30 Manfaat Lari di Kehidupan Sehari-hari (Luar Biasa)

Keinginan memiliki tubuh sehat dan kesadaran akan pentingnya kebugaran tubuh membuat masyarakat kini memiliki motivasi untuk berolahraga.

Olahraga lari kemudian menjadi pilihan banyak orang karena dinilai mudah dan murah.Siapapun bisa dengan mudah melakukan olahraga lari, teknik-teknik dasarnya yang mudah dikuasai lebih menjadikan olahraga ini dekat dengan masyarakat.

Hal ini juga didukung dengan banyaknya event-event lari yang dikemas secara fun pada event-event besar tertentu dengan konsep kekinian sehingga kemudian bisa menarik minat masyarakat.

Selain menyenangkan dan mudah untuk dilakukan banyak orang, olaharaga lari juga punya banyak manfaat apabila kita jalankan secara rutin. Tentunya jangan lupa melakukan pemanasan sebelum lari agar tidak kram dan cedera. Nah berikut manfaat-manfaat lari yang perlu kita ketahui,

 

Daftar Isi

1. Lari Pagi / Subuh dapat Memperlancar Oksigen yang Masuk ke Tubuh

Lari di pagi hari atau setelah subuh merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga. Biasanya udara masih sangat segar dan bebas polutan, kemudian didukung kondisi tubuh yang masih fit cocok untuk menghirup udara pagi yang belum begitu banyak aktivitas.

Lari pagi ini kemudian membuat pikiran dan badan lebih rileks karena pikiran lebih positif. Kemudian pikiran yang positif akan membantu kelancaran darah sehingga dapat memperlancar oksigen yang masuk.

Lari pada pagi hari ternyata juga baik bagi kondisi kulit, hal ini berpengaruh pada kesehatan kulit untuk membuang racun-racun pada kulit. Kelancaran peredaran darah akan membawa sirkulasi oksigen yang baik bagi kepala sehingga hal ini akan meningkatkan konsentrasi.

Yang telah disebutkan diatas adalah hanya sebagian kecil dari banyak manfaat lari pagi lainnya.

 

2. Lari Siang dapat Mengurangi Resiko Obesitas

 

lari siang mengurangi resiko diabetes
lari siang mengurangi resiko diabetes

Bagi yang sibuk di pagi hari, lari di siang hari pun bisa menjadi pilihan tanpa mengurangi manfaat kesehatannya. Dengan melakukan lari siang secara rutin akan menjadikan persendian lebih elastis.

Kelebihan utama lari di siang hari ialah tubuh dalam keadaan sedang tidak kelebihan lemak sehingga kinerja organ jantung dan metabolisme tubuh dapat terjaga tanpa terhalang kinerja organ penting tubuh.

Manfaat lari siang lainnya dari olahraga di siang hari ialah terhindar dari resiko obesitas, kondisi tubuh yang mudah berkeringat di siang hari karena terik matahari akan membantu pembakaran lemak lebih cepat dan pengeluaran racun-racun tubuh melalui keringat.

 

3. Lari Sore dapat Membantu Tubuh Menyerap Oksigen Lebih Banyak

Bagi yang tidak punya banyak waktu di pagi dan siang hari, mereka memilih untuk lari di sore hari karena sinar matahari sudah tidak begitu terik. Ada sebuah penelitian yang mengatakan kalau performa tubuh akan meningkat di sore hari sehingga aktivitas olahraga pun akan terasa efektif.

Selain itu, kemampuan tubuh dalam menyerap oksigen juga lebih tinggi pada sore hari. Tubuh akan memiliki reaksi yang lebih cepat serta lebih fokus, serta detak jantung dan tekanan darah juga akan lebih rendah, sehingga mengurangi risiko terjadinya cedera ketika performa tubuh meningkat.

Namun kekurangan lari di sore hari ialah udara sore hari sudah tidak sesegar di pagi hari. Saat sore, aktivitas manusia yang berkaitan dengan udara kotor sudah banyak terjadi seperti penggunaan AC, polusi transportasi dan polusi lainnya.

Disarankan kalau mau lari di sore hari agar mendapatkan manfaat lari sore yang maksimal, pilih tempat lari di daerah yang jauh dari jalan raya agar tidak menghirup udara kotor lebih banyak.

 

4. Lari Malam dapat Membentuk Otot

 

lari malam membentuk otot
lari malam membentuk otot

Bagi yang sibuk sepanjang hari, olahraga lari malam tetap bisa menjadi alternatif. Setelah penat seharian beraktivitas, lari di malam hari bisa menjadi relaksasi bagi tubuh dan otak karena gerakan-gerakan yang memperlancar aliran darah.

Kemudian lari malam cocok bagi yang ingin membentuk otot karena hormon pembentuk tubuh di malam hari lebih keluar sehingga lari malam efektif untuk dilakukan.

Selain manfaat yang didapatkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika lari di malam hari, penting untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh apakah cukup kuat untuk menghadapi suasana malam yang dingin, hal ini perlu diperhatikan bagi orang yang merasakan gangguan pernapasan.

Kemudian orang-orang yang obesitas tidak disarankan lari di malam hari, pada malam tanaman cenderung memproduksi karbondioksida lebih banyak sehingga apabila udara dengan kandungan karbondioksida yang tinggi tidak baik bagi tubuh, keringat yang dihasilkan tubuh pun tidak sebanyak saat lari di pagi hari.

 

5. Lari di Tempat dapat Meningkatkan Produksi Mineral Pada Tulang

 

lari treadmill atau di tempat meningkatkan produksi mineral pada tulang
lari treadmill atau di tempat meningkatkan produksi mineral pada tulang

Lari ditempat dikenal juga dengan istilah treadmill, lari di tempat ini menjadi olahraga efektif di masa kini bagi orang-orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk berpergian, bisa dilakukan secara manual maupun memanfaatkan alat treadmill di rumah, kebugaran tubuh sudah bisa kita dapatkan.

Kelebihan treadmill dengan alat khusus juga dapat kita atur sesuai kemauan seperti berapa menit kita ingin lari dan seberapa kencang kecepatan lari kita secara konsisten.

Manfaat yang didapatkan dari treadmill ini banyak antara lain hemat waktu karena tidak perlu siap-siap pergi keluar, lari di tempat biasa dilakukan oleh orang-orang yang lanjut usia dan ingin menjaga tulang dari osteoporosis.

Dengan melakukan treadmill secara rutin dapat membantu produksi mineral pada tulang sehingga tulang akan terasa lebih kuat.

 

6. Lari Zigzag dapat Meningkatkan Daya Fokus

Lari zigzag ternyata dapat melatih kelincahan seseorang. Biasanya diterapkan oleh para pemain bola, bulutangkis atau basket.

Dengan rutin melakukan lari zigzag, seseorang akan terlatih daya fokus dan berpikirnya. Karena dibutuhkan konsentrasi tinggi dalam setiap gerakan latihan zigzag.

Manfaat tersebut dapat didapatkan dengan melakukan langkah-langkah lari zigzag yang efektif seperti ini:

  • Latihan bolak-balik dengan cepat sebanyak dua sampai tiga kali antara beberapa titik, misalnya empat sampai lima titik
  • Atur jarak setiap titik sekitar dua meter.

 

7. Lari Bolak Balik dapat Melatih Kenaikan Konsentrasi

ilustrasi lari bolak balik
ilustrasi lari bolak balik

Lari yang identik dengan kemampuan melatih kelincahan ini dapat melatih kemampuan seseorang dalam mengubah arah pada waktu bergerak dengan tepat dan cepat tanpa kehilangan keseimbangan.

Sama seperti halnya seperti lari zigzag, saat lari bolak-balik kita dituntut untuk fokus dan memiliki strategi untuk mencapai target waktu tertentu.

Dari sinilah tingkat konsentrasi seseorang akan meningkat dari seringnya berlatih lari bolak-balik. Agar lari bolak-balik atau disebut juga shuttle-run dapat memberikan dampak yang efektif, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Lari lurus bolak-balik dengan jarak empat sampai lima meter dilakukan dengan secepat mungkin sebanyak enam sampai delapan kali.
  • Setiap kali sampai pada suatu titik sebagai batas, pelari harus secepatnya berusaha megubah arah untuk berlari menuju titik balik larinya.
  • Dalam latihan ini yang diperhatikan ialah kemampuan berbalik arah dengan cepat pada saat belari.

 

8. Lari Jarak Jauh dapat Menurunkan Berat Badan

Lari Jarak Jauh yang dikenal juga sebagai marathon berasal dari sejarah di tahun 490 SM, yang berkisah mengenai seorang prajurit yunani yang membawa berita kemenangan dengan cara lari jarak jauh atau marathon dengan jarak sejauh 26 Mil atau 41,8 KM ke Athena.

Selain latihan yang rutin, hal-hal berikut perlu disiapkan bagi yang ingin memulai lari jarak jauh atau marathon:

Jaga pola makan, dengan mengonsumsi makanan kaya karbohidrat dan rendah serat, zat besi, vitamin C, serta lemak. Jangan lupa juga menambah konsumsi protein seperti telur rebus untuk membantu meningkatkan energi.

Selain asupan makanan yang baik, mengonsumsi cairan pun wajib diperhatikan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Ternyata apabila menekuni lari jarak jauh ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan seperti dapat menurunkan berat badan, meningkatkan stamina dalam melakukan aktifitas, memperlancar pernafasan, memperlancar peredaran darah, serta memperlambat proses penuaan.

 

9. Lari Jarak Dekat dapat Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

ilustrasi lari jarak dekat
ilustrasi lari jarak dekat

 

Lari dengan jarak pendek atau nama lainnya sprint merupakan cabang perlombaan lari dengan teknik lari sekuat tenaga dalam jarak pendek yang ditentukan oleh panjang langkah dan frekuensi langkah atau jumlah langkah persatuan waktu. Artinya seorang pelari jarak pendek harus mengerahkan seluruh tenaganya agar mencapai garis finish secepat mungkin.

Perlu diketahui, dengan lari jarak dekat atau sprint ternyata dapat membantu peningkatan hormon pertumbuhan yang dilakukan oleh kelenjar hipofisis dalam tubuh secara sementara. Meskipun sementara namun jika dilakukan secara rutin dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang lebih baik.

Kemudian, apabila memiliki target untuk berotot, sprint atau lari jarak pendek adalah jawaban yang tepat. Olahraga lari jarak pendek dapat membantu pembentukan massa otot yang ideal.

 

10. Lari untuk Orang Kurus dapat Menghindari dari Osteoporosis.

Lari tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan saja, bagi yang memiliki tubuh kurus juga bisa melakukan rutin olahraga lari dengan manfaat kesehatan seperti berikut:

  • Menjaga kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis
  • Membantu arteri dalam mempertahankan elastisitas sekaligus
  • Menguatkan jantung karena perlu diketahui jika serangan jantung atau gangguan jantung lainnya tidak hanya terjadi pada orang gemuk, namun juga harus diwaspadai untuk anda yang berbadan kurus. Setiap kali anda berlari, maka anda akan mengurangi detak jantung sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras.

 

11. Lari Untuk Pria dapat Mengurangi Resiko Serangan Jantung

 

ilustrasi lari untuk pria
ilustrasi lari untuk pria

Tubuh yang sehat dan bugar sudah seharusnya dimiliki para pria karena cenderung tekanan kerja yang seringkali lebih berat, oleh karena itu selain asupan makanan yang bergizi, membiasakan tubuh untuk berolahraga sangatlah penting.

Olahraga lari merupakan olahraga yang simple dan mudah diterapkan bagi semua kalangan termasuk pria yang sibuk sekalipun. Berikut manfaat yang bisa dirasakan apabila seorang pria melakukan olahraga lari dengan rutin,

  • Olahraga lari akan mengecilkan risiko terkena serangan atau gangguan jantung, karena kekuatan jantung untuk memompa darah akan semakin terlatih dan membuat jantung semakin kuat.
  • Menguatkan Paru-Paru, pria yang rutin melakukan olahraga lari akan mendapatkan paru-paru yang lebih sehat. Mungkin bagi pemula akan terasa lelah dan terengah-engah akibat paru-paru yang belum kuat namun apabila dilatih terus menerus akan membiasakan paru-paru menjadi kuat.
  • Mencegah Disfungsi Ereksi, manfaat lainnya dari olahraga lari untuk pria ialah mencegah terjadinya disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi biasanya terjadi karena aliran darah ke penis terhambat. Dengan rutin melakukan olahraga lari, aliran darah ke penis akan semakin lancar dan kehidupan seksual tentu menjadi penuh gairah.
  • Mencegah kepikunan dini, olahraga lari secara rutin mampu melatih otak untuk tetap fokus dan terhindar dari kepikunan dini.

 

12. Lari Untuk Wanita dapat Membuat Wajah Awet Muda

Tidak hanya pria, penting bagi wanita untuk tetap menjaga kesehatan tubuhnya denga cara olahraga lari.

Olahraga lari pagi yang dilakukan secara rutin menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan wanita. Berikut manfaat yang bisa dirasakan apabila rutin melakukan olahraga lari,

  • Kulit akan terasa lebih awet muda, olahraga lari di pagi hari dengan udara yang masih segar mampu membuat badan bugar yang akhirnya berdampak pula pada wajah yang selalu cerah.
  • Melancarkan siklus menstruasi, bagi wanita masalah siklus menstruasi sering kali tidak menentu, yang sering mengganggu saat datang bulan muncul secara tiba-tiba. Rutin olahraga lari sangat bermanfaat untuk membuat siklus menstruasi lebih baik. Para wanita bisa melakukan olahraga dalam rangka mengatasi masalah menstruasi yang sangat menganggu itu.
  • Meninggikan badan, demi mendapatkan berat badan idea, wanita juga biasanya berkeinginan punya tubuh yang semampai atau tinggi. Meninggikan badan untuk wanita bisa dimulai sejak usia remaja.
  • Lakukanlah lari pagi secara rutin untuk membuat tubuh jauh lebih tinggi. Karena tanpa biaya sama sekali, kita bisa mulai mencobanya tiap pagi.
  • Membentuk tubuh, berolahraga lari akan membantu para wanita yang punya masalah dengan berat badan berlebih, yaitu dengan menjadikan tubuh lebih terbentuk indah dan otot juga jadi lebih kencang. Karena olahraga satu ini mampu menjadi olahraga yang bisa membantu wanita mendapatkan tubuh yang diinginkan ketika dilakukan teratur.
  • Membakar kalori, para wanita yang ingin menurunkan berat badan dengan membakar kalori, olahraga lari pagi dapat menjadi solusi apalagi kalau dilakukan secara rutin. Bahkan olahraga lari berkecepatan sedang seperti jogging saja bisa membantu proses pembakaran kalori tubuh sehingga diet Anda pasti akan jauh lebih sukses hasilnya.

 

13. Lari Menggunakan Jaket Parasut  dapat Membakar Kalori yang Berlebihan

ilustrasi lari menggunakan jaket parasut
ilustrasi lari menggunakan jaket parasut

Diantara kita pasti pernah lihat orang di jalan berolahraga lari dengan pakaian khusus, umumnya mereka mengenakan jaket parasut. Sebenarnya apa ya manfaat khusus dari pemakaian jaket parasut ini?

Bahan dari jaket parasut yang memberikan efek panas akan membantu tubuh mempunyai suhu yang tinggi sehingga mengeluarkan keringat lebih banyak daripada biasanya ketimbang jika lari dengan tidak memakai jaket parasut.

  • Jaket parasut membantu tubuh mengeluarkan keringat, Jaket parasut tentu akan bahan dari jaket parasut yang memberikan efek panas akan membantu tubuh
    mempunyai suhu yang tinggi sehingga mengeluarkan keringat lebih banyak
    daripada biasanya ketimbang jika lari dengan tidak memakai jaket parasut. Perlu diketahui, ternyata mengeluarkan keringat memiliki manfaat keringat bagi kulit wajah untuk kecantikan.
  • Membantu dalam pembakaran kalori, bahan panas dari jaket parasut akan memberikan efek panas jadi kalori pada tubuh pun akan ikut terbakar dalam tubuh.
  • Hal lain yang mungkin jarang jadi perhatian orang adalah jaket parasut dapat mengantisipasi dan melindungi tubuh jika jatuh. ketika seseorang jatuh maka otomatis gesekkan akan terjadi pada jaket terlebih dahulu karena bahan jaket parasut yang lebih tebal.

Perlu diketahui, sebenarnya penggunaan jaket parasut setiap hari ternyata dampaknya tidak baik.. ketika kita berlari menggunakan jaket parasut, maka area tubuh sebagian besar akan tertutup. sehingga menyebabkan efek panas pada dalam tubuh, tetapi efek panas itu dapat menyebabkan tubuh dehidrasi atau kekurangan air.

 

14. Lari 12 – 30 Menit Setiap Hari dapat Meningkatkan Stamina

Melakukan olahraga lari dengan disiplin dan teratur adalah cara yang efektif agar manfaatnya bisa lebih cepat dirasakan tubuh. Manfaat lari dengan rutin ini antara lain,

  • Dapat meningkatkan stamina, bagi yang rajin berolahraga lari mampu meningkatkan stamina tubuh sehingga tidak mudah lelah dalam beraktivitas. Jika kamu merupakan tipe orang yang mudah sekali mengalami lesu, olahraga lari sangat cocok kamu lakukan sehingga nantinya tubuh dapat kembali segar, fit dan bersemangat.
  • Menurunkan risiko mengidap penyakit, dengan rutin lari maka kita dapat meningkatkan kekebalan tubuh, yang artinya tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Lari sangat membantu menurunkan risiko penyakit berat seperti kanker, stroke, jantung, hipertensi, diabetes, dan osteoporosis.
  • Olahraga lari minimal 25-30 menit ternyata bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, yang dapat membantu dalam usaha penurunan kelebihan berat badan, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, serta menjaga nafsu makan agar tetap baik.

 

15. Lari untuk Diet dapat Mengurangi Hingga 500 Kalori

ilustrasi lari untuk diet
ilustrasi lari untuk diet

Tidak dipungkiri lagi bahwa rajin melakukan aktivitas lari sangatlah membantu mempercepat tercapainya program diet atau penurunan berat badan. Karena lari merupakan olahraga kardio yang berfungsi meningkatkan metabolisme sehingga membakar kalori dan lemak lebih cepat.

Di samping tetap terus rutin berlari, pentingnya mengimbangi asupan makanan dengan mengatur pola makan, salah satunya dengan mengurangi konsumsi makan berlebihan.

Kita bisa mengurangi 300 hingga 500 kalori setiap harinya. kemudian, olahraga lari juga dapat menjaga metabolisme agar tetap bekerja sehingga membantu membakar kalori.Berikut jenis-jenis lari yang efektif dapat menurunkan berat badan, antara lain:

  • Steady fat-burning run, lari jenis ini mengharuskan kita berlari lambat, 50 persen kecepatan maksimal dari kecepatan normal, dan selama mungkin. Semakin lama durasi kita lari, semakin banyak lemak yang akan tebakar. Oleh karena itu, cobalah untuk lari dengan kecepatan yang konsisten dalam durasi waktu yang lebih lama.  Hindari mengonsumsi minuman olahraga atau asupan penambah energi ketika akan berlari dan selama berlari karena kandungan karbohidratnya. masuknya karbohidrat ini hanya akan menimbulkan efek tubuh ketergantungan pada karbohidrat ketimbang membakar lemak yang digunakan sebagi sumber energi.
  • Selanjutnya ada yang berbeda dari steady fat burning run yaitu sprinting. Sprinting ialah olahraga jarak pendek namun harus ditempuh secepat-cepatnya. Lari yang cepat bisa membantu membakar lebih banyak kalori pada tubuh karena tubuh harus bekerja ekstra dan lebih cepat agar dapat menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk berlari. Lakukan rutinitas olahraga selama 30 detik untuk mendapatkan hasil yang baik. Sprinting atau lari cepat selalu dipercaya menjadi cara yang efektif unutk mengaktifkan mode pada tubuh menjadi metode pemabkaran lemak.

Perlu diingat, lari saja tidak akan bisa untuk menurunkan berat badan. Seimbangkan dengan latihan kekuatan demi membantu menjaga otot yang kuat untuk berlari.

Lakukan latihan kekuatan otot agar otot tidak ikut hilang karena dengan rutin berlari dan pengurangan asupan pada tubuh sebanyak 300 hingga 500 kalori setiap hari tidak hanya menghilangkan lemak tetapi dapat ikut menghilangkan massa otot.

 

16. Lari Bagi Wajah dapat Mencerahkan Wajah

Berkeringat saat berolahraga bisa membuat kulit jadi lebih bersih. Ternyata, keringat yang keluar saat berolahraga justru membuat kulit jadi lebih sehat dan bersih.

Pada saat berolahraga lari, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar dari pori-pori kulit.

Maka dari itu, kotoran yang tersumbat di bawah pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat, kemudian pori-pori akan terbuka dan membersihkan kulit agar kotoran tidak menumpuk dibawah kulit, wajah pun akan terasa lebih segar.

Tetapi setelah selesai berolahraga, segeralah membersihkan wajah kembali dengan pembersih khusus dan gunakan sabun cuci muka yang sesuai jenis kulit agar kotoran tidak menumpuk kembali di kulit.

Olahraga melancarkan sirkulasi oksigen dalam darah, sehingga kulit lebih cerah. Sirkulasi darah yang lancar inilah yang akan membawa banyak dampak positif pada kulit.

Peredaran darah yang lancar dalam tubuh akan menyuplai oksigen dan nutrisi yang cukup bagi kulit. Apabila kulit menerima suplai oksigen dan nutrisi yang cukup, kulit jadi terjaga kesehatannya.

Kulit akan senantiasa lembap dan tampak lebih cerah secara merata

  • Olahraga lari juga mampu membuat otak dan tubuh lebih rileks, sehingga mencegah munculnya jerawat. Timbulnya jerawat di wajah atau bagian kulit lainnya tidak hanya disebabkan karena kotoran dan debu yang menumpuk di kulit. Jerawat dapat menjadi indikator bahwa anda sedang stress yang menyebabkan produksi hormon serta minyak pada tubuh tak terkendali, yang menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.
  • Belum banyak diketahui orang kalau olahraga lari dapat lebih cepat menghilangkan stress. Dengan olahraga lari ternyata dapat meningkatkan produksi hormone endorphin pada tubuh, hormone ini secara natural akan memberikan rasa bahagia dan tenang.
  • Olahraga lari ternyata meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan mencegah penuaan dini. Pengeriputan pada kulit seiring bertambahnya usia memang tidak bisa dihindari. Semua orang pasti akan mengalaminya tetapi kita masih bisa menunda terjadinya penuaan pada kulit dengan cara olahraga lari.
  • Kulit yang keriput ini disebabkan produksi kolagen pada kulit menurun. Kolagen memilik fungsi untuk menjaga elastisitas dan kekuatan kulit. Untuk memperlambat proses penuaan dini, maka seseorang bisa dengan rutin mengatur jadwal larinya sehingga proses penuaan dini tersebut bisa diperlambat.

 

17. Lari Bagi Tubuh dapat Menstabilkan Stamina

ilustrasi lari untuk menstabilkan stamina
ilustrasi lari untuk menstabilkan stamina

Sudah jelas kalau olahraga lari memiliki manfaat yang begitu banyak bagi tubuh, berikut penjelasannya:

  • Lari dapat menstabilkan kondisi stamina tubuh seperti jogging yang bermanfaat bagi peningkatan stamina tubuh, hal ini memiliki peran besar bagi kesehatan sehari-hari. Di Universitas Georgia sekitar tahun 2008 telah dilakukan penelitian yang menghasilkan fakta kalau orang yang rutin melakukan olahraga lari atau jogging staminanya akan meningkat sampai 65%. Oleh karena itu, kini kita mengetahui betapa pentingnya jogging bagi kesehatan apalagi bagi yang daya tahan tubuhnya rendah
  • Joggung juga ternyata dapat menambah nafsu makan karena setelah jogging, biasanya kita akan cenderung lapar. Bagi orang-orang yang kurang nafsu makan, cobalah latih diri untuk rutin melakukan jogging agar nafsu makan dapat meningkat.

 

18. Lari Mengurangi Resiko Penyakit seperti Diabetes, Ginjal, Kanker dan lain-lain

Olahraga lari apabila bisa kita lakukan secara rutin dan konsisten ternyata memiliki manfaat untuk mengurangi resiko berbagai macam penyakit pada tubuh, seperti:

  • Diabetes, ketika tubuh rutin melakukan olahraga lari maka secara biologi bagian dari sel yang bernama mitokondria yang dikenal sebagai penghasil energi akan ikut banyak. Mitokondria merupakan bagian dari sel yang berperan untuk membantu mengubah glukosa menjadi energi pada tubuh, glukosa akan berubah menjadi energi dengan mengaturbsekresi hormon insulin. Jadi meningkatnya mitokondria akan berpengaruh pada kemampuan tubuh untuk mengatur kadar gula darah pada tubuh yang kemudian bisa dijaikan penangkal diabetes tipe 2.
  • Adapula ditemukan sebuah penelitian yang mengatakan mereka yang rutin olahraga berlari memiliki resiko 61 persen lebih rendah terkeba ginjal dan kanker. Penelitian ini diterbitkan denga judul “Medicine and Science in Sports & Excercise.
  • Kemudian, jantung yang sehat bisa kita dapatkan dengan rutin melakukan olahraga lari karena dengan lari sirkulasi darah akan mendapat dorongan energi.

 

19. Lari Bagi Kesehatan Mental  dapat Menghilangkan Rasa Cemas

 

ilustrasi lari dapat menghilangkan rasa cemas
ilustrasi lari dapat menghilangkan rasa cemas

Ketika mulai penat dengan kegiatan sehari-hari, cobalah olahraga lari di pagi atau sore hari ketika cuaca tidak begitu panas.

Berlari sambil melihat lingkungan sekitar dan menghirup udara segar akan membantu kita meningkatkan hormon endorphin atau hormone kebahagiaan yang akan menimbulkan perasaan euphoria sehingga bisa sedikit demi sedikit melepaskan kejenuhan.

Kemudian ketika berolahraga lari akan membantu meregangkan otot-otot yang tegang sehingga perasaan cemas akan ikut hilang. Lakukan kegiatan lari ini secara berkala agar terhindar dari perasaan tertekan.

 

20. Lari Bagi Pencernaan dapat Menjaga Metabolisme

Hal ini jarang diketahui orang banyak kalau lari dapat menjaga kesehatan pencernaan dengan baik. Hal ini berkaitan dengan metabolisme seseorang, berlari dengan rutin dampaknya akan membantu memperlancar metabolisme sehingga terhindar dari masalah pencernaan yang kronis.

Tetapi perlu diingat, lari berlebihan juga tidak baik untuk usus karena dapat merusak sel-sel didalamnya. Oleh karena itu disarankan untuk olahraga lari dibawah 2 jam.

 

21. Lari Bagi Kecerdasan Otak dalam Menyimpan Memori dengan Baik

ilustrasi lari baik untuk kecerdasan anak
ilustrasi lari baik untuk kecerdasan anak

 

Olahraga lari berpengaruh pada otot-otot berkontraksi dan mampu memompa beberapa zat termasuk protein ke aliran darah termasuk ke otak. Ada satu protein spesial yang diketahui sebagai cathepsin B yang dipompa keluat yang kemudian dapat beredar ke seluruh tubuh kita saat berlari

Selain membantu otot-otot memulihkan diri, zat ini juga mampu mempercepat memori dan pembelajaran di otak.

 

22. Lari Bagi Remaja dapat Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan berkomitmen olaharaga lari selama tiga sampai lima hari dalam seminggu ternyata dapat meningkatkan rasa percaya diri pada remaja yang rentan dengan krisis rasa percaya diri.

Ketika seorang remaja dapat memenuhi target tertentu akan timbul rasa percaya diri pada dirinya sendiri secara natural. Manfaat lainnya ialah dapat menjadikan tubuh lebih ideal dan menjaga berat badan sesuai yang diharapkan dengan membakar kalori dan lemak.

 

23. Lari Bagi Umur Lansia dapat Mengatasi Sakit Sendi

lari untuk lansia
lari untuk lansia baik untuk sendi

 

Berusia lanjut bukanlah alasan untuk malas berolahraga dengan alasan loyo dan tidak kuat fisik. Bagi yang masih memiliki semangat tinggi untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat, lari dengan tidak berlebihan ternyata punya manfaat yang cukup banyak.

Misalnya penyakit sendi yang seringkali menyerang orang usia lanjut, sehingga tulang akan kaku dan susah bergerak. Membiasakan diri lari pagi dapat memperkuat lutut dan sendi.

Tidak perlu diforsis terlalu lama, cukup lakukan semampunya atau disarankan menggunakan treadmill agar aman dan mengurangi resiko apabila keluar rumah.

 

24. Lari Bagi Perokok dapat Mempercepat Proses Pembersihan Paru-paru

Bagi perokok aktif yang ingin kembali memulai hidup sehat, cobalah lakukan olahraga lebih dahulu karena dirasa mudah dilakukan.

Selain membiasakan diri untuk berhenti merokok, olahraga lari dapat membantu mempercepat proses pembersihan paru-paru dengan cara menyalurkan udara ke seluruh bagian tubuh. Mulailah olahraga lari selama di pagi atau sore hari selama 15 – 30 menit per hari.

 

25. Lari untuk Pertumbuhan dapat Melepaskan Hormon Pertumbuhan

ilustrasi lari untuk pertumbuhan tulang
ilustrasi lari untuk pertumbuhan tulang

Hormon pertumbuhan pada tubuh manusia akan terus bertambah terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Banyak faktor yang dapat memengaruhi pelepasan hormon pertumbuhan ini, salah satunya dengan melakukan olahraga lari.

Saat berolahraga termasuk lari, ternyata hormon pertumbuhan yang dilepaskan akan semakin banyak. Itulah mengapa saat anak-anak dilatih untuk terbiasa berolahraga agar mendorong proses pertumbuhan, khususnya yang ingin memiliki badan lebih tinggi.

 

26. Lari Meningkatkan Sosialisasi dengan Wajah-waja baru disekitar lingkungan

Lari tidak hanya bermanfaat bagi kebugaran tubuh. Secara social, lari di lingkungan tertentu dapat meningkatkan rasa ingin bersosialisasi kita.

Manfaatkan waktu libur pada weekend atau tanggal merah dan lari di lingkungan tertentu biasanya kita akan bertemu banyak orang yang jarang kita temui. Cobalah untuk tersenyum, menyapa dan berbincang untuk mendapatkan informasi-informasi tertentu.

 

27. Lari Bagi Ibu Hamil dapat Menjaga Janin dengan Baik

ilustrasi lari untuk ibu hamil
ilustrasi lari untuk ibu hamil

 

Sebuah penelitian oleh Universitas Jenewa, di Swiss, melakukan aktivitas secara teratur terbukti dapat bermanfaat bagi ibu dan janin.

Namun disarankan, untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan mengenai hal ini karena kondisi tubuh ibu hamil berbeda-beda. Apabila merasa kondisi tubuh dalam keadaan normal cobalah beraktivitas lari ringan dengan durasi tidak terlalu lama dengan tujuan agar tubuh ibu hamil banyak bergerak.

Beberapa tips yang diperlukan untuk ibu hamil saat berlari, antara lain:

  • Menjaga kondisi tubuh agar tidak dehidrasi dengan konsumsi air yang cukup
  • Gunakan pakaian longgar dan tidak panas agar kondisi suhu tubuh tidak naik terlalu panas.

 

28. Lari Bagi Kecantikan akan Mencerahkan Kulit

Bagi wanita memiliki wajah bersih dan bercahaya tentu menjadi impian. Selain merawatnya dengan produk-produk kecantikan, ternyata pola hidup sehat sangat memengaruhi kondisi kulit termasuk kulit wajah.

Ketika berlari, jantung akan berdetak lebih kencang dan memompa darah lebih banyak ke pembuluh darah seluruh tubuh. Aliran darah inilah yang kemudian meningkatkan sirkulasi oksigen pada tubuh termasuk kulit. Itu dia mengapa rutin melakukan olahraga lagi mampu membuat kulit wajah jadi lebih cerah.

 

29. Lari Bagi yang Darah Tinggi dapat Menurunkan Tekanan Darah

Lari bagi tekanan darah ternyata dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4-9 milimeter merkuri, setara manfaatnya dengan mengonsumsi obat hipertensi.

Agar mendapatkan hasil yang efektif dan berpengaruh pada tekanan darah yang normal, lakukanlah olahraga lari secara rutin selama satu sampai tiga bulan. Kalau sudah merasakan manfaatnya, jaga terus konsistensi untuk olahraga lari agar tidak drop di masa yang akan datang.

 

30. Lari Sambil Mendengarkan Musik dapat Memberikan Efek Semangat yang Lebih

ilustrasi lari sambil mendengarkan musik
ilustrasi lari sambil mendengarkan musik

Agar lari terasa lebih menyenangkan dan tidak bosan, cobalah lari sambil mendengarkan musik favorit. Lari sambil mendengarkan musik favorit membuat kita jadi lebih semangat karena menghasilkan stimulasi di otak yang dapat mengurangi lelah sehingga bisa konsisten menjaga kecepatan saat berlari.

Namun tidak bisa dipungkiri terkadang berlari sambil mendengarkan musik dapat menimbulkan efek negatif seperti jadi tidak peka dengan lingkungan sekitar.

Itu dia 30 manfaat olahraga lari bagi kehidupan sehari-hari menurut hobikusport.com. Terbukti, lari menjadi olahraga yang bisa diterapkan siapapun dan kapanpun yang apabila dilakukan secara rutin, banyak manfaat yang bisa dirasakan.

 

Referensi :

Hellosehat.com

Wikipedia.co.id

Manfaat.co.id

Alodokter.com

Lifestyle.kompas

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *