10 Manfaat Lari Siang & Tips Waktu, Jarak, Durasi, dll

Banyak manfaat lari atau jogging siang yang langsung dirasakan tubuh seperti menurunkan berat badan, baik untuk fungsi jantung, dll lengkap dalam 10 Manfaat Lari Siang & Tips Waktu, Jarak, Durasi, dll

Untuk menerapkan hidup sehat tidak harus menunggu hari tua. Hidup sehat bisa berlaku di mana saja dan kapan saja, tidak bergantung pada usia ataupun jenis kelamin.

Salah satu cara untuk hidup sehat bisa rutin melakukan olah raga setiap hari. Olah raga sendiri ada beragam jenisnya, pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan.

Lari atau jogging merupakan olah raga yang paling banyak dipilih oleh semua orang karena sangat mudah dan juga bisa dilakukan di mana saja tanpa perlu mengenal waktu untuk melakukannya. Tidak jarang juga banyak orang yang memilih untuk berlari di siang hari.

Mungkin sebagian orang berpikir lari siang hari sangat aneh, namun ternyata lari pada siang hari memiliki banyak manfaat. Apa sajakah manfaatnya? Yuk disimak bersama – sama.

 

1. Lari Siang Setiap Hari Untuk Kesehatan Tubuh

lari siang hari untuk kesehatan
lari siang hari untuk kesehatan

 

Saat berlari, otot yang paling aktif bergerak yaitu otot kaki terutama bagian – bagian seperti otot lutut dan otot engkel. Bagi orang yang memiliki masalah pada otot persendian tersebut, lari di siang hari adalah solusinya.

Seperti yang kita ketahui jika otot persendian terutama lutut membutuhkan pelumas berupa cairan kalsium dari dalam tulang. Untuk menyembuhkan sakit pada otot lutut, sering – seringlah melakukan gerakan pada kaki untuk meningkatkan persediaan cairan kalsium, salah satunya dengan berlari.

Selain itu, perlu didukung oleh terpaan sinar matahari dan juga mengkonsumsi susu protein untuk hasil yang maksimal.

 

2. Lari Siang Untuk Menurunkan Berat Badan

Tidak heran jika di siang hari tubuh akan mengeluarkan banyak keringat karena sistem metabolisme di dalam tubuh bekerja dengan cepat. Namun, bagi orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan dapat memanfaatkan waktu di siang hari untuk olah raga seperti lari.

Orang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas sangat disarankan untuk berlari pada siang hari. Sebab berlari di siang hari akan mempercepat proses penurunan berat badan karena lemak – lemak di dalam tubuh akan hancur akibat suhu tubuh yang meningkat.

Untuk hasil yang maksimal disarankan untuk rutin melakukannya dan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

 

3. Lari Siang Untuk Orang Kurus

lari siang untuk orang kurus
lari siang untuk orang kurus

 

Menjadi orang kurus tidak selamanya menyenangkan. Tubuh akan terasa lemah dan juga menjadi cepat lelah serta tidak bertenaga.

Salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan pada orang yang berbadan kurus yaitu dengan rajin berolah raga. Lari adalah olah raga yang sangat tepat dan bisa dilakukan olah orang kurus sebab dapat meningkatkan kekuatan dan massa ligamen dan juga tendon (otot – otot pada tubuh).

Tidak hanya itu, berlari juga akan menguatkan sendi terutama sendi kaki saat mengangkat beban sehingga tubuh tidak mudah kelelahan atau terhindar dari terkilir pada pergelangan kaki. Jadi menjadi orang kurus bukan berarti tidak berolah raga.

 

4. Lari Siang Untuk Tinggi Badan

Rutin berolah raga dapat meningkatkan pertumbuhan tinggi badan menjadi semakin maksimal. Salah satu olah raga yang dapat membuat seseorang bertambah tinggi yaitu dengan berlari.

Meskipun hormon pertumbuhan telah dikeluarkan secara alami oleh tubuh, namun hormon tersebut akan bekerja secara maksimal jika seseorang rutin melakukan lari terutama pada siang hari.Selain itu, pada orang dewasa lari juga akan memperbaiki postur tubuh yang buruk terutama pada tulang belakang sehingga tubuh akan memanjang dan terlihat lebih tinggi.

Tulang belakang akan tertarik ke atas sehingga tubuh akan terlihat lebih tegak dan juga mencegah cidera pada punggung.

 

5. Lari Siang Untuk Membakar Lemak

lari siang hari untuk membakar lemak
lari siang hari untuk membakar lemak

 

Cuaca panas dan lembab pada siang hari, dapat mengakibatkan tubuh menjadi cepat berkeringat dan juga membuat enzim pencernaan bekerja menjadi lebih cepat dari pada biasanya. Di saat yang sama lemak yang berada di dalam tubuh juga ikut terpecah.

Jadi untuk memaksimalkan pembakaran lemak pada tubuh sangat disarankan untuk melakukan olah raga pada siang hari. Dan olah raga yang paling cepat membakar lemak – lemak tubuh yaitu lari.

Berlari di siang hari menjadi pilihan tepat bagi seseorang yang ingin membakar lemak berlebih secara cepat. Sebaiknya carilah tempat yang teduh dan memiliki banyak pohon besar atau terlindungi sinar matahari agar tubuh tidak mudah lelah.

 

6. Lari Siang Hari Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Mungkin lari di siang hari lebih melelahkan dari pada berlari di pagi. Namun, keringat dan pacuan jantung yang semakin cepat saat berlari di siang hari memberikan efek baik untuk mencegah pergerakan sel – sel kanker pada seseorang yang mempunyai riwayat penyakit kanker turunan.

Sebuah penelitian mengatakan jika sel kanker tidak mampu berkembang di dalam tubuh yang memiliki sistem metabolisme yang baik dan juga mempunyai daya tahan tubuh yang cukup kuat. Untuk mengimbanginya, perlulah mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan olahan yang terlalu banyak mengandung lemak serta jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat.

 

7. Lari Di Siang Hari Dapat Menyembuhkan Penyakit Pada Penderita Asma

lari siang hari untuk menyembuhkan asma
lari siang hari untuk menyembuhkan asma

 

Siapa bilang penderita asma dilarang untuk berolah raga. Ada olah raga lain selain berenang yang diperbolehkan bagi penderita asma yaitu lari di siang hari.

Lakukan gerakan lari dengan santai dan tidak terlalu lambat atau mirip sedang melakukan gerakan berjalan cepat. Siang hari merupakan waktu yang baik untuk melakukan olah raga bagi penderita asma.

Meskipun udara di pagi hari terasa segar, bagi beberapa penderita asma justru embun pagi yang dingin bisa menjadi pemicu timbulnya asma secara mendadak. Agar tidak terkena sinar matahari langsung, pilihlah tempat lari yang teduh dan banyak ditumbuhi tanaman rindang atau berada di dalam gedung olah raga (GOR).

 

8. Lari Siang Mampu Meningkatkan Fungsi Kerja Jantung

Tidak hanya dapat menyembuhkan penyakit asma saja, lari di siang hari juga dapat mengoptimalkan fungsi jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Sehingga darah yang mengandung oksigen dapat dipompa keseluruh tubuh secara maksimal termasuk ke jantung itu sendiri ketika berlari.

Maka tidak menutup kemungkinan resiko terkena serangan jantung sangat kecil. Untuk semakin memaksimalkan fungsi jantung, ada baiknya jangan berlari dalam durasi yang lama agar jantung tidak bekerja terlalu keras.

 

9. Lari Di Siang Hari Dapat Meningkatkan Daya Konsentrasi

Lari siang hari meningkatkan daya konsentrasi
Lari siang hari meningkatkan daya konsentrasi

 

Teratur dalam melakukan lari di siang hari dapat meningkatkan daya konsentrasi seseorang. Saat berlari, aliran darah yang mengandung oksigen juga turut mengalir masuk ke dalam otak.

Akibatnya sel – sel saraf pada pembuluh darah dapat dengan terangsang untuk menyampaikan pesan ke otak dan akhirnya dapat langsung memberikan respon secara cepat. Tidak heran jika tubuh mempunyai konsentrasi yang lebih baik, aktivitas lancar dan pekerjaan terselesaikan dengan tepat.

 

10. Ingin Menghitamkan Kulit Secara Alami, Lari Di Siang Hari Solusinya

Ada beberapa orang yang tertarik untuk menghitamkan kulit tubuhnya agar semakin menarik dan terlihat seksi. Salah satu cara alami yang bisa dilakukan yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari.

Namun, akan semakin bermanfaat jika berjemur seraya melakukan kegiatan olah raga seperti berlari. Selain mendapatkan warna kulit yang diinginkan, bentuk tubuh ideal pun bisa diperoleh dalam waktu bersamaan.

Sebaiknya jangan melakukannya lebih dari 2 jam agar terhindar dari kanker kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

 

11. Tips Lari Siang

A. Waktu Yang Tepat Untuk Lari Siang

waktu lari siang yang tepat
waktu lari siang yang tepat

 

Bagi yang ingin melakukan lari di siang hari sebaiknya dilakukan pada pukul 10.00 – 14.59. Akan tetapi waktu yang paling baik dan optimum untuk dilakukan saat berlari siang hanya sekitar 1 jam yaitu dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 11.00.

Sebisa mungkin untuk tidak melakukan olah raga lari pada pukul 12.00 – 13.00, sebab posisi matahari sedang berada di puncak dan suhu udara juga sangat panas.

 

B. Durasi & Jarak Minimal Lari Siang Yang Baik

Lamanya waktu untuk melakukan lari di siang hari cukup sekitar 20 hingga 30 menit dalam satu kali sesi. Untuk jarak minimal sesuaikan dengan kondisi atau kemampuan tubuh dalam berlari di siang hari.

Seorang atlet sekalipun perlu latihan selama berminggu – minggu untuk dapat beradaptasi dengan lari di siang hari.

 

C. Sebelum Lari Siang Sebaiknya

lari dengan memakai topi
lari dengan memakai topi

 

  • Sebelum melakukan lari, pastikan tubuh tidak kekurangan cairan. Konsumsi air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi saat berlari di siang hari.Akan lebih baik lagi konsumsi buah – buahan yang mengandung banyak air dan serat agar ketersediaan cairan di dalam tubuh terjaga.
  • Jangan lupa untuk memakai pelindung kepala seperti topi atau handuk untuk melindungi kepala dari sengatan sinar matahari.Sinar matahari di siang hari cukup terik dan panas, untuk mengurangi rasa panas tersebut selain memakai penutup kepala bisa juga memakai pakaian berlengan panjang agar mencegah kulit tidak mudah terbakar sinar matahari.
  • Hindari tempat-tempat terbuka seperti lapangan. Usahakan carilah tempat – tempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari seperti taman kota ataupun di dalam gelanggang olah raga.

 

D. Setelah Lari Siang Sebaiknya

Minum air putih setelah lari siang
Minum air putih setelah lari siang

 

  • Segera minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang agar terhindar dari dehidrasi. Sebaiknya jangan mengkonsumsi air dingin untuk mencegah sakit kepala atau pusing secara tiba – tiba.
  • Jangan langsung mandi, tunggu sekitar 20 – 30 menit untuk mendinginkan suhu tubuh menjadi normal kembali. Jika terpaksa untuk segera mandi, sebaiknya gunakan air hangat. Air hangat juga membantu merelaksasikan otot – otot tubuh yang tegang setelah berlari.
  • Setelah mandi, sebaiknya oleskan krim pelembab tubuh untuk mengembalikan kelembaban kulit setelah beraktivitas di siang hari.

 

E. Bahaya Lari Siang Hari Pakai Jaket Sauna

Untuk memaksimalkan proses pembakaran kalori pada tubuh, tidak heran jika banyak orang memakai jaket sauna saat berlari. Namun, hati-hati jika memutuskan untuk berlari menggunakan jaket sauna di siang hari.

Bukan manfaat yang diperoleh justru bahaya lain sedang mengintai. Memang saat berlari menggunakan jaket sauna akan menghasilkan keringat yang cukup banyak dan sebagian orang berpikir bahwa hal tersebut adalah baik bagi tubuh.

Akan tetapi menggunakannya saat berlari di siang hari tidak dianjurkan sebab tubuh akan mengalami dehidrasi yang berakibat pada sakit kepala secara mendadak, kelelahan, hingga ketidak mampuan tubuh untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat secara normal.

Bagi yang memiliki riwayat darah tinggi dapat berakibat serangan stroke ringan sebab terjadi penyumbatan pembuluh darah menuju jantung.

Tidak hanya itu saja, bahaya lain dari menggunakan jaket sauna di siang hari yaitu menyebabkan peningkatan suhu tubuh secara tiba – tiba sehingga banyak cairan tubuh yang keluar dalam bentuk keringan, menyebabkan pengentalan darah keseluruh tubuh dan bukan tidak mungkin terjadi penyumbatan pembuluh darah di otak.

Demikian penjelasan hobikusport.com mengenai beberapa manfaat lari di siang hari dalam artikel 10 Manfaat Lari Siang & Tips Waktu, Jarak, Durasi, dll. Sebelum melakukannya ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada yang ahli agar mengurangi resiko yang dapat membahayakan diri.

 

Referensi:
https://manfaat.co.id/manfaat-lari-siang-hari

https://majalahkartini.co.id/berita/4-manfaat-lari-siang-hari/

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3082952/lari-siang-hari-amankah

https://pontianak.tribunnews.com/2017/12/03/ngeri-ternyata-lari-di-siang-hari-pakai-jaket-bahayanya-pada-kesehatan-kayak-gini

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *