20 Manfaat Renang (Luar Biasa) Tak Dimiliki Olahraga Lain

Salah satu olahraga terbaik yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh dan juga memiliki harga terjangkau salah satunya adalah renang. Tidak banyak membutuhkan peralatan mahal, renang pun dapat dilakukan oleh orang tua maupun anak-anak, lelaki, perempuan bahkan ibu hamil.

Selain untuk menjaga kesehatan fisik, renang juga memiliki manfaat secara psikologis dalam jangka panjang. Bahkan untuk ibu hamil, berenang juga disarankan agar kesehatan ibu dan janin juga meningkat.

Selain untuk kesehatan, berenang juga baik untuk sarana rekreasi atau sekedar refreshing. Nah, daripada penasaran, ini lho segudang manfaat renang yang mungkin beberapa di antaranya tidak Anda duga sama sekali.

 

1. Renang Setiap Hari Menjaga Kesehatan Tubuh

 

Renang Setiap Hari Menjaga Kesehatan Tubuh
Renang Setiap Hari Menjaga Kesehatan Tubuh

Dengan melakukan olahraga renang secara rutin minimal 20 menit per hari dengan teknik dan gaya yang konstan seperti olahraga pada umumnya, dapat meningkatkan kebugaran tubuh.
Berenang adalah salah satu olahraga aerobik namun yang dilakukan di dalam air. Oleh sebab itu selain menambah kebugaran, renang juga dapat merangsang kinerja metabolisme tubuh agar lebih baik dan juga dapat membakar lemak di beberapa bagian tubuh.

Manfaat itu tentu serupa dengan olahraga aerobik bukan?

 

2. Renang Saat Puasa Memberi Kesegaran Tubuh

Sebenarnya berenang tidak dilarang saat berpuasa, namun hukumnya adalah makruh karena ditakutkan membuat puasa jadi batal. Hukum berenang saat puasa dapat menjadi haram jika berenang sambil minum air.

Berenang akan membakar banyak kalori di dalam tubuh, meski tidak dehidrasi, tubuh yang kehilangan banyak kalori dapat didera rasa lapar. Untuk mensiasatinya, maka lakukan olahraga renang pada sore hari menjelang berbuka puasa agar setelah renang jeda waktu untuk menambah kekurangan kalori tidak terlalu jauh.

Manfaat renang sendiri saat bulan puasa tentu saja menambah kesegaran tubuh dan tidak mudah mengantuk. Selain itu, pembakaran kalori dalam tubuh juga tentu saja akan membuat tubuh makin sehat.

 

3. Renang Membantu Pertumbuhan Tubuh / Menambah Tinggi Badan

 

Renang Membantu Pertumbuhan Tubuh
Renang Membantu Pertumbuhan Tubuh

Sudah menjadi rahasia umum bahwa berenang berdampak baik untuk pertumbuhan tulang sehingga dapat menambah tinggi badan seseorang. Tentunya selain basket, renang baik untuk membantu pertumbuhan secara efektif, terlebih untuk anak yang memang sedang dalam masa pertumbuhan.
Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa olahraga renang menempati urutan paling atas untuk olahraga yang dapat menambah tinggi badan.

 

4. Renang Bagi Wanita / Ibu Hamil Dapat Membuat Rileks, Memperkuat Jantung, dll

Meskipun dalam kondisi hamil, berenang memiliki banyak manfaat bila dilakukan oleh sang calon ibu. Salah satunya yang paling krusial adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang bagus, maka berbagai penyakit dapat dihindari sehingga kondisi janin juga tetap sehat. Selain itu berenang juga dapat mencegah kelahiran prematur.

Kesehatan pikiran juga dapat menjadi lebih baik karena berenang dapat membuat rileks dan menghindarkan diri dari stress. Dengan pikiran tenang itu juga maka tidur ibu hamil akan lebih nyenyak dan lebih berkualitas.

Untuk segi fisik, renang dapat meningkatkan kekuatan paru-pru, melonggarkan otot di sekitar pinggul dan memperkuat jantung. Dengan jantung yang kuat, melahirkan dalam kondisi normal akan semakin terbantu.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa berenang juga bermanfaat untuk membantu persalinan. Bahkan sekarang melahirkan di dalam air pun menjadi pengalaman yang semakin populer untuk mengurangi rasa sakit.

 

5. Renang Bagi Pria Dapat Melatih Otot Tubuh, Bentuk Tubuh Ideal, dll.

 

Renang Bagi Pria Dapat Melatih Otot Tubuh
Renang Bagi Pria Dapat Melatih Otot Tubuh

Seperti yang sering terlihat dalam kompetisi renang, para atlet renang selalu memiliki badan yang lebar di bagian bahu dan lengan serta terlihat kuat. Hal ini karena olahraga renang memiliki kelebihan untuk membentuk otot tubuh dan memperkuat tulang.
Sehingga secara visual, badan orang yang tekun berenang akan terlihat lebih bidang, kuat dan lebih berotot. Selain itu berenang juga efektif untuk membentuk tubuh di bagian bisep.

Untuk beberapa orang yang memiliki kesulitan membentuk tubuh saat fitness, ada baiknya untuk menjadikan olahraga renang sebagai solusi yang patut dipertimbangkan.

 

6. Renang Bagi Bayi Membantu Motorik Bayi

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh jika melatih anak berenang sejak dini, termasuk ketika mereka masih bayi. Keutamaan renang yang pertama adalah dapat membantu perkembangan sistem motorik pada bayi karena bayi dilatih untuk selalu menggerakkan tangan dan kaki ketika berada di dalam air.

Selain itu, manfaat lain dari berenang untuk bayi adalah membantu perkembangan saraf, meningkatkan sistem imun dan tentu saja membantu proses pertumbuhan pada bayi. Selain itu berenang juga dapat meningkatkan keberanian anak dan membuat mereka tidak mudah terkejut.

Berenang juga dapat menjadi saran adaptasi bayi agar tidak rewel jika sudah saatnya dimandikan. Selain itu pelatihan renang juga dapat membantu bayi adaptasi di berbagai tempat lain.

 

7. Renang Bagi Anak Sarana Bermain Air Sambil Belajar Renang

 

Renang Bagi Anak Sarana Bermain Air Sambil Belajar Renang
Renang Bagi Anak Sarana Bermain Air Sambil Belajar Renang

Air merupakan salah satu media eksplorasi terlebih untuk anak kecil. Oleh sebab itu berenang dapat menjadi saran bermain dan belajar bagi anak-anak, bahkan di usia yang sangat dini.
Beberapa usaha massage bayi yang populer belakangan ini juga memasukkan berenang sebagai salah satu fasilitas yang diberikan. Bayi akan aktif menendang dan bergerak sehingga dapat merangsang aktivitas saraf motoriknya.

Selain saraf motorik halus dan kasar pada anak, berenang juga dapat mengasah ketrampilan komunikasi sehingga membuat anak semakin percaya diri. Ditambah lagi berenang juga meningkatkan keberanian, sportivitas dan bersosialisasi dengan sesama.

 

8. Renang Bagi Orang Tua Untuk Kesehatan Tulang, Agar Tidak Pikun, dll

Pikun memang menjadi momok bagi beberapa orang yang memasuki usia lanjut. Namun tidak perlu terlalu khawatir, berenang ternyata memiliki kelebihan untuk mencegah agar tidak mudah pikun.

Berenang juga dapat mencegah kematian mendadak yang sering dialami oleh para lansia. Hal ini dikarenakan berenang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru yang juga dapat membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Kesehatan jantung tersebut juga dapat menghindarkan tubuh dari penyakit stroke yang akhir-akhir ini semakin populer. Membuat tubuh rileks dan pikiran tenang juga baik untuk para orang tua, karena itu berenang dapat menjadi solusinya.

 

9. Renang Bagi Pemulihan Penyakit Memulihkan Cedera, Melatih Jantung & Paru-Paru, dll

 

Renang Bagi Pemulihan Penyakit Memulihkan Cedera
Renang Bagi Pemulihan Penyakit Memulihkan Cedera

Beberapa penyakit seperti cedera akan dapat disembuhkan dengan terapi renang. Pemulihan penyakit atau terapi stroke ringan juga dapat diatasi oleh olahraga ini.
Tak hanya itu, jantung dan pernapasan yang cenderung lemah dapat terbantu bila orang tersebut melakukan terapi renang. Gerakan renang secara keseluruhan adalah pelatihan semua bagian tubuh dan otot agar tetap bergerak secara berkesinambungan.

Oleh karena itu, berenang akan secara efektif menyembuhkan beberapa penyakit secara alami bila dilakukan secara rutin meskipun sedikit demi sedikit.

 

10. Renang Melatih Pernapasan

Berenang adalah salah satu olahraga paling baik untuk melatih pernapasan. Hal ini dikarenakan berenang membutuhkan pernapasan yang kuat agar seseorang dapat menyelam atau bergerak di dalam air dalam waktu yang lama.

Melakukan renang secara rutin berarti membuat sistem pernapasan Anda menjadi terlatih untuk melakukan menahan napas panjang. Selain itu beberapa gerakan renang dapat membantu dalam memacu aliran darah menuju jantung, melancarkan sirkulasi pembuluh darah dan juga paru-paru.

Manfaat untuk paru-paru itulah yang dapat membuat sistem pernapasan seseorang menjadi semakin kuat dan lancar.

 

11. Renang Meredakan Stress

 

Renang Meredakan Stress
Renang Meredakan Stress

Salah satu hormon yang meningkat reproduksinya saat seseorang melakukan olahraga renang adalah hormon endorphin. Hormon yang berada dalam otak ini berfungsi untuk membuat suasana hati lebih nyaman dan tenang sehingga dapat menurunkan tingkat stress.
Selain dapatd menghasilkan hormon endorphin yang meredakan stress, sentuhan dengan air juga dapat membuat tubuh lebih sejuk dan hati menjadi lebih tenang.

 

12. Renang Dapat Meredakan Radang Sendi

Tidak salah bila renang dapat dikatakan mampu mengobati cidera punggung. Bahkan postur tubuh, utamanya di daerah punggung, juga dapat diperbaiki melalui olahraga renang.

Radang sendi atau masalah sendi yang menyerang pada punggung karena permasalahan postur duduk atau postur tubuh dapat teratasi jika seseorang melakukan renang secara rutin. Beberapa gerakan motorik yang dilakukan saat berenang secara konstan, baik pada kaki mauun tangan, dapat memperkuat otot dan mengurangi radang sendi.

 

13. Renang Mampu Menurunkan Berat Badan

 

Renang Mampu Menurunkan Berat Badan
Renang Mampu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa renang memiliki kemampuan untuk memperlancar metabolisme tubuh dan menghilangkan lemak di beberapa bagian tubuh. Terlebih jika dilakukan secara rutin, renang secara efektif dapat membakar kalori dan penurunan berat badan akan menjadi lebih mudah.

14. Renang Menurunkan Resiko Diabetes

Penurunan kalori dan lemak yang mampu dilakukan melalui renang ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Penurunan kalori dan lemak tersebut juga efektif untuk menghindarkan Anda dari resiko penyakit diabetes.

Terlebih renang juga ampuh untuk mengurangi kandungan gula dalam darah yang memang menjadi pemicu utama penyakit diabetes.

 

15. Renang Sebagai Alternatif Rekreasi

 

Renang Sebagai Alternatif Rekreasi
Renang Sebagai Alternatif Rekreasi

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, renang juga dapat menjadi sarana rekreasi yang dapat mempengaruhi mental atau psikologi Anda. Olahraga ini dapat meningkatkan mood dan menurunkan tingkat stress.
Maka tak heran jika kini banyak sekali wahana renang yang memang diperuntukkan bagi keluarga dengan fasilitas yang dapat digunakan untuk berbagai usia. Selain itu renang juga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh sehingga tubuh menjadi lebih lentur dan tidak kaku.

Tubuh yang lebih lentur membuat badan terasa lebih ringan sehingga Anda dapat melakukan pekerjaan lain dengan lebih nyaman dan cepat karena dapat melakukan berbagai gerakan.

 

16. Renang Membuat Lebih Cerdas

Manfaat renang yang dapat meningkatkan kecerdasan sudah bukan merupakan mitos lagi. Dengan rajin berenang maka dapat membuat fungsi kognitif dan memori otak akan semakin meningkat.

Selain itu, berenang juga bermanfaat untuk menurunkan peradangan dan juga resitensi insulin pada bagian otak. Oleh karena itu, perkembangan sel otak yang baru dapat berjalan dengan semakin lancar.

Kecerdasan juga dapat ditempuh bila keadaan lingkungan yang mendukung. Berenang dapat meningkatkan mood yang baik, menghilangkan kecemasan dan stress.

Beberapa hal tersebut dapat membuat kinerja otak menjadi semakin efektif dan efisian dalam berpikir. Tidak salah juga orang tua yang rajin berenang juga akan terhindar dari pikun.

 

17. Renang Membantu Penyembuhan Asma

 

Renang Membantu Penyembuhan Asma
Renang Membantu Penyembuhan Asma

Selain meningkatkan kecerdasan, ternyata berenang juga dapat membantu seseorang untuk sembuh dari penyakit asma. Terkadang beberapa orang pasti bertanya-tanya, renang kan membutuhkan tarikan napas panjang, bagaimana bisa orang dengan penyakit asma yang napasnya pendek-pendek malah disuruh berenang?
Pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh beberapa pakar kesehatan yang telah melakukan riset yang nyata. Ternyata berenang dapat membuat kelembaban yang dihembuskan oleh napas diganti dengan kelembaban dari air kolam saat berenang.

Sehingga ketika penderita asma berenang, maka tubuhnya secara otomatis akan memperbaiki kinerja paru-paru dalam efisiensi penggunaan oksigen. Selain itu tubuh secara alami akan beradaptasi untuk mengambil udara lebih banyak setiap kali penderita asma bernapas dan ini membuat paru-parunya menjadi lebih sehat.

Terlebih lagi berenang juga dapat menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kinerja jantung. Sehingga manfaat tersebut akan menjadi satu dan menyembuhkan penyakit asma.

 

18. Renang Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Berenang merupakan gerakan dari keseluruhan bagian tubuh, sehingga kelelahan yang didapat setelah berenang akan terbawa saat jam tidur. Untuk itulah berenang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Selain itu dengan berenang maka hormone endorphin dan serotonin yang dihasilkan tubuh dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia, rileks dan tidak stress. Ketenangan suasana hati dan pikiran itulah yang dapat membantu tidur Anda menjadi lebih berkualitas.

Selain itu dari jaman dahulu air dikenal sebagai unsur yang dapat membantu healing process atau proses penyembuhan. Air dapat menjadi media yang ternyata membuat pikiran dan tubuh lebih segar serta fresh, inilah yang dicari oleh beberapa orang dengan penyakit insomnia.

 

19. Renang Memberi Kemungkinan Usia Lebih Panjang

 

Renang Memberi Kemungkinan Usia Lebih Panjang
Renang Memberi Kemungkinan Usia Lebih Panjang

Olahraga, khususnya renang, menurut beberapa studi dapat membantu seseorang meningkatkan usia agar lebih lama. Selain itu memberi manfaat untuk menambah kebugaran tubuh di usia senja.
Seperti beberapa manfaat yang telah disebutkan sebelumnya perihal kesehatan jantung, paru-paru, diabetes dan kolesterol, sudah dapat dipastikan bahwa renang dapat menjadi alternatif penyembuh atau bahkan penangkal penyakit tersebut. Sehingga masa tua akan menjadi lebih sehat.

Selain itu, sudah disebutkan juga bahwa renang dapat menjadi sarana rekreasi dan pereda stress. Pikiran adalah salah satu faktor seseorang dapat dilanda penyakit, sehingga pikiran yang fresh juga dapat menghindarkan seseorang dari penyakit dan membuat harapan hidup menjadi lebih lama.

 

20. Renang Bagi Wanita dan Kecantikan

Selain mampu menjaga tubuh ideal dengan membakar lemak dan kalori ternyata berenang juga mampu mengembalikan tubuh wanita setelah hamil dan melahirkan. Otot-otot yang tadinya kendur, dapat mengencang kembali ketika rutin melakukan olahraga renang.

Selain itu, renang juga dapat mengencangkan bagian G-spot. Proses detoksifikasi di dalam tubuh dapat berjalan lebih lancara dengan olahraga renang.

 

Itulah tadi daftar dari berbagai macam manfaat olahraga renang bagi tubuh menurut hobikusport.com. Jika Anda bukan perenang atau belum bisa berenang, tidak ada salahnya kan berlatih dan memulai saat ini juga.

Adapun beberapa tips sebelum memulai renang adalah melakukan beberapa pemanasan selama 10 hingga 15 menit agar badan tidak kram saat berada di dalam air. Tips selanjutnya adalah saat selesai berenang segera bilas badan Anda dengan sabun dan air bersih, terlebih jika kolam yang digunakan adalah kolam umum.

Untuk mendapatkan manfaat yang diharapkan, ada baiknya untuk melakukan olahraga renang secara rutin. Selamat mencoba!

 

Referensi :
https://manfaat.co.id/manfaat-berenang

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3050672/11-manfaat-luar-biasa-berenang-untuk-tubuh-sehat-dan-bugar

https://doktersehat.com/10-manfaat-berenang/

https://bacaterus.com/manfaat-renang-bagi-tubuh/

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *