11 Manfaat Lari Sore & Tips Waktu, Durasi, Jarak dll

Lari sore memiliki banyak manfaat salah satunya untuk wajah, untuk diet, untuk orang kurus, gemuk, dll dibahas dalam 11 Manfaat Lari Sore & Tips Waktu, Durasi, Jarak dll

Olah raga merupakan kegiatan yang terbukti dapat meningkatkan kebugaran dan juga memberikan kekuatan pada tubuh kita. Untuk mendapatkan manfaat dari olah raga sangat disarankan untuk melakukannya secara konsisten.

Ada berbagai macam jenis olah raga yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan, salah satunya yaitu lari. Sebuah studi menjelaskan jika kondisi tubuh akan meningkat di sore hari sekitar pukul 2 siang sampai dengan pukul 6 petang.

Jadi tidak heran jika lari sore memiliki banyak manfaat. Lalu apa sajakah manfaat yang bisa diperoleh dari lari sore, berikut penjelasannya.

 

1. Lari Sore Untuk Wajah Semakin Cerah

Lari sore mencerahkan wajah
Lari sore mencerahkan wajah

 

Dengan melakukan jogging atau lari di sore hari ternyata terbukti dapat mencerahkan kulit dan menyehatkan kulit wajah. Hal ini dikarenakan jogging dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga mampu meregenerasikan sel – sel kulit wajah.

Jadi tidak perlu perawatan dengan produk kecantikan mahal untuk mendapatkan wajah cerah. Cukup dengan melakukan olah raga lari sore setiap hari, tidak hanya menyehatkan tetapi juga mempercantik wajah.

 

2. Lari Sore Untuk Diet

Lari sore memang dapat menurunkan berat badan. Namun tidak jarang justru lari sore dapat menambah berat badan karena biasanya pelari akan makan dengan secara berlebihan setelah berlari.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya tahan diri untuk tidak langsung menyantap makanan – makanan berkalori tinggi. Agar lari sore terbukti dan berhasil mengontrol program diet yang sedang dijalani, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi makanan rendah kalori namun tinggi serat untuk mencegah tubuh merasa lapar.

 

3. Lari Sore Untuk Orang Kurus

Lari untuk orang kurus
Lari untuk orang kurus

 

Di saat semua orang ingin menurunkan berat badan, ada juga yang kesulitan untuk menaikan berat badan agar mencapai berat badan ideal. Orang yang memiliki badan kurus bukan berarti mereka tidak boleh berolah raga, justru olah raga sangat dianjurkan.

Olah raga yang sesuai untuk orang berbadan kurus salah satunya lari. Lari sore bagi orang kurus dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak cepat sakit dan menjadi lebih bugar.

Selain itu, manfaat lari sore bagi orang berbadan kurus yaitu meningkatkan energi tubuh dan tidak mudah lelah saat melakukan berbagai macam aktivitas.

 

4. Lari Sore Untuk Orang Gemuk Dapat Meningkatkan Kekuatan Mental

Hampir sebagian besar orang yang memiliki berat badan berlebih mempunyai rasa khawatir terhadap kesehatan, terutama penyakit kronis seperti kolesterol hingga serangan jantung. Tidak hanya itu saja, paradigma tentang orang gemuk malas bergerak dan gemar makan sepanjang waktu akan selalu melekat di setiap semua orang.

Untuk membuktikan bahwa hal tersebut tidaklah benar ada baiknya mulai mengubah kebiasaan buruk tersebut dengan cara benar. Lari sore terbukti dapat meningkatkan dan membangun mental untuk mengubahnya menjadi pikiran positif.

Selama proses pastikan untuk selalu memotivasi diri untuk mencapai target yang sudah ditentukan.

 

5. Lari Sore Untuk Tinggi Badan

lari untuk tinggi badan
lari untuk tinggi badan

 

Bagi anak – anak yang sedang memasuki masa pertumbuhan, olah raga dapat memicu pertumbuhan menjadi lebih cepat. Hal ini disebabkan karena olah raga dapat memicu pengeluaran hormon pertumbuhan.

Salah satu olah raga yang bisa dilakukan guna menambah tinggi badan dengan cepat yaitu lari sore. Tidak heran jika hampir sebagian besar orang yang ingin menambah tinggi badan akan rutin melakukan lari pada sore hari.

 

6. Lari Sore Untuk Menurunkan Barat Badan

Kita tahu jika olah raga akan memberikan kebugaran serta menghindari diri dari serangan penyakit. Namun, saat ini olah raga tidak hanya untuk kebugaran saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mempercepat proses penurunan berat badan.

Lari adalah salah satu bentuk olah raga yang bisa dipilih untuk orang yang yang ingin menurunkan berat badan. Banyak orang memilih pagi hari untuk berlari, namun lari sore ternyata lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Sebab pada sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengurangi kalori tubuh sampai pada berat badan yang diinginkan.

 

7. Lari Sore Untuk Kesehatan Tubuh Wanita

lari sore untuk kesehatan wanita
lari sore untuk kesehatan wanita

 

Saat ini tekanan pekerjaan hingga tantangan hidup harus dihadapi semua orang, tidak terkecuali wanita. Tidak heran jika sebagian besar orang akan mengalami stress dan wanita adalah yang paling banyak mengalaminya.

Terlalu stress tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga mental. Untuk menguranginya sangat penting bagi wanita untuk dapat melakukan olah raga, seperti lari sore.

Dengan berlari sore, tubuh menjadi lebih rileks dan juga emosi dapat terjaga. Selain itu, tubuh akan menjadi semakin segar sehingga siap untuk menghadapi tantangan baru.

 

8. Lari Sore Bagi Kesehatan Tubuh Pria

Lari sore memberikan banyak manfaat kesehatan terutama untuk pria. Mungkin ini bukanlah penyakit yang berbahaya, namun disfungsi ereksi dapat dialami oleh semua pria.

Penyebabnya yaitu terhambatnya sirkulasi darah seperti tekanan darah tinggi atau penyumbatan arteri sehingga aliran darah ke organ intim terhambat. Bukan berarti pria harus berlari secara berlebihan.

Lari sore yang berlebih ternyata dapat mengurangi kinerja hormon testosteron yang bertanggung jawab atas fungsi alat kelamin pria. Jika sudah begitu gairah untuk melakukan seks dengan pasangan menjadi buruk. Cukup lakukan lari sore sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu.

 

9. Lari Sore Rutin Setiap Hari Dapat Membentuk Otot

lari sore untuk membentuk otot
lari sore untuk membentuk otot

 

Banyak orang memanfaatkan lari sore untuk proses pembentukan otot tubuh. Otot yang kuat akan membuat tubuh dapat mengangkat beban berat dengan mudah ataupun melatih tubuh untuk bisa melakukan aktivitas fisik tanpa merasa kelelahan.

Dengan berlari sore secara teratur dapat mencegah kekakuan otot sehingga keseimbangan tubuh dapat terjaga. Bagi pria, tubuh yang berotot menjadi nilai tambah tersendiri terutama yang ingin menambah massa otot.

 

10. Lari Sore Dapat Mencegah Penyusutan Volume Otak

Sebuah studi menjelaskan jika rutin melakukan olah raga terutama lari, terbukti dapat merangsang sel – sel saraf dan juga memperlancar pembuluh darah agar mencegah terjadinya menyusutan volume otak saat di usia senja nantinya. Dampak dari penyusutan otak ini yaitu kepikunan pada sebagian besar orang tua.

Jadi tidak ada salahnya untuk mulai berolah raga saat masih muda, sebab orang yang sering berolah raga saat usia muda mempunyai daya ingat yang baik saat tua kelak, jika dibandingkan dengan orang yang jarang berolah raga.

 

11. Lari Sore Mengurangi Insomia

lari sore mengurangi insomia
lari sore mengurangi insomia

 

Rutin melakukan lari sore ternyata terbukti dapat mengurangi penyakit kesulitan tidur atau insomia di malam hari. Hal ini dikarenakan aliran darah menjadi lebih lancar serta hingga akhirnya membuat tubuh menjadi lebih santai.

Sehingga pada malam hari, tubuh akan cepat beristirahat dan kesulitan tidur pun hilang. Saat bangun tidur di keesokan harinya tubuh menjadi lebih segar dan semua akitivitas sehari – hari dapat berjalan dengan lancar.

 

Tips Lari Sore

a. Waktu Yang Tepat Untuk Lari Sore

Pada umumnya, lari sore dilakukan dari pukul 15.00 sampai dengan 17.59. Akan tetapi waktu yang paling optimal dan baik untuk melakukan lari sore antara pukul 15.00 sampai dengan pukul 17.00.

Bagi para pekerja, waktu tersebut merupakan waktu – waktu yang sulit sekali dilakukan mengingat bahwa itu jam di mana para pekerja belum dapat menyelesaikan pekerjaan atau sedang dalam perjalanan pulang.

Cara menyiasatinya yaitu lakukan lari sore di tempat ruang terbuka yang lokasinya tidak jauh dari tempat kerja, sehingga masih bisa melakukan olah raga sesaat setelah pulang kerja.

 

b. Durasi & Jarak Minimal Lari Sore Yang Baik

durasi dan jarak lari sore
durasi dan jarak lari sore

 

Lamanya durasi yang bisa dilakukan saat melakukan lari sore yaitu kurang lebih 30 menit. Durasi tersebut dianggap cukup ideal karena tidak akan membuat tubuh menjadi terlalu lelah, namun cukup efektif dalam menjaga kebugaran.

Untuk jarak lari minimal yang disarankan saat melakukan lari sore yaitu antara 3 – 5 km. Jarak tersebut bisa disesuaikan dengan kemampuan tubuh dan tidak perlu dipaksa jika sudah terlalu lelah.

 

c. Sebelum Lari Sore Sebaiknya

  • Gunakan Pakaian Yang Sesuai Dan Nyaman Saat Berlari

Sebaiknya pilih pakaian yang tidak mengganggu gerakan ketika berlari nantinya. Cari pakaian yang berbahan lembut dan mudah menyerap keringat.

Memakai pakaian ketat diperbolehkan asalkan kulit masih dapat bernafas sehingga sirkulasi udara antara kulit dengan pakaian tidak terhambat.

  • Gunakan Sepatu Khusus
sepatu lari
sepatu lari

 

Ada beberapa orang memilih untuk tidak menggunakan alas kaki ketika berlari atau jalan cepat. Sebenarnya hal ini boleh saja dilakukan, namun resiko terkena benda – benda berbahaya yang dapat melukai kaki cukup tinggi.

Jika memutuskan untuk berlari sebaiknya pilih sepatu yang dikhususkan untuk pelari. Sepatu lari memiliki desain yang sudah disesuaikan demi kenyamanan saat berlari.

Terdapat bantalan berupa busa di bagian punggung sepatu untuk menghindari cidera saat berlari. Selain itu sepatu lari juga lebih ringan dibandingkan dengan sepatu olah raga lainnya.

  • Jangan Lupa Untuk Melakukan Pemanasan

Hampir semua olah raga harus melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memasuki gerakan inti, termasuk saat berlari sore. Hal ini bertujuan agar mengurangi resiko cidera otot saat melakukan lari sore.

Cara sederhana yang bisa dilakukan dalam pemanasan untuk lari sore yaitu dengan berjalan kaki terlebih dahulu. Sesekali gerakan kedua lengan untuk melemaskan otot – otot tangan. Tidak butuh waktu lama cukup 3 – 5 menit saja atau berjalan sekitar 200 meter baru kemudian mulai berlari.

 

d. Sesudah Lari Sore Sebaiknya

  • Lakukan Gerakan Pendinginan
pendinginan setelah lari sore
pendinginan setelah lari sore

 

Jika sebelum melakukan lari sore sudah melakukan pemanasan, sudah tentu harus dilakukan pendinginan sesaat setelah berlari sore. Hal ini bertujuan agar otot – otot yang tegang menjadi lebih rileks dan kembali ke kondisi semula.

Lakukan gerakan pendinginan selama kurang lebih 10 menit dengan cara berjalan kaki atau melakukan peregangan.

  • Jangan Lupa Untuk Mengkonsumsi Air Putih

Setelah berlari, tubuh banyak mengeluarkan cairan dalam bentuk keringat. Untuk mengembalikannya segara minum air putih sesaat setelah selesai melakukan aktivitas lari sore.

Tidak perlu minum dalam jumlah banyak, minumlah secukupnya atau hingga rasa haus hilang. Jangan sampai menunda kegiatan ini agar tubuh menjadi segar dan fit kembali.

 

e. Bahaya / Kekurangan Lari Sore Apabila Berlebihan

bahaya lari sore berlebihan bisa terkena serangan jantung
bahaya lari sore berlebihan bisa terkena serangan jantung

 

Memang sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk dalam hal olah raga seperti lari sore. Lari sore yang berlebihan sangat berbahaya bagi tubuh terutama dalam kesehatan jantung.

Jantung akan bekerja dengan keras ketika kita sedang berlari, dan bisa dibayangkan jika jantung tidak diberi waktu untuk beristirahat, serangan jantung mungkin saja bisa terjadi. Sehingga sangat disarankan untuk berlari sore 3 – 5 kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaatnya.Nah, itulah tadi beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari lari sore. Semoga penjelasan di atas membuat kita semua menjadi tidak malas untuk berolah raga.

Satu lagi, agar lari sore lebih menyenangkan sebaiknya lakukan bersama teman-teman ataupun orang tersayang sehingga lari sore bukanlah hal yang membosankan.

Demikianlah pembahasan hobikusport.com mengenai artikel 11 Manfaat Lari Sore & Tips Waktu, Durasi, Jarak dll semoga menambah wawasan dan bermanfaat.

 

Referensi:
https://manfaat.co.id/manfaat-lari-sore

https://www.alodokter.com/manfaat-lari-sore-bagi-kesehatan-tubuh

https://www.popular-world.com/groove/pulang-kerja-sempatkan-buat-lari-sore-hari-yuk-banyak-manfaatnya-lho–74712/

https://cantik.tempo.co/read/892041/mau-lari-sore-hindari-4-kesalahan-ini

http://blog.elevenia.co.id/8-manfaat-lari-sore-untuk-tinggi-badan/

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *