20 Jenis Olahraga Air Paling Menyenangkan, Mana Favoritmu?

Olahraga saat ini sudah ada beragam jenisnya, tidak heran jika beberapa diantaranya berasal dari hasil modifikasi olahraga yang sebelumnya sudah ada. Secara umum olahraga terbagi menjadi 2 jenis yaitu olahraga darat dan olahraga air.

Olahraga darat yaitu olahraga yang dilakukan di darat seperti berlari, bersepeda, senam, aerobik dan masih banyak lainnya, sedangkan olahraga air atau akuatik merupakan olahraga yang dilakukan di dalam air. Perlu diketahui jika olahraga air tidak hanya renang saja, ada beragam olahraga air yang cukup terkenal serta beberapa diantaranya terdaftar di perlombaan tingkat dunia.

Lalu apa sajakah olahraga air? Berikut ini adalah beberapa daftar olahraga air yang perlu diketahui:

 

1. Pengertian olahraga air atau akuatik

Olahraga air atau akuatik yaitu olahraga yang dilakukan di air baik itu di atas permukaan air atau kedalaman air. Olahraga air ini bisa dilakukan di laut, sungai, danau atau kolam renang sekalipun.

Ada beberapa jenis olahraga air dilakukan secara individu, berpasangan ataupun berkelompok. Dan setiap olahraga air tersebut tentunya memiliki banyak manfaat, namun juga memiliki resiko tersendiri sehingga dibutuhkan keahlian khusus untuk menguasainya.

 

2. Macam / cabang / jenis olahraga air terbaru, contoh beserta penjelasan dan gambar:

  • Loncat indah
Loncat indah
Loncat indah

Loncat indah atau funcy diving adalah penggabungan antara olahraga senam dengan seni kelenturan tubuh, serta dilakukan secara melompat dari suatu ketinggian untuk kemudian menjatuhkan diri pada kolam air.

Menurut sejarah, loncat indah pertama kali ditemukan di Eropa dan mulai dipertandingkan pada tahun 1905 di Inggris. Pada dasarnya gerakan loncat indah dimulai dari langkah take off kemudian masuk ke dalam air.

Dalam hal ini papan loncat diperlukan sebagai kombinasi dari gerakan waktu di udara setelah take off. Perlu diketahui jika dalam loncat indah terdapat gaya atau teknik yaitu loncat duduk, loncat lurus dan loncat berbaring.

 

  • Polo air
Polo air
Polo air

Polo air termasuk olahraga yang dilakukan secara berkelompok dan membutuhkan kemampuan renang, gulat, permainan bola basket serta sepak bola. Di dalam satu tim terdiri atas enam pemain serta 1 orang sebagai kiper.

Peraturan pada polo air kurang lebih sama dengan sepak bola di mana harus mencetak gol sebanyak mungkin. Menurut sejarah, olahraga polo air sudah ada di Indonesia sejak tahun 1908 dan terus mengalami perkembangan di tahun 1950 sampai dengan 1960an.

Di tahun tersebut olahraga tersebut mulai diperhitungkan di tingkat Asia bahkan dunia Jika ingin bermain polo air dipastikan untuk menguasai semua gaya pada renang dengan baik.

 

  • Olahraga surfing atau selancar di atas ombak laut dengan memanfaatkan gerakan air
surfing
surfing

Olahraga surfing merupakan olahraga popular di dunia namun juga memiliki resiko yang tinggi. Olahraga surfing dilakukan di luar ruangan dengan memanfaatkan ombak laut.

Salah satu persyaratan olahraga ini yaitu dengan menggunakan papan selancar lalu ketika ombak besar datang mulailah untuk berselancar dengan memposisikan tubuh berdiri di atas papan. Mungkin terdengar mudah, namun pada prakteknya olahraga ini membutuhkan keseimbangan serta daya tahan tubuh yang baik serta kemampuan berenang.

Menurut sejarah olahraga surfing ditemukan oleh Joseph Bank yaitu salah satu anak buah kapal HMS Endeavour yang saat itu dipimpin oleh James Cook dalam perjalanan ke benua Amerika saat berlabuh di Tahiti.

Saat itu masyarakat Polynesia menganggap surfing harus dikuasai oleh ketua desa dengan menggunakan papan kayu terbaik, sedangkan masyarakat lain dilarang untuk melakukan surfing di pantai yang sama dengan ketua desa, kecuali mereka mempunyai kemampuan surfing yang sama.

Seiring berjalannya waktu, surfing mulai berkembang di abad 20 terutama di daerah dekat pantai dengan ombak besar seperti yang ada di Australia dan Amerika, akan tetapi orang Hawaii yang memperkenalkan surfing pertama kali sebagai olahraga.

 

  • Renang
Renang
Renang

Renang merupakan salah satu cabang olahraga air, di mana tubuh harus dapat bergerak untuk mengangkat dan mengapung di atas permukaan air. Bagian tubuh utama yang harus digerakkan pada olahraga renang yaitu tangan dan kaki.

Di dalam renang dikenal 4 gaya dasar yaitu renang gaya bebas, renang gaya dada, renang gaya punggung dan renang gaya kupu – kupu.

Tentunya setiap gaya memiliki teknik tersendiri, namun pada dasarnya membutuhkan gerakan tangan dan kaki sebagai gerakan utama. Renang memberikan banyak manfaat salah satunya melatih pernafasan.

 

  • Renang indah
Renang indah
Renang indah

Sesuai dengan namanya, renang indah terfokus pada gerakan senam, keluwesan, keanggunan serta nilai artistik dari sebuah tarian yang dilakukan di dalam air. Keindahan olahraga ini jika dilakukan secara beregu atau bersama – sama membentuk gerakan yang kompak.

Menurut sejarah renang indah pertama kali ada yaitu di Jerman atau sejak awal abad ke 20 dengan menggunakan teknik berenang untuk menyelamatkan orang saat tenggelam. Namun gerakannya dikembangkan kembali oleh atlet polo air bernama Margaret Seller menjadi renang indah.

Di tahun 1907, seorang penari balet dari Australia, Annette Kellerman menunjukan keahlian baletnya dalam sebuah pertunjukan di dalam aquarium besar di New York dan dari pertunjukan tersebutlah renang indah menjadi semakin menarik.

 

  • Jet ski / sky air
Jet ski
Jet ski

Nama jet ski ini merupakan nama dari sebuah merk perahu pribadi dari perusahaan Kawasaki. Jet ski dirancang untuk dapat mengangkut 1 – 2 orang seperti layaknya sepeda atau motor namun dapat berjalan di atas air.

Di tahun 2018, olahraga jet ski masuk sebagai cabang olahraga air terbaru dan mulai saat itu jet ski diperlombakan. Olahraga jet ski mengutamakan kecepatan, keseimbangan serta kemampuan dalam mengendalikan jet ski, bahkan jet ski termasuk olahraga ekstrim yang dapat memacu adrenalin.

Salah satu manfaat dari olahraga jet ski ini yaitu dapat meningkatkan sistem kardiovaskular serta melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

 

  • Arung jeram / rafting
Arung jeram
Arung jeram

Olahraga yang satu ini merupakan gabungan dari segala macam aktivitas seperti petualangan, olahraga, rekreasi hingga edukasi dengan cara mengarungi sungai berjeram menggunakan perahu karet.

Dalam melakukan arung jeram atau rafting dibutuhkan kekompakkan antar individu atau seluruh anggota tim, agar dapat melewati semua rintangan yang ada di sungai.

Arung jeram termasuk olahraga yang memiliki resiko tinggi namun selama proses jika mengikuti semua aturan, memahami semua teknik serta mengetahui sifat – sifat sungai, resiko tersebut bisa diminimalisir.

 

  • Menyelam snorkeling atau diving yang menyenangkan misal di Bali , Tanjong Benoa
snorkeling
snorkeling

Perlu diketahui sebelumnya jika snorkeling dan diving memiliki perbedaan. Snorkeling merupakan aktivitas berenang pada permukaan air yang tidak terlalu dalam dengan menggunakan alat bantu berupa kacamata selam, snorkel serta kaki katak (fin).

Bahkan untuk yang tidak dapat berang pun masih bisa snorkeling dengan menggunakan jaket pelampung. Sedangkan untuk diving yaitu menyelam ke dalam air dengan cara menahan nafas dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu untuk dapat melakukan diving dibutuhkan sertifikat khusus penyelam. Namun kedua olahraga tersebut sama – sama memberikan manfaat berupa pengetahuan mengenai kehidupan bawah air secara dekat.

Tidak heran jika diving membutuhkan sertifikat khusus sebab para penyelam harus mengamati kehidupan bawah laut secara terperinci yang memakan waktu lama.

 

  • Senam air / Water gymnastics
Senam air
Senam air

Meskipun sudah berusia lanjut olahraga masih boleh dilakukan namun tidak dalam tingkatan yang berat. Tidak heran jika saat ini telah dikembangkan variasi olahraga baru yang dikenal dengan nama senam air atau water gymnastics yang tentunya sangat aman dilakukan oleh orang lanjut usia sekalipun.

Pada dasarnya gerakan senam air sama seperti gerakan senam pada umumnya hanya saja dilakukan di dalam air. Bagi penderita osteoporosis, sakit sendi, cedera hingga penyempitan tulang belakang dianjurkan untuk melakukan olahraga ini.

Sebab di dalam air tubuh akan ditopang oleh daya apung serta arus air sehingga mengurangi tekanan untuk setiap gerakan serta resiko cedera juga berkurang.

 

  • Kano air membutuhkan tenaga ekstra
Kano
Kano

Tidak banyak yang tahu mengenai olahraga yang satu ini termasuk di Indonesia. Kano termasuk salah satu jenis olahraga air dengan menggunakan perahu berukuran kecil di mana setiap ujungnya berbentuk lancip dan untuk bergerak harus dengan cara didayung.

Karena berukuran kecil kapasitas perahu hanya mampu menampung 1 atau 2 orang saja. Olahraga kano membutuhkan tenaga lebih sebab terfokus pada kecepatan saat mendayung perahu dan juga keseimbangan.

Tidak heran jika kano sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan otot lengan serta mampu membakar lemak di dalam tubuh.

 

  • Synchronized diving
Synchronized diving
Synchronized diving

Synchronized diving merupakan sebuah olahraga air di mana terdapat dua orang secara bersama – sama melompat untuk masuk ke dalam air. Sebelum masuk ke dalam air, mereka harus berdiri pada sebuah papan dengan lebar 3 meter dan tinggi 10 meter.

Synchronized diving telah masuk ke dalam perlombaan Olympic games sejak tahun 2000 saat diadakan di Sydney Australia. Dalam sebuah perlombaan dilakukan sekitar 5 atau 6 putaran, tergantung dari acara.

Setiap peserta boleh menampilkan gaya bebas apapun saat memasuki putaran ke 3 atau 5.

 

  • Parasailing
Parasailing
Parasailing

Parasailing atau paralayar termasuk olahraga rekreasi yang membuat seseorang dapat melayang di udara dengan menggunakan parasut khusus yang ditarik dengan menggunakan kapal.

Saat kapal melaju dengan kecepatan tertentu, parasut tersebut akan terangkat ke udara bersama dengan orang yang berada di dalam parasut tersebut. Di Bali parasailing menjadi olahraga paling populer

Di sini setiap orang akan dipakaikan rompi di badan, dan rompi tersebut akan disambungkan dengan parasut. Parasut tersebut akan terkait dengan kapal sehingga ketika kapal bergerak berlawanan dengan arah angin, maka parasut akan terbang ke atas.

Parasailing membutuhkan keberanian sebab saat melakukan ini peserta akan terbang di atas laut.

 

  • Yachting
Yachting
Yachting

Sebelumnya yacht adalah istilah yang dipakai untuk sebuah kapal yang memiliki bobot ringan serta dapat melaju dengan cepat untuk mengantar orang – orang penting.

Seiring berjalannya waktu istilah tersebut digunakan menjadi nama kapal yang menggunakan layar untuk pendorongnya dan hanya digunakan untuk sekedar hobi atau perlombaan yacht.

Sedangkan yachting bisa digunakan untuk mengartikan beberapa hal seperti berlayar sore, balapan kapal dengan menggunakan perahu kecil, mengisi waktu luang dengan berlayar serta berlayar mengelilingi dunia.

Yachting sudah mulai diperlombakan salah satunya yaitu Kompetisi Bermuda, di mana kompetisi ini merupakan tingkat dunia dan sudah ada sejak tahun 1906, diselenggarakan setiap 2 tahun sekali.

 

  • Wakeboarding
Wakeboarding
Wakeboarding

Wakeboarding adalah sebuah olahraga air yang menggabungkan olahraga snowboarding, skateboarding, serta surfing. Wakeboarding dilakukan di atas papan khusus mirip snowboard, kemudian peserta akan berpegangan pada pegangan khusus yang ditarik menggunakan speed boat berkecepatan tinggi.

Cara bermainnya tidak berbeda dengan ski air, namun dilakukan di atas air yang berombak. Terdengar mudah, namun wakeboarding termasuk olahraga ekstrim sehingga butuh latihan khusus seperti kekuatan lengan dan keseimbangan serta keberanian saat melakukannya.

Wakeboarding akan terasa menantang jika setiap trik sudah dipahami terutama bagi para pemain wakeboarding profesional.

 

  • Wakeskating
Wakeskating
Wakeskating

Wakeskating adalah bentuk modifikasi dari wakeboarding. Namun yang membedakannya yaitu jika pada wakeboarding kaki peserta akan tertahan pada papan seluncur, sedangkan pada wakeskating kaki tidak melekat pada papan sehingga papan bisa lepas sewaktu – waktu dari kaki dan itulah yang membuat wakeskating semakin menantang.

Sebagai gantinya, permukaan papan dilapisi oleh grip tape seperti yang ada pada skateboard berupa busa EVA untuk menghindari tabrakan serta memungkinkan peserta bertelanjang kaki saat berdiri di atas papan.

Peserta akan ditarik dengan kecepatan 16 -22 mil/jam namun hal tersebut tergantung dari kondisi air, berat peserta dan kemampuan peserta.

 

  • Memancing
Memancing
Memancing

Memancing menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang tidak heran jika kegiatan ini menjadi hobi serta olahraga yang dilakukan di luar ruangan. Memancing bisa dilakukan di sungai, danau, laut atau sumber air lainnya yang menjadi tempat tinggal ikan.

Bagian menyenangkan dari kegiatan memancing ini jika berhasil memancing ikan tersebut, namun pada kenyataannya memancing ikan tidak semudah yang dikira. Saat umpan berhasil dimakan dan mata kail tersangkut oleh ikan, di sinilah kemampuan pemancing diperhitungkan.

Kekuatan lengan dan kaki serta kecepatan saat menggulung benang pancing harus dimiliki terutama bagi pemancing yang menargetkan ikan berukuran besar. Tidak heran jika saat ini memancing menjadi olahraga baru yang menyenangkan dan juga memiliki manfaat untuk melatih kesabaran.

 

  • Boating
Boating
Boating

Boating merupakan aktivitas mengelilingi atau menjelajah menggunakan perahu atau alat transportasi kapal yang digerakkan oleh mesin ataupun tenaga manusia. Aktivitas boating sendiri ada beragam bentuknya seperti paddlesport (kano, kayak), sailing (sailing boat kecil, daysailers, crusing sailboats), freshwater fishing boats, watersport boats or skiboats (wakeboarding, water skiing, wake surfing).

Tidak heran jika boating memerlukan biaya yang tidak sedikit serta keahlian khusus untuk dapat mengendalikan kapal atau perahu.

 

  • Stand up paddle surfing
Stand up paddle surfing
Stand up paddle surfing

Stand up paddle surfing adalah salah satu modifikasi dari olahraga surfing atau selancar. Sesuai namanya olahraga air ini mengharuskan pengguna untuk berdiri pada sebuah papan surfing sambil menggerakkan dayung untuk mengatur kecepatan serta arah gerak papan.

Stand up paddle surfing sudah ada sejak tahun 1993, olahraga air yang disingkat SUP ini masih terdengar jarang di Indonesia. Star Board adalah perusahaan pertama yang memperkenalkan papan SUP tepatnya di Peru lalu mulai berkembang di Amerika Selatan saat diperkenalkan oleh penjelajah bernama Thor Heyedahls hingga akhirnya sampai di Hawaii.

Berbeda dengan surfing, SUP sangat mudah dilakukan oleh siapa saja dan tidak harus dilakukan di atas laut.

 

  • Dayung
Dayung
Dayung

Dayung mungkin sudah tidak asing ditelinga sebagian besar masyarakat. Olahraga dayung biasanya dimainkan oleh sebuah regu yang terdiri atas 7 orang pendayung.

Sudah sejak dahulu perahu dayung menjadi alat transportasi air yang sangat populer, hingga akhirnya olahraga dayung mulai diperlombakan. Sekitar tahun 1880-an diadakanlah perlombaan Canoe dan Pembuatan Perahu oleh para amatir, yang saat itu kano diartikan sebagai perahu panjang dengan ukuran yang sempit, bagian ujungannya dibuat runcing serta terdapat dayung sebagai alat penggeraknya.

Seiring berkembangnya zaman, lomba kano ini mulai diselenggarakan di berbagai negara hingga akhirnya pada abad ke 16 lomba kano berubah menjadi olahraga dayung modern. Adapun teknik dari olahraga dayung antara lain dayung maju, dayung mundur, dayung geser kiri, dayung geser kanan, dayung kanan mundur, dayung kiri mundur dan berhenti.

 

  • Kayak
Kayak
Kayak

Kayak menjadi popular untuk pertama kalinya di Amerika Utara karena digunakan sebagai mode transportasi untuk berburu di tanah pedalaman. Awal mulanya kayak dibuat dari kulit anjing laut dengan kerangka ikan paus.

Saat ini kayak banyak dibuat dari bahan kayu, fiberglass, plastik atau kevlar. Sekilas kayak mirip dengan kano akan tetapi ukuran dayung yang digunakan tidaklah sama. Kayak hanya dapat mengangkut maksimal 2 orang saja namun dapat melaju lebih cepat jika dibandingkan dengan kano.

Selain itu bentuk kayak akan menutupi bagian kaki pendayung saat duduk di atasnya, sehingga kaki akan terlindungi dan tidak akan basah jika diterjang ombak.

Itulah tadi beberapa contoh dari https://hobikusport.com/ tentang olahraga air yang bisa diikuti dan tidak ada salahnya untuk dicoba. Bagi yang suka tantangan olahraga air bisa menjadi alternatif lain untuk mencoba olahraga baru dan pastinya bisa menambah pengalaman di bidang olahraga.

Namun yang perlu diperhatikan untuk selalu berada di bawah pengawasan profesional sebelum mencoba olahraga air, karena bukan tidak mungkin jika olahraga air memiliki resiko yang amat tinggi.

 

Referensi:

https://olahragapedia.com/olahraga-air-yang-menyenangkan

https://www.alifastore.com/blog/16_mengenal-sedikit-tentang-renang-indah-balet-d

https://gurupenjaskes.com/olahraga-polo-air

http://extremeina.com/stand-up-paddle-surfing-cara-lain-menikmati-ombak/

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *