan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 5 orang, kedua tim ini saling bertanding antara satu sama lain untuk memasukkan bola ke ring lawan.

Olahraga ini menuntut latihan yang baik dalam rangka pembentukan kerjasama tim. Teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola basket ini adalah bagaimana cara memegang bola, passing dan catching, dribbling, pivot, shooting, lay up, rebound, slam dunk dan screen.

Durasi normal pertandingan bola basket adalah selama 2×20 menit dengan waktu istirahat selama 10 menit dan time out sebanyak 2 kali untuk masing-masing tim di tiap babak selama 1 menit. Apabila hasil skor yang dimainkan berakhir imbang maka diadakan waktu perpanjangan tiap 5 menit sekali.

 

6. Terbang Layang

Olahraga terbang layang ini adalah cabang olahraga dirgantara yang menggunakan layang atau pesawat glider. Olahraga ini melibatkan seseorang untuk menerbangkan sebuah pesawat tak bertenaga yang ditarik oleh pesawat yang lebih berat dari udara, kemudian dilepaskan dari angkasa.

 

7. Bola Voli

bola voli
bola voli

Bola voli merupakan permainan yang diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895 dengan ukuran lapangan 18×9 meter dengan net untuk putra berukuran 2,43 meter dan putri 2,24 meter. Permainan bola voli ini dimainkan oleh dua grup yang saling berlawanan dan dalam setiap grup terdiri dari 6 orang pemain.

Olahraga bola voli dinaungi oleh FIVB atau Federation Interntionale de Volleyball, berpusat di Switzerland dan didirikan pada tahun 1947. FIVB memiliki berbagai struktur administratif yaitu komite eksekutif dan sejumlah komisi serta dewan yang mengurus hal-hal seperti obat-obatan, wasit, turnamen serta keuangan.

Di Indonesia sendiri induk organisasi bola voli di sebut PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia yang didirikan pada 22 Januari 1955 di Jakarta dan berada di bawah naungan Kementrian Pemuda dan Olahraga.

 

8. Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang mempunyai banyak peminat di seluruh dunia.

Dengan menggunakan raket dan shuttlecock sebagai dua peralatan utama permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang dalam permainan tunggal atau empat orang dalam permainan ganda yang memiliki 5 jenis pertandingan yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Lama permainan bulu tangkis ditentukan oleh game yang terdiri dari 21 poin dan dalam satu permainan terdapat 2 kali game. Apabila hasil yang di peroleh seri maka akan dibuka game ke 3.

 

9. Anggar

anggar
anggar

Olahraga ini berasal dari Persia, Yunani, Romawi dan Babilonia yang ditunjukkan berdasarkan penemuan relief di candi Luxor di Mesir yang menggambarkan permainan ketangkasan Anggar.

Di Eropa ada masa lampau mengajarkan olahraga ini di sekolah-sekolah yang akhirnya olahraga ini resmi menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan di Olympic.

Ada 3 jenis senjata olahraga Anggar yang dipertandingkan :

  • Floret (foil), senjata yang lebih aman digunakan dan lebih ringan dengan panjang 35 inci. Disebutkan senjata ini lebih aman untuk digujnakan oleh dueller untuk menajamkan ketrampilan mereka. Foil merupakan kata yang berasal dari bahasa Perancis yang berarti “untuk kembali”. Senjata ini sangat lentur dan luwes sehingga bila ditusukkan bisa naik atau turun.
  • Degen (epee), senjata yang berat dan lebih tajam dibandingkan dengan foil. Dengan panjang yang sama dengan foil, epe merupakan senjata yang lebih mendekati untuk stimulasi duel yang sesungguhnya dengan memberikan luka tusuk tidak begitu berbahaya dengan penampang berbentuk segitiga dan bersirip di sepanjang sisi pisau.
  • Sabel (sabre), dulunya sabel adalah senjata yang dikhususkan hanya untuk putera, namun dengan seiringnya berjalan waktu kini sabel juga dapat dimainkan oeh wanita. Sabel memiliki ciri khas yang berbentuk segitiga dan ujungnya tidak tajam, semakin keatas ujungnya semakin pipih dengan berat senjata 500 gram. Memiliki pelindung sarat berfungsi melindungi tangan hingga pangkal tangkai.

 

10. Sepakbola

Sepak bola merupakan olahraga yang paling dinikmati dan banyak peminat dari seluruh dunia. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan kaki untuk menendang bola yang terbuat dari kulit atau karet berbentuk bulat.

Dalam bahasa Inggris sepak bola disebut dengan Football sedangkan di Amerika Serikat lebih sering disebut dengan Soccer dan merupakan permainan universal. Tujuan dari sepak bola adalah dengan mencetak gol ke gawang lawan antara 2 grup yang berisikan 11 pemain.

Sepak bola sendiri ditemukan sejak abad ke 2 dan ke 3 sebelum masehi di China, kemudian sejarah sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan mulai dikenali pada abad 19.

Asosiasi sepak bola dunia dibentuk pada tahun 1904 dan sejarah piala dunia pertama diselenggarakan pada tahun 1930, ajang sepak bola dunia atau World Cup diadakan setiap 4 tahun di negara-negara yang telah diundi, pada tahun 2018 ajang ini diadakan di negara Rusia.

Dalam permainan ini memiliki 4 posisi yaitu penjaga gawang atau sering disebut kiper yang bertugas untung menjaga gawang agar tidak kemasukan bola dari tim lawan, pemain belakang atau bek yang bertugas menjaga pertahanan belakang, pemain tengah atau gelandang dan yang terakhir pemain depan atau sering disebut dengan striker yang bertugas sebagai penyerang tengah ke tim lawan.

Dengan 1 orang sebagai penjaga gawang dan 10 lainnya sebagai pemain lapangan, pertandingan ini dilakukan dalam 2×45 menit yang dipimpin oleh seorang wasit dan dibantu oleh 2 orang hakim garis. Banyaknya gol yang dibuat oleh tim ke gawang lawan maka tim tersebut dinyatakan sebagai pemenang.

 

11. Golf

golf
golf

Merupakan salah satu cabang olahraga dari permainan bola kecil yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang dari daerah yang telah ditentukan dengan menggunakan stik golf sebagai pemukulnya. Olahraga ini memerlukan keseimbangan, kekuatan serta keakuratan dalam memukul.

Dalam olahraga ini yang menjadi pemenang adalah yang memasukkan bola dan melakukan pukulan paling sedikit. Banyak yang mempercayai bahwa olahraga ini berasal dari Skotlandia pada tahun 1100-an, bermula dari pengembala Skotlandia memukul-mukul batu kecil sampai masuk ke lubang sarang kelinci.

Peralatan yang digunakan untuk bermain golf adalah stik golf yang terdiri dari tiga jenis yaitu kayu, besi dan putter. Kemudian ada bola golf dengan diameter minimum adalah 42,67 mm dan bermasaa lebih dari 45,93 gram, terdapat 3 jenis bola golf.

Skor dalam olahraga ini berbeda dengan permainan bola lain seperti sepak bola atau basket, pemain dianggap menang bila mendapatkan skor lebih sedikit bahkan hingga minus.

 

12. Kabaddi

Kabaddi merupakan olahraga seperti gulat yang berawal dari negara-negara di Asia Selatan, khususnya India. Kabaddi sendiri mulai masuk ke ajang kompetemsi olahraga Internasional tepatnya padatahun 1990 di Asian Games.

Satu tim ini beranggotakan tujuh orang dengan tiga orang sebagai cadangan dan dimainkan selama 20 menit dalam dua babak, denngan 5 menit waktu istirahat antar babak.

Setiap tim akan bergantian mengirimkan anggotanya ke area musuh untuk mendapatkan angka dengan cara menyentuh satu atau lebih anggota lawan lalu kembali ke areanya sendiri dengan menahan nafas dan merapal ucapan “kabadi, kabadi, kabadi..”

 

13. Squash

squash
squash

Squash atau tenis dinding merupakan cabang olahraga yang menggunakan raket dan bola sebagai peralatan utamanya. Squash ini dapat dimainkan oleh dua orang saja atau berpasangan.
Perbedaan yang terdapat dalam squash dengan tenis dan badminton adalah pemain squash memukul bola ke sisi ruangan sehingga bola memantul. Olahraga ini sangat populer di negara Inggris, Australia, Selandia Baru serta Pakistan.

Olahraga ini tercipta pada tahun 1830-an di sekolah khusus pria di Harrow, London. Pada awalnya ini merupakan gerakan pemanasan sebelum melakukan permainan tenis, yang lalu menginspirasi seorang murid untuk melakukan permainan memukul bola ke dinding.

Di Inggris, squash termasuk dalam cabang olahraga tennis, namun seiring beberapa tahun setelah melihat Amerika Serikat mendirikan asosiasi squash, akhirnya Inggris pun mendirikan asosiasi squash dan mengadakan turnamen squash yang diberi nama British Open.

Di Indonesia olahraga ini mulai masuk setelah berakhirnya perang dunia kedua yang dibawa oleh tentara Inggris. Permainan ini di Indonesia hanya khusus dimainkan oleh para tentara atau perwira saja, kemudian pada tahun 1979 Indonesia mempunyai atlet pertama squash bernama Bambang Gatot Subroto.

 

14. Badminton

International Badminton Federation dibentuk pada tahun 1934 dengan Skotlandia, Inggris, Irlandia, Denmark, Wales, Selandia Baru, Kanada, Belanda, Perancis dan India sebagai anggota. Pada tahun 2006 IBF diganti dengan Badminton World Federation (BWF) dengan tercatat 180 negara terdaftar sebagai anggota.

Yang menjadi unik dalam olahraga ini adalah adanya shuttlecock yang merupakan bola dalam permainan bulu tangkis yang terbuat dari bulu angsa, bulu ayam dan sebagainya. Panjang bulu adalah 60-70 mm, diameter gabus 25-28, dengan jumlah bulu berkisar 14-16 helai.

 

15. Piala Dunia

piala dunia
piala dunia

Piala dunia bermula pada tahun 1930 setelah melihat kesuseksan dan atusiasme ajang sepak bola di Olimpiade. Karena itu FIFA terpacu untuk menyelenggarakan ajang kompetensi sepak bola sendiri setelah menyelenggarakan kongres FIFA di Amsterdam pada 28 Mei 1928.

Uruguay terpilih sebagai tuan rumah pertama ajang ini setelah melihat kemampuan negaranya yang mampu menjuarai Olimpiade 2 kali dan juga bersedia menanggung semua biaya perjalanan dan akomodasi dari tim yang berpartisipasi.

Piala dunia pertama diselenggarakan di Montevideo pada 18 Juli 1930 dan berakhir dengan kemenangan Perancis yang mengalahkan Meksiko 4-1.

 

16. Akuatik/air

Olahraga akuatik atau olahraga air adalah jenis olahraga yang aktivitasnya berhubungan dengan air. Ada banyak jenis cabang olahraga akuatik ini yang mungkin sudah tidak asing lagi ikut dalam berbagai kompetensi olahraga.

 

a. Renang

Merupakan olahraga air yang paling terkenal di dunia dilihat banyaknya orang yang melakukannya baik untuk olahraga biasa, atau tuntutan profesionalitas. Peminat olahraga ini berasal dari segala usia dari anak-anak hingga orang dewasa karena banyaknya manfaat yang didapatkan dalam olahraga ini, terutama untuk melatih pernafasan.

 

b. Renang indah


Renang indah atau syncronize swimming merupakan jenis olahraga akuatik yang menggabungkan renang dengan gerakan senam dan tari. Olahraga ini seringkali diperlombakan diajang olimpiade dengan kategori tunggal, duet, trio dan beregu.

 

c. Dayung

Olahraga satu ini sering kita lihat perlombaannya di sungai atau danau dengan menggunakan kapal atau perahu kecil dan dayung. Adapun olahraga ini terbagi denngan arum jeram, kano dan kayak.

 

d. Polo air


Jenis olahraga ini memadukan antara sepak bola, bola basket dan renang. Dimana permainan ini aturannya harus mengumpulkan gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan.

Olahraga ini membutuhkan kemampuan berenang yang baik sekaligus ketahan fisik yang luar biasa. Masing-masing tim beranggotakan 7 orang dengan 1 orang bertugas sebagai kiper.

 

17. Bela Diri seperti Taekwondo, karate, pencak silat

Olahraga bela diri ini menjadi salah satu olahraga yang mempunyai banyak peminat dan peserta dalam ajang perlombaan karena selain menunjukkan aksi bela diri, juga menunjukkan gerakan-gerakan bela diri yang indah. Olahraga ini dibagi menjadi :

 

a. Karate

Karate merupakan cabang olahraga bela diri yang hany amenggunakan tangan kosong tanpa bantuan senjata dengan tujuan untuk mempertahankan serta melindungi diri dari berbgai ancaman dan menjaga kesehatan. Karate sendiri berasal dari negara Jepang sekitar abad 16

 

b. Taekwondo

taekwondo
taekwondo

Taekwondo merupakan olahraga bela diri modern berasal dari Korea. Taekwondo berasal dari kata Tae yang berarti kaki (menghancurkan dengan kaki), Kwon yang berarti tangan (menghantam dengan tangan) dan Do yang berarti cara mendisiplinkan diri.

Taekwondo di Indonesia didirikan pada tanggal 26 Maret 1981 di Jakarta dan telah mengikuti banyak pertandingan internasional.

 

c. Pencak silat

Bela diri yang satu ini merupakan bela diri asli dari Indonesia yang sudah ada sejak berabad-abad lalu dan diwariskan secara turun temurun ke generasi-generasi berikutnya.

Dalam olahraga ini mengandung unsur seni tari, olahraga, seni bela diri dan watak yang berkepribadian luhur, sehingga gerakan yang dilakukan oleh peserta sangat indah namun penuh kekuatan.

 

18. Rugby

rugby
rugby

Olahraga ini muncul pertamakali di Inggris sejak tahu 1823 yang dipopulerkan oleh William Webbs Ellins, yang saat itu tengah bermain sepak bola kemudian mengambil bola tersebut dan membawanya lari. Permainan ini disambut baik di Universitas Cambridge.

Seiring perkembangan waktu, olahrga ini semakin populer di seluruh pelosok dunia namun masih banyak yang menyangsingkan untuk terjun sebagai atlet rugby karena menganggap permainan ini masih dianggap kasar dan barbarik karena harus berebut bola dengan tim lawan yang tidak segan untuk mendorong dan menjatuhkan sehingga mereka khawatir akan terluka saat melakukan olahraga ini.

Dalam permainan ini terdiri dari 2 tim atau kelompok yang masing-masing kelompok memiliki nama sendir. Kelompok pertama disebut dengan forwards yang terdiri dari 8 pemain dan kelompok kedua disebut Queus yang terdiri dari 7 pemain.

Pemain akan melakukan perebutan bola berbentuk oval dan berusaha untuk membawa bola melewati garis lawan dan menyenth tanah.

 

19. Sepeda

Sepeda pada mulanya merupakan alat transportasi yang digunakan untuk mencapai tempat tertentu. Pada tahun 1885, di Inggris mulai muncul sepeda yang digunkan untuk berpacu.

Kompetisi yang diselanggarakan ada 2 yaitu Road race dan Time Trial. Road Race dibuka dengan start secara masal dengan jarak tempuh untuk putera 239km dan putri 120km. Sedangkan Time Trial dihitung menurut waktu dibuka dengan 90 detik interval dan jarak untuk putera 46,8km dan putri 31,2 km.

 

20. Softball

softball
softball

 

Olahraga bola kecil ini merupakan permainan populer yang dimainkan oleh banyak kalangan, putera-puteri bahkan dari anak-anak hingga orang dewasa.

Permainan softball ini hampir sama dengan permainan kasti di Indonesia.Pencipta softball adalah George Hancock, warga Amerika Serikat. Olahraga yang diciptakan tahun 1887 ini pertama kali dipertandingkan di Chicago, yang dimana awalnya permainan ini dilakukan didalam ruangan.

Softball dimainkan oleh 9 orang pemain dan bermain dalam 7 inning yang berarti masing-masing regu mendapat giliran menjadi pemain bertahan dan menyerang masing-masing 7 kali.

Cara memainkannya adalah dengan memukul bola yang dilempar oleh pitcher dengan menggunakan alat pukul, kemudian pemukul berlari mengelilingi semua base yang terdiri dari 3 home base sampai ketitik home base awal.

 

21. Sepak takraw

Sepak takraw merupakan permainan bola yang dimana bolanya terbat dari rotan yang dimainkan dengan kaki dan seluruh anggota badan kecuali tangan dengan jaring atau net sebagai pembatas di tengah lapangan.

Olahraga ini berasal dari Melayu (Indonesia dan Malaysia) dengan dimainkan oleh dua regu, setiap regu berisi 3 orang dan dapat dinyatakan menang jika berhasil memasukkan atau mengembalikan bola ke tempat lawan tanpa bisa dilakukan pengembalian oleh regu lawan.

 

22. Rounders

rounders
rounders

Permainan rounders telah dimainkan di Inggris sejak tahun 1744 yang merupakan permainan bola kecil dengan teknik dasar yang hampir sama dengan kasti yaitu melempar, menangkap dan memukul bola serta ketrampilan untuk menghindari sentuhan bola.

Permainan ini dimainkan oleh 2 kelompok yang menggunakan bola tenis sebagai alat menembak lawan dan tumpukakn batu yang disusun. Pemenang dari permainan ini adalah kelompok yang bisa menumpuk susunan batu tanpa terkena pukulan bola dari kelompok lain.

 

23. Panahan

Merupakan cabang olahraga menggunakan busur panah yang dilepaskan dalam sebuah papan target yang berbentuk lingkaran. Teknik yang harus diikuti dalam cabang olahraga ini adalah bagaimana cara memegang busur panah, memasang anak panah dan mengarahkannya ke papan target dengan benar.

 

24. Petanque

petanque
petanque

Berawal dari orang Yunani kuno pada abad ke 6 yang terbiasa memainkan permainan lempar koin, batu datar dan batu. Kemudian oleh orang Romawi Kuno dimodifikasi dengan menambahkan target pada permainan tersebut dengan cara melempar batu sedekat mungkin.

Pada abad 14 olahraga ini sempat dilarang karena raja-raja saat itu melarang rakyat jelata untuk melakukan olahraga, pada abad ke 17 larangan itu dicabut dan petanque mulai memasuki ajang turnamen pada tahun 1910.

Sayangnya, olahraga ini masih belum begitu banyak mendapat lirikan di Indonesia, disebabkan bola berbahan metal yang digunakan tidak dijual di Indonesia dan harganya cukup mahal.

 

25. Tenis

Olahraga ini telah dimainkan di Perancis pada abad 16 Masehi yang sudah dimainkan disana namun masih belum menggunakan raket, masih menggunakan tangan sebagai alat pukul.

Memasuki abad 19 olahraga ini semakin populer dan mengalami pekembangan yang sangat pesat dari alat-alat yang digunakan seperti bola yang digunakan awalnya dari kayu kini terbuat dari karet hingga peraturan.

Dibawah naungan International Tennis Federation oliampiade tenis pertama diselenggarakan pada tahun 1896.

 

26. Wushu

wushu
wushu

Wushu merupakan seni bela diri yang berasal dari China yang memiliki arti secara harfiah adalah seni bertempur. Wushu sebenarnya telah lama dikenal di Indonesia namun dengan nama lain yaitu kungfu.

 

27. Curling

Curling merupakan salah satu cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade musim dingin, yang dilakukan di olahraga ini adalah dengan meluncurkan batu diatas permukaan es.

Walaupun terlihat mudah, namun sesungguhnya olahraga ini butuh konsentrasi tingkat tinggi karena harus mempertahankan keseimbangan sambil memegang batu granit dan menjaga lutut tidak menyentuh es, serta mengarahkan batu ke sasaran.

 

28. Cricket

cricket
cricket

Kriket merupakan permainan yang menggunakan alat pemukul kayu dan bola dengan mencetak lebih banyak run dibandingkan dengan tim lainnya.

Olahraga ini sangat populer di Inggris dan mirip dengan permainan bola kasti, namun yang membedakan adalah pemukul tidak berlarii mengelilingi lapangan, namun hanya berlari di dalam pitch.

Olahraga ini dimainkan oleh 2 orang tim yang masing-masing tim terdiri dari 11 pemain.

 

29. E-sport

Olahraga ini merupakan olahraga online yang mulai dilirik saat ini. Semenjak era internet pada tahun 90-an muncul kompetisi game pun semakin berkembang pesat.

Pada tahun 2000an sudah mulai banyak negara yang mulai masuk dalam kompetisi esport seperti Eropa, Amerika Serikat dan Korea Selatan.

 

30. Billiard

billiard
billiard

Berasal dari kata Billart yang berarti tongkat kayu dan “bille”yang berarti bola, ini merupakan permainan olahraga memasukkan bola-bola ke lubang yang sudah disediakan diatas meja khusus dengan menyodok bola menggunakan tongkat kayu.

Permainan ini dapat dimainkan hanya oleh dengan 2 orang saja. Awal mula permainan ini sudah dikenal sejak tahun 19600an dan sangat populer di Inggris.

 

31. Futsal

Futsal berasal dari bahasa Spanyol yang Fut berasal dari Futbol atau sepak bola dan Sala yang berarti ruangan.

Memang futsal terlihat seperti bermain sepak bola, namun yang membedakan adalah futsal terdiri dari 2 tim yang beranggotakan 5 orang dalam satu tim. Futsal berasal dari Uruguay pada tahun 1930 oleh seorang guru olahraga bernama Juan Carlos Ceriani Gravier.

 

32. Angkat Besi/Berat/Beban/Barbel

angkat besi
angkat besi

Olahraga ini diawali di negara-negara Eropa dan Amerika yang dilakukan secara individual. Ada dua angkatan dalam angkat besi yaitu angkatan clean and jerk, merupakan jenis angkatan yang diadakan secara terus menerus tanpa ada jeda sedikitpun, dilakukan dengan mengangkat beban tanpa harus menekuk lutut yang dilakukan selama mungkin hingga juri membunyikan bel sebagai tanda angkatannya dianggap sah.

Angkatan kedua adalah snatch, yang merupakan mengangkat barbel dengan dua tahap, pertama atlet harus mengangkat beban dimulai dari lantai hingga batas dada dalam posisi jongkok. Dan tahap kedua emudian membawa barbel hingga posisi kedua tangan lurus berada diatas kepala hingga juri menyalakan tanda sah.

 

33. Handball

Handball atau bola tangan ini merupakan cabang olahraga bola yang permainannya hampir sama dengan sepak bola namun yang membedakan adalah menggunakan tangan bukan kaki. Terdapat 2 regu yang bertanding dengan 7 pemain pada masing-masing regu.

 

34. Gulat

gulat
gulat

Gulat merupakan salah satu olahraga yang memerlukan pembinaan secara signifikan dengan difokuskan pada kekuatan dan daya tahan tubuh agar tidak mempengaruhi gerakan saat menjatuhkan lawan. Olahraga ini memerlukan fisik yang prima disertai kecepatan dan keseimbangan.

 

35. Berkuda

Walaupun tidak begitu populr di ajang perlombaan namun olahraga ini termasuk olahraga lampau sejak berpuluh abad yang lalu. Balapan kereta merupakan salah satu olahraga kuno yang paling populer di masyarakat Yunani dan Romawi.

Ada beberapa jenis olahraga berkuda seperti tunggang serasi, lompat rintang, trilomba, endurance.

 

36. Hockey

hockey
hockey

Olahraga yang satu ini hampir sama dengan sepak bola, yaitu dengan memasukkan bola atau keping kedalam gawang lawan sebanyak-banyaknya. Yang membedakan adalah di olahraga ini bola di giring dan dipukul dengan menggunakan tongkat hockey.

Ada 3 jenis permainan hockey yang sering dimainkan, yaitu hockey lapangan, hockey ruangan dan hockey es.

 

37. Gymnastic

Merupakan olahraga populer yang disebut dengan senam ini sudah diperkenalkan sejak jaman Yunani kuno yang berawal dari kata Gymnas yang berarti telanjang, dikarenakan pada jaman dulu orang-orang berlatih senam dengan tidak menggunakan baju. Senam ini dalam perlombaan dibagi menjadi dua untuk putra dan putri.

Untuk putri alat yang dipertandingkan ada 4 yaitu lantai, meja lompat, palang bertingkat dan balok keseimbangan. Sedangkan untuk putra terdapat 6 alat yaitu lantai, meja lompat, gelang-gelang, kuda pelana, palang sejajar dam palang tunggal.

 

39. Baseball

baseball
baseball

Olahraga memukul bola satu ini sangat terkenal di Amerika Serikat, namun kurang populer di negara lain bahkan di Indonesia sendiri juga kurang diminati.

Tujuan dari olahraga ini adalah mempertahankan tim untuk tetap menjadi pemukul bola agar bisa memperoleh angka dan memenangkan pertandingan. Olahraga ini berasal dari Amerika Serikat dengan Abner Doubleday sebagai bapak olahraga baseball.

Olahraga ini selalu dimainkanpada hari sabtu di kota New York tahun 1823 dan juga akhirnya melahirkan klub baseball pertama Amerika Serikat yaitu New York Knickerbockers pada 23 September 1845.

 

40. Kasti

Permainan satu ini sangat populer di Indonesia yang sering dimainkan anak-anak bahkan orang dewasa dengan peralatan bola kecil dan alat pemukul. Permainan ini menguji ketangkasan dan kekompakan tim untuk dapat memenangkan permainan.

Permainan ini dilakukan oleh 2 regu yang masing-masing terdiri dari 12 orang. Kasti sendiri merupakan permainan berasal dari Belanda, tidak heran jika sangat populer di Indonesia.

 

Demikianlah pembahasan 40 Macam-Macam Olahraga Lomba Internasional (Terlengkap) rangkuman hobikusport.com , jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat.

 

Referensi :

https://cintaihidup.com/15-cabang-olahraga-ini-paling-populer-di-indonesia/

http://www.savecivicstadium.org/4-different-types-of-sports-that-you-have-to-know/

https://gurupenjaskes.com/macam-macam-cabang-olahraga-di-indonesia

https://berolahraga.net/macam-macam-cabang-olahraga/

https://www.awesomestories.com/asset/view/Cricket-Explanation-of-the-Sport

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *