15 Manfaat Lari Pagi & Tips Waktu, Durasi, Jarak, dll

Rasakan manfaat rutin lari pagi yang tak diragukan lagi dari menurunkan berat badan, awet muda, menyehatkan jantung dll dalam 15 Manfaat Lari Pagi & Tips Waktu, Durasi, Jarak, dll

Banyak yang menghindari olah raga dengan berbagai macam alasan, salah satunya kesibukan akan pekerjaan membuat sebagian besar orang malas untuk berolah raga. Padahal seperti yang sudah diketahui jika olah raga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ada beragam jenis olah raga yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan serta mudah untuk dilakukan seperti lari. Lari atau jogging merupakan olah raga yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang.

Selain mudah, olah raga ini juga memberikan banyak manfaat terutama jika dilakukan pada pagi hari. Di bawah ini akan dijelaskan apa saja manfaat lari pagi serta tips saat berlari yang bisa diikuti. Mari disimak penjelasannya!

 

1. Lari Pagi Untuk Wanita Dapat Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi

lari pagi mengurangi rasa sakit menstruasi
lari pagi mengurangi rasa sakit menstruasi

 

Hampir sebagian besar wanita pasti mengalami nyeri saat menstruasi, terutama di hari pertama menstruasi. Salah satu cara untuk mengatasi nyeri saat menstruasi cukup mudah yaitu dengan melakukan lari pagi.

Saat berlari tubuh akan melepaskan suatu hormon yang bernama hormon endorfin yang dapat memberikan rasa bahagia. Sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan rasa sakit ketika menstruasi akan hilang secara perlahan.

 

2. Lari Pagi Bagi Pria Dapat Mencegah Disfungsi Ereksi

Tidak hanya menyehatkan, ternyata lari pagi bagi pria dapat membantu mencegah disfungsi ereksi. Dengan berlari setiap pagi, aliran darah akan mengalir dengan lancar termasuk aliran darah yang berada pada organ intim pria.

Disfungsi ereksi terjadi ketika darah yang mengalir ke organ intim pria tidak lancar. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, tidak ada salahnya bagi para pria mulai rutin melakukan olah raga sederhana seperti berlari di pagi hari.

 

3. Lari Pagi Hari Setiap Hari Dapat Mengurangi Kalori Tubuh

Lari pagi mengurangi kalori tubuh
Lari pagi mengurangi kalori tubuh

 

Bagi sebagian besar dari kita pasti jarang mengetahi jika berlari pagi dapat mengurangi kalori tubuh yang ditimbun saat malam hari. Saat malam hari, hampir kebanyakan orang tidak akan melakukan aktifitas apapun kecuali tidur setelah beberapa jam menyantap makan malam.

Sehingga tidak mungkin, makanan yang dicerna akan disimpan dalam bentuk lemak di dalam tubuh. Untuk mencegah penumpukan lemak tersebut kita harus membakarnya dengan melakukan aktifitas fisik di keesokan harinya yaitu dengan melakukan lari.

Dengan begitu kalori tubuh akan berkurang dan berat badan ideal akan selalu terjaga.

 

4. Lari Pagi Untuk Diet Terutama Yang Ingin Menurunkan Berat Badan

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal sebenarnya tidaklah sulit. Selain mengatur pola makanan olah raga juga sangatlah penting.

Olah raga sederhana yang bisa dilakukan oleh semua orang tanpa batasan usia apalagi jika bukan lari atau jogging. Bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan, lari di pagi patut untuk dicoba.

Dengan rutin melalukan lari pagi selama 1 jam setiap harinya, maka jumlah kalori yang dihilangkan kurang lebih sebanyak 748 kalori. Jumlah tersebut tentunya berbeda untuk setiap orang, tergantung dari berat badan pelari. Semakin berat badan pelari, maka semakin banyak kalori yang dihilangkan.

 

5. Lari Pagi Bagi Orang Kurus Dapat Membentuk Tubuh Ideal

lari pagi untuk tubuh ideal
lari pagi untuk tubuh ideal

 

Asumsi olah raga hanya untuk orang – orang yang ingin menurunkan berat badan itu salah besar. Memiliki tubuh kurus bukan berarti tidak butuh olah raga. Justru olah raga bagi orang yang berbadan kurus dapat menaikan berat badan menjadi ideal.

Bukan lemak yang ditimbun, tetapi lebih pada peningkatan massa otot dan salah satu olah raga yang bisa dilakukan yaitu jogging terutama saat pagi hari. Selain itu, berlari akan meningkatkan nafsu makan sehingga sangat cocok bagi orang yang ingin menaikkan berat badan.

 

6. Lari Pagi Subuh Dapat Menyehatkan Paru-Paru

Melakukan olah raga seperti lari pagi sangat disarankan untuk dilakukan setelah subuh atau sekitar pukul 05.00. Hal ini disebabkan udara pada pagi hari masih bersih serta jumlah oksigen yang berada di udara bebas juga cukup tinggi.

Saat berlari tubuh membutuhkan oksigen dalam jumlah lebih, tidak heran jika nantinya tubuh akan terasa segar dan juga menjadi lebih rileks setelah berlari pagi. Manfaat lain yang bisa diperoleh dari berlari setelah subuh yaitu membuat pernafasan menjadi lebih panjang dan tidak terasa melelahkan.

 

7. Lari Pagi Untuk Tinggi Badan

lari pagi untuk tinggi badan
lari pagi untuk tinggi badan

 

Bagi yang kurang percaya diri dengan tinggi badan yang dimiliki, lari atau jogging adalah solusinya. Selain dapat membakar kalori dan juga menghilangkan lemak tubuh, lari dapat memperkuat otot dan tulang kaki.

Saat berlari, tulang terutama tulang kaki akan terstimulus dengan mengaktifkan sel – sel tulang untuk dapat tumbuh. Seiring berjalannya waktu, maka tinggi badan juga ikut bertambah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan lari pagi secara rutin dengan melakukannya sejauh 1 – 2 kilometer per hari dan sebanyak 3 kali seminggu.

 

8. Lari Pagi Untuk Kecantikan Kulit Yang Sehat

Mempunyai kulit yang sehat dan terawat sudah menjadi dambaan setiap wanita. Tidak heran kaum hawa rela mengeluarkan dana lebih untuk mendapatkannya.

Sebenarnya ada cara murah dan praktis untuk memperoleh kulit sehat tersebut, yaitu dengan melakukan lari. Dengan rutin melalukan lari pagi, racun yang berada di dalam tubuh ikut keluar bersamaan dengan keringat.

Selain itu, dengan berlari kulit akan menjadi lebih kencang, terutama pada bagian lengan, paha dan betis.

 

9. Lari Pagi Sebelum Sarapan Dapat Meningkatkan Energi Tubuh

Lari pagi meningkatkan energi
Lari pagi meningkatkan energi

 

Memilih berlari sebelum sarapan ternyata bagus untuk tubuh. Tubuh menjadi lebih cepat bertenaga karena energi yang terdapat di dalam tubuh kembali terisi kembali.

Energi ini berasal dari makanan yang dimakan pada malam hari. Sehingga ketika berlari di keesokan paginya, kalori tersebut cepat diubah menjadi energi yang penting bagi tubuh.

Ada baiknya pilih sarapan yang tidak terlalu berat untuk dicerna tubuh, seperti jus buah agar memulihkan tubuh setelah berlari di pagi hari.

 

10. Lari Pagi Untuk Menaikan Berat Badan

Jogging di pagi hari dapat menaikan berat badan dengan cukup baik. Hal ini dibuktikan dari meningkatnya massa otot yang bebas dari lemak akibat adanya sensitivitas insulin di dalam tubuh.

Sensitivitas insulin berperan sangat penting untuk mendistribusikan nutrisi melalui aliran darah termasuk ke dalam otot dan mengurangi tubuh dari timbunan lemak. Untuk meningkatkan sensitivitas insulin perlu melakukan olahh raga aerobik dan salah satunya adalah jogging atau lari.

Cukup berlari 2 – 3 hari dalam satu minggu, jika terlalu berlebih justru akan menghambat sintesa protein.

 

11. Lari Pagi Dapat Menguatkan Tulang

lari pagi menguatkan tulang
lari pagi menguatkan tulang

 

Sering melakukan lari pagi, melatih tulang – tulang kaki menjadi lebih kuat dan lebih sehat. Dengan berlari atau jogging dapat merangsang sel – sel tulang untuk dapat beregenerasi dengan cepat.

Sehingga tulang – tulang yang ada di tubuh menjadi lebih padat terutama tulang kaki jika dibandingkan dengan orang yang tidak rutin melakukan olah raga.

Ditambah jika lari pagi bersamaan dengan munculnya sinar matahari, akan membantu memecah vitamin D untuk dapat dengan mudah diserap oleh tulang.

 

12.  Lari Pagi Dapat Mengurangi Insomia

Bagi yang memiliki insomia, tidak ada salahnya untuk mencoba berolah raga seperti lari di pagi hari. Ketika berlari tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang tidak hanya akan membuat tubuh menjadi lebih tenang tetapi juga dapat menyembuhkan penyakit insomia atau kesulitan tidur.

Menurut penelitian, insomia bisa disebabkan oleh beberapa macam hal seperti stress, depresi, gelisah hingga rasa cemas. Berlari pagi akan membantu tubuh menjadi lebih rileks dan menekan gangguan emosi pada tubuh secara perlahan.

Disarankan untuk rutin melakukan lari pagi agar gangguan sulit tidur dapat berkurang.

 

13. Lari Pagi Dapat Mencegah Penuaan Dini

lari pagi mencegah penuaan dini
lari pagi mencegah penuaan dini

 

Sudah tidak diragukan lagi jika lari pagi akan memberikan banyak manfaat bagi semua orang khususnya wanita. Saat berlari, aliran darah di dalam tubuh semakin aktif bergerak sehingga tidak heran jika tubuh menghasilkan keringat lebih banyak.

Keringat membantu menurunkan suhu tubuh dengan cepat dan juga mengeluarkan zat – zat berbahaya di dalam tubuh. Akibatnya kulit akan terasa lebih sehat dan juga memberikan kesan awet muda.

Hanya dengan berlari pagi bisa menjawab keinginan wanita untuk tetap tampil awet muda secara alami.

 

14. Lari Pagi Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat berolah raga metabolisme tubuh menjadi meningkat, termasuk ketika berlari. Di saat yang sama, berlari dapat merangsang sel – sel pertahanan tubuh atau imun untuk terus berkembang.

Sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh serangan virus, mikroorganisme, jamur dan lainnya sebagainya. Tidak heran jika orang yang rutin berolah raga jarang terserang sakit sebab daya tahan tubuhnya sangat baik.

 

15. Lari Pagi Mencegah Penyakit Demensia

lari pagi mencegah demensia
lari pagi mencegah demensia

 

Sebuah studi mengungkapkan bahwa wanita yang sering melakukan lari pagi sejak remaja, akan terhindar dari penyakit demensia atau kepikunan saat tua nantinya. Hal ini berkaitan dengan fungsi kerja otak.

Sering berlari di pagi hari terbukti dapat meningkatkan fungsi otak dalam berkonsentrasi dan daya ingat. Jadi jangan ragu untuk melakukan olah raga lari setiap hari demi masa depan.

 

Tips-Tips Lari Pagi

A. Waktu Yang Tepat Untuk Lari Pagi

Menurut penelitian waktu terbaik untuk melakukan lari pagi yaitu antara pukul 05.00 atau 05.30. Hal ini disebabkan karena udara sedang dalam kondisi sangat bersih dan terbebas dari polusi asap kendaraan.

Akan tetapi lebih efektif lagi jika lari pagi dilakukan dari pukul 06.00 – 09.00. Sebab saat itu adalah waktu yang pas ketika tubuh terkena sinar matahari agar membantu dalam pembentukan vitamin D.

Perlu diketahui jika tubuh memerlukan sinar matahari untuk mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D yang dapat diserap oleh tulang dan nantinya tulang akan menjadi semakin memadat.

 

B. Durasi & Jarak Minimal Lari Pagi Yang Baik

Durasi dan jarak lari pagi
Durasi dan jarak lari pagi

 

Jika melakukan lari pagi dengan tujuan membakar kalori, cukup sesuaikan dengan intensitas saat berlari. Semakin berat maka semakin banyak kalori yang dibakar.

Selain itu, banyaknya kalori yang dibakar tergantung dari berat badan pelari. Misal orang dewasa yang memiliki berat badan sekitar 70 kg melakukan lari pagi selama 1 jam dengan jarak 5 km, kalori yang dibakar mencapai 596 kalori.

Sedangkan untuk orang dewasa yang mempunyai berat badan sekitar 84 kg dan berlari dengan durasi dan jarak yang sama, jumlah kalori yang dibakar sekitar 710 kalori.Perlu diketahui jarak ideal untuk melakukan lari pagi yaitu antara 3 – 5 km dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 30 menit. Jogging atau lari merupakan salah satu olah raga dengan kecepatan di bawah 6 mil/jam atau 9,7 km/jam.

 

C. Sebelum Lari Pagi Sebaiknya

  • Ada baiknya untuk tidak lari pagi sesaat setelah bangun dari tidur. Beri jarak atau durasi sekitar 1 – 2 jam setelah bangun tidur.Hal ini sangat penting agar kadar oksigen dalam tubuh mencapai angkat ideal sehingga kepala tidak merasa pusing saat berlari nantinya.
  • Jika sudah dirasa cukup sebaiknya lakukan lari pagi dalam keadaan perut kosong. Minum air putih justru disarankan untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh.Sebaiknya minum air putih 10 menit sebelum melakukan lari pagi. Jangan terlalu banyak, cukup dengan 1 – 2 gelas air putih saja.
  • Pilihlah pakaian yang nyaman seperti kaos dan celana pendek atau celana panjang. Hindari pakaian yang terlalu ketat dan bahan yang dapat membuat kulit menjadi kesulitan dalam bernafas.
  • Gunakan sepatu khusus untuk berlari dan jangan lupa mengenakan kaos kaki. Sepatu lari memang dirancang untuk melakukan aktivitas olah raga lari sebab memiliki busa yang cukup tebal pada bagian mulut sepatu dan juga sangat ringan untuk dapat dipakai.
  • Cobalah untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu seperti melakukan jalan kaki sejauh 200 – 300 meter. Kemudian secara bertahap lakukan jalan cepat untuk melanjutkannya dengan berlari. Hal ini untuk mencegah jantung bekerja menjadi lebih cepat secara tiba – tiba.

 

D. Setelah Lari Pagi Sebaiknya

  • Jangan langsung duduk atau tiduran sesaat setelah berlari. Lakukan gerakan pendinginan terlebih dahulu untuk merileksasikan otot – otot tubuh yang tegang setelah berlari.
minum sebelum lari pagi
minum sebelum lari pagi

 

  • Sebaiknya minum air putih untuk menghilangkan dahaga sesaat setelah berlari. Hal ini bertujuan untuk menghindari dehidrasi akibat hilangnya cairan tubuh saat berlari.Selain itu, dengan meminum air putih dapat membantu mengoptimalkan kerja otak dan juga menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.
  • Pilih makanan yang mudah dicerna oleh tubuh untuk cepat mengisi energi yang hilang setelah berlari. Makanan yang dipilih bisa berupa buah – buahan segar atau jus buah yang dikombinaskan dengan sayuran.Hindari makanan yang mengandung banyak lemak atau terlalu berat. Sebab makanan berlemak mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga sulit untuk dicerna.Makanan berlemak tinggi juga harus dihindari terutama bagi orang yang ingin menurunkan berat badan atau yang sedang dalam program diet.

 

E. Bahaya / Kekurangan Lari Pagi Apabila Berlebihan

Intensitas lari pagi yang baik adalah 3 – 5 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit setiap kali berlari. Jika memutuskan berlari pagi lebih dari itu tidak menutup kemungkinan tubuh menjadi lebih lelah dan akhirnya tubuh tidak akan mendapatkan manfaatnya.

Hampir sebagian besar orang memilih berlari pagi di akhir pekan selama 2 – 3 jam, hal tersebut tidak dianjurkan. Lari pagi secara berlebihan dapat meningkatkan resiko cidera lutut akibat pergerakan secara berulang pada otot lutut ataupun engkel.

Selain itu bahaya lari pagi yang dilakukan secara berlebihan akan menyebabkan metabolisme di dalam tubuh terganggu, sebab saat melakukan lari pagi energi yang dikeluarkan sangat banyak sehingga secara otomatis tubuh akan mengambil energi lain dari otot tubuh.

Hidup sehat tidak harus mahal. Atur pola makan, terapkan gaya hidup sehat dan jangan lupa untuk rutin melakukan olah raga.

Sesibuk apapun kita, sempatkan untuk berolah raga ringan seperti berlari pagi dalam dursi 30 menit sudah cukup untuk menjaga kebugaran tubuh. Jadi tidak ada alasan untuk tidak berolah raga.

Itulah tadi pembahasan 15 Manfaat Lari Pagi & Tips Waktu, Durasi, Jarak, dll oleh hobikusport.com semoga bermanfaat.

 

Referensi:
https://www.honestdocs.id/manfaat-lari-pagi

https://www.alodokter.com/manfaat-lari-pagi-untuk-menurunkan-berat-badan

https://manfaat.co.id/20-manfaat-lari-pagi-bagi-kesehatan

https://doktersehat.com/lari-pagi-untuk-diet-tubuh-wanita/

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *