25 Manfaat (Menakjubkan) Jalan Kaki Bagi Tubuh

Bagi sebagian orang, jalan kaki hal yang paling melelahkan dan dihindari. Padahal, jalan kaki punya banyak manfaat yang sering kali kita tidak ketahui. Bagi yang sering jalan kaki, selamat! Kamu punya kebiasaan yang harus dipertahankan dan berpotensi memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik.

Jalan kaki merupakan bagian dari olaraga ringan sama seperti jogging, bisa menghindari diri dari penyakit obesitas, mengurangi stress hingga menjauhkan dari resiko kanker.Biar kalau jalan tidak malas-malasan dan lebih semangat, berikut manfaat-manfaat menakjubkan jalan kaki bagi tubuh yang perlu kita ketahui:

 

1. Jalan cepat dapat menguatkan otot

jalan cepat
jalan cepat

Jalan cepat merupakan jalan dengan kecepatan diatas normal namun berbeda dengan berlari. Biasanya dari jalan cepat ini bisa menempuh jarak 1 km dalam waktu 12 menit, langkah demi langkah yang dilakukan pada jalan cepat ini juga biasanya harus lebih jauh daripada jalan biasanya. Dengan kecepatan inilah kemudian jalan cepat berpengaruh pada kekuatan otot kaki.

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan dari jalan cepat ialah merelaksasi pikiran dan mengurangi stress karena ketika kita keluar rumah maka kita bisa menikmati udara segar dan menikmati hijau dedaunan yang berpengaruh pada kelancaran oksigen yang kemudian aliran darah mengalir pada seluruh tubuh termasuk otak.

 

2. Jalan santai secara rutin bermanfaat bagi kelancaran darah

Kelancaran darah pada tubuh merupakan kunci utama kesehatan tubuh. Karena apabila kelancaran darah pada tubuh terganggu maka kinerja organ tubuh pun tidak optimal. Untuk menghindari hal itu, jalan santai bisa menjadi solusi.

Cobalah jalan santai selama 30 menit, tubuh yang tadinya kaku akan lebih segar karena darah mulai mengalir pada sekujur tubuh. Ketika jalan santai boleh juga sambil menggerak-gerakan kaki dan lengan. Apabila sudah terbiasa untuk jalan santai selama 30 menit, coba tingkatkan kemampuan dengan berjalan selama satu jam, selama satu jam sendiri tubuh mampu membakar sekitar 238 kalori.

 

3. Jalan sehat dapat menjalin silahturahmi sekaligus menjaga kekebalan tubuh

ilustrasi jalan sehat istimewa
ilustrasi jalan sehat istimewa

Jalan sehat biasanya merupakan acara jalan-jalan bersama suatu komunitas tertentu mengelilingi tempat-tempat tertentu sambil merayakan suatu acara penting. Misal acara jalan sehat suatu kursus bahasa inggris yang terdiri dari murid dan guru, acara jalan sehat ini diadakan dalam rangka ulang tahun tempat les tersebut.

Efek dari jalan sehat ini diantaranya memperlancar silahturahmi antar sesama sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Lakukan jalan sehat minimal selama 30 menit secara rutin maka akan membantu tubuh menangkal penyakit.

 

4. Jalan ditempat mampu meperlancar pencernaan

Jalan di tempat sangat efektif bagi lansia yang tetap ingin berolahraga namun tidak beresiko tinggi kalau harus keluar rumah. Selain itu jalan di tempat juga cocok bagi yang punya banyak pekerjaan dan tidak punya banyak waktu luang.

Selain hemat waktu dan tempat, tidak mengurangi manfaat jalan di tempat seperti olahraga jalan kaki lainnya. Lakukan jalan di tempat beberapa menit setelah makan dengan durasi 30 menit dapat membantu mengatur kadar gula dalam tubuh agar tetap seimbang.

Hal ini dilakukan demi kelancaran pencernaan, orang cenderung diam dan malas bergerak setelah sarapan. Hal inilah yang menyebabkan menumpuknya lemak dan kadar gula berlebih pada tubuh.

 

5. Jalan jinjit mampu melatih kekuatan otot dan menjaga keseimbangan

jalan jinjit
jalan jinjit

Jalan jinjit ternyata bermanfaat bagi orang berusia di atas 30 tahun, karena seseorang di atas 30 tahun biasanya mulai kehilangan kekuatan otonya. Untuk itu jalan jinjit dapat membantu kekuatan dan ketahanan otot agar tubuh lebih kuat seperti muda.

Bagi anak muda, jinjit ternyata mampu melatih keseimbangan seseorang karen mampu menaikkan proprioception, yaitu kemampuan untuk lebih peka terhadap gerakan tubuh. Kemampuan ini baik dilatih sejak masa anak-anak untuk ketangkasan, pertahanan dan koordinasi seiring bertambanhnya umur.

 

6. Jalan mundur menghindari nyeri lutut anterior

Cobalah rangkaian olahraga ini kalau merasa jenuh dengan cara yang itu-itu saja. Siapa sangka kalau jalan mundur pun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Meningkatkan kinerja otak

Ketika jalan mundur tentu memerlukan konsentrasi lebih tinggi dan otak dipaksa untuk berpikir memilih jalan yang tepat agar tetap seimbang. Disinilah kemudian otak akan terbiasa menghadapi situasi-situasi sulit.

  • Manfaat spesial yang didapatkan jalan mundur yang tidak bisa didapatkan ketika jalan biasa ialah berdasarkan studi yang dapat dibaca di journal of Biomechanics, jalan mundur mampu menghindari dari penyakit nyeri lutut anterior, nyeri ini menyerang bagian luar dan belakang lutut.

 

7. Jalan jongkok mampu mebakar lemak dalam tubuh

Jalan jongkok biasanya identik dengan hukuman di sekolah kepada anak-anak nakal yang tidak mengikuti aturan. Selain mampu memberi kekuatan pada otot-otot paha, betis dan perut agar bekerja secara optimal, jalan jongkok juga bermanfaat untuk pembakaran lemak dalam tubuh. Posisi jongkok ini ialah posisi menahan massa atau berat tubuh sehingga efektif apabila pembakaran lemak dilakukan.

Namun perlu diingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Oleh karena itu, apabila ketika jalan jongkok mulai terasa nyeri di bagian dalam maka hentikan aktifitas jalan jongkok dan luruskan kaki untuk menghindari cedera otot dalam.

 

8. Jalan pagi untuk menghindari penyakit kolestrol

jalan pagi
jalan pagi

Jalan di pagi hari seperti yang kita ketahui pasti memiliki manfaat bagi kelancaran darah, relaksasi otak dan bagus untuk pernapasan karena pada pagi hari oksigen masih segar dan belum tercemar dengan gas beracun dari aktifitas manusia.

Biasakan jalan di pagi hari selama 30 menit saja dapat menghindari kaki dari penyakit varises yang terjadi karena pembengkakan pembuluh darah vena. Kemudian dapat menghindari diri dari penyakit kolestrol karena pada pagi hari kolestrol baik sedang bekerja sebagai penyerap kolestrol jahat.

 

9. Jalan sore untuk mengatasi insomnia

Bagi yang punya gangguan tidur, jalan sore bisa menjadi solusi yang bisa dicoba. Kita tidak bisa membiarkan kondisi tubuh yang susah tidur setiap hari karena besar manfaatnya untuk kesehatan yang akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Lepaskan dulu beban kesibukan dan sempatkan diri untuk jalan sore. Jalan-jalan sore dengan sinar matahari yang sudah tidak terik mampu melepaskan stress sehingga dapat menyembuhkan insomnia. Pilihlah lingkungan jalan sore yang jauh dari keramaian atau jalan raya demi hasil yang optimal.

 

10. Jalan tanpa alas kaki mampu mencegah radikal bebas

jalan tanpa alas kaki
jalan tanpa alas kaki

Jalan tanpa alas kaki mampu memberikan efek antioksidan bagi tubuh melalui kaki yang langsung menginjak permukaan tanah, hal ini pun dapat mencegah radikal bebas masuk ke tubuh sehingga terhindar dari peradangan.

Namun saat jalan tanpa alas kaki kita juga harus memilih medan-medan yang sekiranya tidak membuat cedera telapak kaki, seperti jangan jalan pada bebatuan yang terlalu tajam. Kemudian sesudah jalan kaki harus mencuci kaki dengan bersih untuk menghindari kuman-kuman.

 

11. Jalan bagi ibu hamil dapat memperlancar proses persalinan

Bagi ibu hamil penting untuk tetap aktif bergerak namun tidak terlalu capek. Aktivitas ringan yang bisa ibu hamil lakukan salah satunya adalah dengan jalan kaki secara rutin.

Dengan rutin jalan kaki, ibu hamil akan memiliki otot pinggul, paha dan betis yang lebih kuat. Otot-otot yang kuat ini akan sangat bermanfaat saat proses persalinan yang lebih cepat dan mudah saat mengejan.

Manfaat lainnya bagi bayi yaitu mengurangi resiko obesitas. Ibu hamil yang rajin berjalan kaki mempunyai andil untuk mengendalikan berat bayi sehingga bayi bisa lahir dengan berat yang normal.

 

12. Jalan 30 menit setiap hari dapat menghindari gejala varises

ilustrasi jalan 30 menit
ilustrasi jalan 30 menit

Meluangkan waktu untuk berjalan kaki selama 30 menit saja banyak manfaat yang bisa kita peroleh, antara lain,

  • Menurunkan berat badan

Dengan jalan kaki diketahui mampu mengendalikan berat badan kita dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh yang akan berguna untuk pembakaran lemak. Jalan kaki selama 30 menit dapat membakar sekitar 150 kalori dalam tubuh. Bayangkan kalau kita bisa rutin melakukan ini.

  • Menghindari gejala varises

Orang yang memiliki gejala varises ini biasanya bagian betisnya akan menonjol vena dengan warna keunguan. Untuk mengatasi itu, jalan kaki mampu memperlancar aliran darah yang menggumpal utamanya pada vena di daerah betis.

  • Menghidari penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular ini berkaitan dengan penyakit jantung, stroke dan hipertensi. Apabila kita bisa rutin dan intens melakukan jalan kaki maka ini merupakan upaya untuk menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular sebanayk 30%.

 

13. Jalan kaki untuk diet menurunkan berat badan dapat membakar 220 kalori

Kunci dari menurunkan badan ialah aktif bergerak. Kalau kita tidak punya banyak waktu atau alat khusus untuk berolahraga, mulailah dari hal-hal yang sederhana misalnya jalan kaki.

Berikut jalan yang efektif apabila ingin menurunkan berat badan

Cobalah berjalan 5 menit terlebih dahulu sebagai bagian dari pemanasan, lalu lanjutkan dengan berjalan dengan teknik cepat selama 30 menit. Dari jalan cepat ini tubuh akan mulai membakar kalori, terakhir lakukanlah pendinginan dengan kembali jalan santai selama 5 menit. Dari rangkaian jalan kaki ini, kita bisa mengurangi sebanyak 220 kalori.

Apabila ingin mencoba jalan kaki dengan membakar 440 kalori, maka usaha yang dilakukan akan lebih besar pula. Pertama, lakukan pemanasan dengan berjalan selama 5 menit pertama, selanjutnya mulai berjalan cepat selama 2 menit lalu kurangi kecepatan jalan selama 1 menit. Lakukan rangkaian ini sebanyak 15 kali.

Jika sudah pada penghujung rangkaian, seperti biasa lakukan pendinginan dengan jalan santai selama 5 menit terakhir.

 

14. Jalan untuk kecantikan dapat membuat wajah lebih cerah

ilustrasi jalan untuk kecantikan
ilustrasi manfaat jalan untuk kecantikan

Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh dari dalam, jalan kaki juga mampu membantu kecantikan wajah dan tubuh agar terpancar.
Jalan kaki yang dapat membakar kalori mampu mengendalikan berat badan dan otot-otot pada tubuh. Pembentukan badan yang ideal bisa dikontrol dengan rutin berjalan kaki.

Kemudian jalan kaki mampu menurunkan kadar stress pada tubuh secara keseluruhan, hal inilah yang akan berpengaruh pada aura wajah yang akan terlihat ceria dan segar.

Pilihlah jalan kaki di pagi hari demi mendapat asupan oksigen yang lebih tinggi, dari sinilah kulit akan bernapas dan terhindar dari polusi yang dapat membuat masalah di wajah seperti komedo dan jerawat. Dengan membiasakan diri jalan di pagi hari ini kemudian dapat membuat wajah lebih cerah.

 

15. Jalan kaki untuk bentuk bokong yang diidamkan

Bagi sebagian orang, memiliki bokong yang kencang akan menjadi suatu pencapaian tersendiri. Tidak ada salahnya jika itu membuat orang tersebut percaya diri. Selain menjalani rangkaian olahraga di gym atau plank, kita juga bisa berjalan kaki secara rutin untuk mengencangkan bokong.

Namun diperlukan usaha lebih untuk mengencangkan bokong secara efektif, seperti harus berjalan kaki di medan yang menanjak atau bisa juga di tangga. Dengan cara:

Cari medan yang menanjak di lingukan rumah misalnya atau di daerah perbukitan. Jika tidak menemukan medan menanjak di alam, tangga bisa menjadi alternatif. Lakukan kegiatan ini 5 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit. Hasilnya tidak akan instan namun berjalan kaki di medan yang menanjak bisa mempecepat pengencangan bokong lebih cepat 3 kali daripada di medan yang datar.

Kemudian cara lain yang bisa digunakan bagi yang ingin mengencangkan otot bokong adalah dengan berjalan di treadmill namun posisinya berjalan mundur, jadi kita memasang posisi tubuh terbalik dari biasanya.

 

16. Jalan kaki 10.000 langkah sehari untuk menghindari berbagai penyakit

ilustrasi jalan 10ribu langkah
ilustrasi jalan 10ribu langkah

Gerakan berjalan kaki dengan 10.000 langkah sehari mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Gerakan ini ternyata memiliki banyak manfaat pada kehidupan sehari-hari. Perlu diketahui, gerakan 10.000 langkah per hari ini bukan berarti harus berjalan terus menerus tanpa berhenti.

Gerakan ini adalah bagaimana jalan kaki menjadi bagian gaya hidup kita. Misal kita mermakir mobil atau motor lebih jauh dari kelas kampus atau kantor tempat kita bekerja, membeli makanan sendiri ke kantin bukan dengan menyuruh orang atau menitipkan ke teman, memilih berjalan kaki ketimbang naik transportasi untuk menempuh perjalanan-perjalanan dekat.

Manfaat yang diperoleh dari membiasakan berjalan kaki sebagai gaya hidup antara lain:

  • Bisa mengurangi lemak yang menumpuk di bagian-bagian tubuh yang kelebihan lemak
  • memperlancar perendaran darah sehingga terhindar dari gangguan organ tubuh tertentu yang bisa menyebabkan penyakit.

 

17. Jalan kaki malam hari dapat menyenyakan tidur

Usai makan malam, cobalah berjalan kaki di luar rumah selama sekitar 15 menit karena ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, seperti:

  • Memperlancar pencernaan

usai makan malam berjalan sebentar mampu mencegah penumpukan lemak di perut.

  • Menyenyakan tidur

jalan kaki ini bisa memberikan efek ketenangan sehingga berpengaruh pada pikiran yang fresh sampai nanti menjelang tidur pun tidak ada beban pikiran.

Menstabilkan gula darah

Ketika berjalan kaki, makan aliran darah akan mengalir ke seluruh tubuh yang mana hal ini membantu memperlancar gula darah sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti liver, jantung bahkan mencegah diri dari kepikunan.

 

18. Jalan kaki untuk anak dapat melatih sensorik

ilustrasi anak jalan kaki
ilustrasi anak jalan kaki

Bagi para orangtua, penting untuk mengajak jalan kaki anak-anak karena memiliki manfaat yang selama ini mungkin tidak kita ketahui. Berikut manfaat yang bisa kita ambil apabila membiasakan anak-anak untuk berjalan kaki,

  • Kesempatan berinteraksi lebih dalam

Berbincang dengan anak di lingkungan luar akan lebih spesial ketimbang di dalam rumah. Di jalan kita bisa mengobrol tentang banyak topik dan membahas lingkungan sekitar, biasanya anak akan lebih kritis bertanya ketika ada di lingkungan luar.

  • Membuat anak bahagia

Kegiatan ini sebenarnya sederhana namun bisa menjadi berkesan bagi anak-anak ketika melihat dunia luar.

  • Melatih sensorik

Berjalan kaki di luar juga dapat melatih kepekaan sensorik anak. Di luar akan banyak suara-suara seperti suara burung atau aroma-aroma tertentu.

  • Belajar matematika sederhana

Sambil berjalan kaki, kita bisa melatih anak berhitung dengan menanyakan berapa jumlah barang-barang tertentu di sepanjang jalan.

  • Melatih gaya hidup sehat

Bila sejak kecil anak dikenalkan manfaat positif berjalan kaki, maka semakin ia beranjak tumbuh akan senang berjalan kaki karena memiliki manfaat yang baik dan anak tidak manja.

 

19. Jalan kaki selama 7 menit untuk yang punya penyakit jantung

Bagi penderita penyakit jantung, selalu disarankan untuk tetap bergerak aktif dan berpikir positif. Disarankan setiap sudah melakukan aktivitas yang tidak memerlukan banyak gerak selama 20 menit seperti menonton tv atau di depan komputer harus menyempatkan diri berjalan kaki santai selama 7 menit demi kelancaran peredaran darah.

 

20. Jalan kaki bisa membantu mengurangi resiko diabetes

ilustrasi penyakit diabetes
ilustrasi penyakit diabetes

Bagi yang punya riwayat genetik diabetes mungkin akan menjadi mimpi buruk tetapi hal ini tentu saja masih bisa dihindari dengan mulai mengubah gaya hidup lebih sehat. Seperti mengatur asupan makanan tinggi gula dan karbohidrat serta rajin berolahraga.

Dari sekian banyak jenis olahraga, jalan kaki bisa menjadi pilihan. Dengan cara membiasakan diri berjalan sekitar 3 jam selama seminggu diketahui penelitian dari studi suatu instansi di Australia dapat mengurangi resiko terkena diabetes sebanyak 31%.

Dengan berjalan kaki juga mampu menaikkan kontrol glukosa yang mana ini dapat membantu otot menyerap gula darah yang akan menyumbat aliran darah. Lakukan kebiasaan ini secara rutin untuk efek jangka panjang agar kontrol glukosa tetap terjaga.

 

21. Jalan kaki mengatasi kolestrol

Kolestrol disebabkan oleh berbagai faktor seperti merokok, pola makan tidak teratur bahkan genetik yang memang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, upaya yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar kolestrol pada tubuh diantaranya dengan mengubah gaya hidup.

Olahraga merupakan salah satu gaya hidup yang harus mulai diterapkan bagi mereka yang memiliki kadar kolestrol tinggi. Salah satu olahraga yang mudah dilakukan adalah dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit setiap hari secara rutin diimbangi dengan diet kolestrol, maka akan ampuh untuk mengurangi kolestrol tinggi.

Bagi penderita kolestrol tinggi ialah yang terpenting banyak beraktivitas secara sehat, jalan kaki menjadi solusi yang baik karena tidak begitu berat untuk dilakukan.

 

22. Jalan kaki dapat memperpanjang umur pada lansia

lansia jalan kaki
lansia jalan kaki

Ketika seseorang mulai memasuki usia lanjut, maka kinerja tubuh akan ikut menurun. Hal ini tidak bisa dihindari namun bisa dijaga kesehatannya dengan cara tetap aktif bergerak.

Olahraga bisa menjadi solusi untuk lanjut usia agar tetap aktif bergerak tetapi mereka pun terkadang sudah tidak kuat untuk melakukan aktivitas berat. Bahkan aktivitas yang mungkin kita anggap ringan, bagi mereka sudah cukup berat.

Oleh karena itu, sebaiknya jalan kaki menjadi pilihan bagi orang lanjut usia untuk tetap aktif bergerak. Ketika seorang lansia berjalan kaki, maka peredaran darahnya akan bekerja dengan baik lalu akan berpengaruh pada kondisi jantungnya agar berjalan maksimal. Otot-otot pun tidak mudah kaku karena sering menggerakan badan.

 

23. Jalan kaki bermanfaat bagi mahasiswa untuk membuka kreativitasnya

Menurut sebuah penelitian di Universitas Stanford pada 2014, ketika menguji para peserta dengan beraga aktivtas seperti duduk diam, berjalan di treadmill dan pergi ke luar ruangan menyatakan kalau peserta yang berjalan di treadmill 60% lebih unggul untuk berpikir kreatif dengan ide-ide brilian ketimbang peserta dengan kegiatan lain.

Cukup luangkan waktu hingga 15 menit saja untuk berjalan kaki ternyata mampu meningkatkan kinerja tubuh yang dapat memacu kreativitas. Hal ini yang kemudian sangat cocok bagi mahasiswa yang sering kali punya banyak tugas dan memerlukan inspirasi dan kreativitas. Tidak ada salahnya rehat sejenak apabila sudah mulai jenuh saat mengerjakan tugas dengan berjalan kaki.

 

24. Jalan kaki di kolam renang sebagai terapi persendian kaki

ilustrasi jalan kaki di kolam renang
ilustrasi jalan kaki di kolam renang

Tidak harus berenang secara professional, ternyata berjalan-jalan di kolam renang saja bisa menjadi terapi kesehatan untuk kita. Berjalan di kolam renang baik bagi yang mempunyai masalah di persendiannya.

Berikut masalah kesehatan yang bisa diterapi dengan berjalan kaki di kolam renang,

  • Memiliki masalah dengan persendian, seperti nyeri dan radang
  • Keterbatasan gerak otot-otot
  • Memulihkan cedera yang berarti
  • Masalah tulang

Ketika berjalan di kolam renang berbeda keadannya seperti di darat. Kaki akan mengalami perlawanan dari tekanan air setiap kali melangkah sehingga membuat otot-otot kaki bekerja lebih keras. Dari sinilah otot-otot terlatih namun tidak akan merasakan cedera yang berarti karena daya apung airnya dapat mengurangi tekanan pada sendi-sendi dan tulang.

 

25. Jalan kaki bagi wanita menopause dapat mencegah osteoporosis

Wanita pasti akan memasuki fase menopause yang memang secara natural terjadi dan tidak bisa dihindari, biasanya dimulai sekitar umur 45 tahun ke atas dan disinilah fase dimana penyakit tulang rentan terjadi. Penyakit tulang muncul akibat produksi hormon estrogen menurun, hormon inilah yang membantu pembentukan dan penghancuran tulang.

Osteoporosis sendiri biasanya ditandai dengan nyeri-nyeri pada tulang belakang hingga otot-otot yang menegang yang lama kelamaan bisa membuat tubuh jadi bongkok. Selain dengan konsumsi kalsium yang cukup, pencegahan osteoporosis dapat dibantu dengan olahraga.

Untuk wanita umur 45 tahun ke atas yang malas atau tidak sanggup lagi berolahraga berat bisa menjadikan jalan kaki sebagai pilihan olahraganya. Lakukan jalan kaki mulai 20 menit sampai 30 menit minimal tiga kali dalam seminggu.

Itu dia manfaat jalan kaki dalam kehidupan sehari-hari rangkuman hobikusport.com , tentu saja memerlukan konsistensi tinggi dan latihan yang tidak putus-putus membiasakan diri untuk mencapai hidup yang lebih sehat. Semoga kita bisa mengaplikasikannya sebagai gaya hidup baru. Jangan lupa disertakan mengatur pola makan dengan teratur dengan lebih banyak memilih makan makanan yang sehat.

 

Referensi

Hellosehat.com

Hipwee.com

Doktersehat.com

Id.theasianparent.com

Fimela.com

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *