Olahraga Bridge : Asah Kecerdasan Ala CEO Kelas Dunia !!

Jika mendengar istilah olahraga pasti yang ada di benak yaitu membutuhkan kekuatan serta ketahanan fisik untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun seiring berjalannya waktu, olahraga tidak hanya membutuhkan fisik saja.

Beberapa di antaranya justru membutuhkan strategi atau kemampuan menganalisis yang tinggi tanpa melibatkan latihan fisik yang berat, seperti olahraga catur. Selain catur ada olahraga lain yang juga membutuhkan kemampuan otak yaitu olahraga bridge.

Dapat dikatakan jika olahraga bridge masih terlalu asing bagi masyarakat di Indonesia, padahal bridge sudah lama ada bahkan sudah memiliki organisasi resmi yang bernama World Bridge Federation (WBF). Di sini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai apa itu olahraga bridge hingga tokoh terkenal yang gemar bermain bridge. Mari kita simak!

 

1. Apa itu cabang olahraga bridge / bridge sport artinya adalah

olahraga bridge
olahraga bridge

Olahraga bridge merupakan permainan kartu yang membutuhkan kemampuan otak dalam memainkannya. Seperti yang dijelaskan di atas jika olahraga bridge sama seperti catur yang membutuhkan kecerdasan otak, hanya saja bridge dilakukan secara berpasangan atau tim.

Menurut sejarah olahraga bridge sudah ada sejak abad ke 16 di Inggris namun tidak memiliki aturan khusus dalam memainkannya atau dapat dikatakan bahwa bridge hanya permainan kartu biasa. Barulah di abad ke 18, mulai diberlakukan peraturan baku khusus permainan bridge.

Diperkirakan jika olahraga bridge masuk ke Indonesia sekitar tahun 1880 yang pada waktu itu dibawa oleh bangsa Belanda. Di Indonesia, bridge memiliki organisasi resmi yang didirikan oleh perwira TNI AL, Willy Th. Rohing bernama Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GBSI) di tahun 1953. Di tingkat dunia sendiri bridge sudah diperlombakan pada The WBF Championship dan WBF Online Tournaments.

 

2. Apakah bridge sama dengan permainan kartu remi?

Mungkin beberapa dari kita berpikir apakah bridge sama dengan permainan kartu remi, dan jawabannya adalah tidak. Perbedaan tersebut sudah jelas terlihat dari jumlah pemain, jika bridge dilakukan oleh 4 pemain sedangkan remi bisa 2 – 4 pemain.

Lalu jumlah kartu yang dibagikan juga berbeda, jika permainan remi setiap pemain akan mendapatkan 7 kartu sedangkan bridge setiap pemain memperoleh 13 kartu. Ada aturan khusus yang dimiliki oleh bridge yaitu adanya deal, bid dan play.

 

3. Cara bermain bridge

Istilah dalam permainan bridge

Sebelum mengetahui cara bermain bridge, perlu diketahui terlebih dahulu istilah – istilah yang digunakan dalam permainan bridge. Sehingga akan lebih mudah mengetahui cara bermain bridge nantinya.

  • Suit / warna
kartu bridge suit
kartu bridge suit

Seperti yang kita ketahui jika kartu remi mempunyai 2 warna serta 4 simbol yang berbeda untuk setiap kartu. Simbol tersebut yaitu spade atau skop (hitam), heart atau hati (merah), diamond atau wajik (merah) dan clover atau keriting (hitam). Dan setiap kartu memiliki nilai serta angka yang berbeda – beda pula.

  • High card point (HCP)
kekuatan kartu bridge
kekuatan kartu bridge

Setiap kartu remi memiliki nilai tersendiri. Sedangkan di dalam permainan bridge A, K, Q dan J memiliki point berbeda – beda yakni A (Ace) berpoin 4, K (King) berpoin 3, Q (Queen) berpoin 2 dan J (Jack) berpoin 1. Keempat kartu tersebut dikenal dengan istilah kartu raja atau high cards, sedangkan kartu yang memiliki angka 10 – 2 mempunyai poin 0 atau dikenal dengan istilah kartu biasa.

  • Contract

Kontrak merupakan jenis serta tingkatan permainan yang diputuskan oleh Declarer untuk dimainkan pada satu deal.

  • Role

Pada bridge, role atau peran dipengaruhi oleh kontak yang telah disepakati. Masing – masing peran memiliki tugas yang berbeda dan peran tersebut antara lain declarer, dummy, dan defender.

  • Trick

Apabila seluruh pemain telah mengeluarkan atau memainkan sebuah kartu dalam 1 putaran ini disebut dengan trick. Maksimal jumlah trick yang digunakan dalam satu pertandingan bridge yaitu sebanyak 13.

Trick terjadi jika salah satu pemain mempunyai nilai kartu tertinggi pada sebuah putaran. Bagi pemenang dan pasangannya kartu diletakkan secara vertikal atau tegak dan yang kalah harus meletakkan kartu secara mendatar atau horizontal.

 

Cara bermain bridge

Bridge dimainkan olah 4 orang pemain yang terbagi menjadi 2 tim. Setiap pasangan atau tim akan duduk secara berhadapan seperti pemain yang duduk di utara dan selatan serta pemain yang duduk di barat dan timur.

Sehingga dapat disimpulkan jika tim yang duduk di utara dan selatan akan melawan tim yang duduk di timur dan barat. Berikut ini adalah tahapan bermain bridge:

  • Deal

Pemain yang berada di samping kanan pembagi kartu memiliki tugas mengocok kartu terlebih dahulu. Lalu pembagi kartu atau dealer membagikan satu per satu kartu ke setiap pemain searah jarum jam dalam keadaan kartu tertutup hingga setiap peserta mendapatkan kartu sebanyak 13 buah. Untuk dealer akan di gilir setiap ronde dan dimulai dari sisi kiri dealer sebelumnya.

  • Bidding

Bidding adalah cara untuk menentukan siapa yang akan menjadi declarer atau pemegang kontrak. Dalam hal ini pemain yang mampu memberikan penawaran tinggi tentang berapa trik yang bisa dimenangkan (minimal 7 trik dan maksimal 13 trik).

Jika bidding selesai, tim yang kalah menjadi defender atau pemain yang harus menggagalkan kontrak yang dibuat. Tentunya dalam melakukan bidding tidak bisa dilakukan sembarangan, maka susunlah strategi agar mendapatkan kontrak tersebut.

  • Play

Apabila kontrak telah disetujui, pemain yang duduk di samping kiri declarer mulai untuk mengeluarkan kartu pertama yang dikenal dengan istilah opening lead. Jika pemain pertama yang berhasil mengeluarkan kartu pertama untuk setiap putaran trick merupakan pemain pemenang trick di putaran sebelumnya atau lead.

Selanjutnya jika pemain lawan mengeluarkan kartu pertama, dummy akan meletakkan kartu secara terbuka di atas meja. Kartu yang diletakkan harus disusun berdasarkan warna dan nilai masing – masing kartu.

Jika di dalam contract disepakati no trump, berarti kartu disusun mulai dari yang terbesar di sebelah kanan sampai dengan yang terkecil di kiri (spade – heart – diamond – club). Namun jika contract yang disepakati yaitu trump, maka kartu di kanan yaitu warna kartu yang sesuai dengan trump pada contract dan sesuai dengan urutan kartu pada umumnya.

Kemudian declarer menginstruksikan dummy untuk mengeluarkan kartu yang akan digunakan pada putaran tersebut. Setiap pemain wajib mengeluarkan kartu berdasarkan jenisnya yang telah dikeluarkan oleh pihak lead di awal putaran. Namun apabila tidak ada kartu yang sesuai maka diperbolehkan mengeluarkan kartu apapun atau dikenal dengan nama discard.

Permainan terus berlanjut sampai semua kartu di tangan habis dalam 13 putaran atau 13 trick. Dilanjutkan dengan perhitungan apakah declarer bisa menyelesaikan kontraknya atau tidak.

Di sini jika trick lebih besar atau sama dengan kesepakatan contract, maka tim declarer dan dummy menang. Apabila trick lebih kecil atau sama dengan kesepakatan contract maka tim dari defender memperoleh poin.

 

4. Macam bridge

  • Contract bridge
contract bridge
contract bridge

Contract bridge atau bridge adalah permainan kartu dengan menggunakan kartu remi sebanyak 52 buah. Dasar permainan ini hanya bisa dimainkan oleh 2 tim di mana setiap tim terdiri atas 2 pemain.

Jutaan orang bermain jenis kartu contract bridge ini, tidak heran jika bridge ini sangat populer di seluruh dunia. Dalam contract bridge pemain harus membuat perjanjian atau kontrak terlebih dahulu untuk kemudian melakukan penawaran untuk memperoleh kontrak tersebut.

Untuk memperolehnya harus melakukan trick. Permainan berakhir jika kartu di tangan pemain telah habis dalam 13 trick.

  • Rubber bridge
rubber bridge
rubber bridge

Sedangkan untuk rubber bridge adalah jenis permainan bridge di mana terdapat kontrak dan dimainkan oleh 2 pasangan. Masing – masing pasangan saling bersaing untuk memperoleh nilai tertentu.

Rubber bridge berakhir jika salah satu pasangan menjadi pemenang sebanyak 2 kali pertandingan. Namun jika terjadi seri maka dilakukan pertandingan ketiga untuk memperoleh pemenang dengan memperoleh nilai 100 ataupun nilai lebih yang bisa berasal dari kontrak atau penjanjian lainnya.

Awal permainan 1 pak kartu akan diletakkan di atas meja dan disebar secara mendatar dengan posisi kartu menghadap ke bawah. Setiap pemain mengambil salah satu kartu (bukan bagian ujung) untuk menentukan siapa yang memperoleh nilai tertinggi.

Bagi yang memperoleh nilai paling tinggi bebas untuk memilih tempat duduk dan menjadi pemain pertama sedangkan yang memperoleh nilai tertinggi kedua menjadi dealer, sedangkan sisanya menjadi lawan.

 

5. Cabang olahraga bridge di Asian Games

Asian Games di tahun 2018, cabang olahraga bridge hampir tidak diikutsertakan dalam pertandingan. Hal ini karena bridge bukan cabang olahraga yang diperlombakan pada Olimpiade.

Namun pada akhirnya bridge berhasil masuk di Asian Games berkat Indonesia selaku tuan rumah Asian Games 2018. Tentu perjuangan untuk memasukkan bridge ke dalam pertandingan Asian Games tentu tidaklah mudah.

Proses izin tersebut dimulai dengan membuat dua tim, tim pertama melobi Olympic Council of Asia (OCA) sedangkan tim lain bertemu dengan pemerintah dan KONI. Menurut presiden OCA, bridge adalah permainan judi sehingga dilarang untuk melombakannya terutama di negara muslim namun setelah dilakukan penjelasan dan dibantu oleh negara Kuwait akhirnya disetujui.

 

Olahraga bridge Indonesia: Michael Bambang Hartono di Asian Games 2018

Michael Bambang Hartono
Michael Bambang Hartono

Untuk cabang olahraga bridge ini Indonesia berhasil mendapatkan perunggu setelah dikalahkan oleh tim dari Tiongkok. Namun hal yang menarik perhatian dari olahraga ini yaitu, nomor Supermixed Team Asian Games 2018 yang memperoleh perunggu ini diikuti oleh Michael Bambang Hartono atau biasa dipanggil Bambang Hartono merupakan atlet tertua dari cabang olahraga bridge.

Diketahui jika Bambang Hartono merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia dan merupakan salah satu pemilik Djarum, memiliki kekayaan sebesar Rp 225 triliun. Menurutnya permainan bridge mencegah dirinya dari kepikunan karena itu beliau harus mengasah otaknya setiap hari.

 

6. Peralatan / perlengkapan olahraga bridge

  • Apa yang dimaksud kartu bridge?

Kartu bridge atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama kartu remi merupakan sekumpulan kartu yang memiliki ukuran sekitar telapak tangan dan sering digunakan untuk permainan kartu, sulap, permainan papan dan lain sebagainya. Nama remi sendiri merupakan salah satu jenis permainan kartu.

Di dunia ini setidaknya ada sekitar 1001 jenis permainan kartu, namun yang paling terkenal di banyak negara yaitu poker, casino, solitaire dan bridge. Seperti yang kita tahu, kartu bridge mempunyai 52 lembar dan terbagi menjadi 4 suit atau jenis dan 2 warna, merah untuk hati (heart) dan diamond (wajik) serta hitam untuk skop (spade) dan keriting (clover). Selain itu terdapat kartu AS dan kartu angka 2 hingga 10.

 

7. Tokoh dunia yang suka bermain bridge dan alasannya

Selain Bambang Hartono, ada beberapa tokoh dunia yang juga memiliki kegemaran bermain bridge, siapa sajakah itu:

  • Warren Buffet
Warren Buffet
Warren Buffet

Satu lagi orang terkaya di dunia yang dikenal sebagai bos saham dunia, Warren Buffet. Warren Buffet dikenal sebagai pemain bridge ulung, tidak heran jika ia rutin bermain bridge hingga 8 jam dalam seminggu atau 4 kali pertemuan dan setiap pertemuan selama 2 jam. Buffet beranggapan jika bridge adalah olahraga terbaik untuk mengasah otak.

  • Bill Gates
Bill Gates
Bill Gates

Siapa yang tidak kenal milyarder satu ini yang ternyata memiliki kegemaran bermain bridge. Bill Gates mengaku jika menyukai bridge sejak kecil, bahkan ia juga sempat bertemu dengan Buffet untuk memainkan bridge saat melakukan perjalanan bersama pasangan di tahun 1995.

  • David Einhorn
David Einhorn
David Einhorn

Satu lagi orang terkaya di dunia yang memiliki hobi bermain bridge, David Einhorn. Meskipun telah lanjut usia, David Einhorn sering mengikuti turnamen – turnamen bridge di seluruh dunia. Ia juga pernah memenangkan pertandingan poker dunia lalu menyumbangkan seluruh uang yang diperoleh sebesar 4,3 juta dollar ke yayasan amal.

Demikian penjelasan https://hobikusport.com/ mengenai olahraga bridge. Ternyata olahraga tidak harus dilakukan dalam bentuk latihan fisik saja, kemampuan otak juga harus diperhatikan.

Bagi yang ingin mendapatkan manfaat dari olahraga bridge ini, tidak ada salahnya untuk dicoba.

 

Referensi:

https://sportku.com/read/32105/yuk-kenali-olahraga-bridge

https://review.bukalapak.com/sports/mengenal-olahraga-bridge-100357

https://juara.bolasport.com/read/321494047/mengenal-bridge-salah-satu-permainan-dalam-asian-games-2018

https://www.jatikom.com/2018/10/pengertian-sejarahdasar-permainan-olahraga-bridge.html

https://swara.tunaiku.com/kariersukses/5-orang-sukses-di-dunia-yang-hobi-bermain-bridge-dan-bantu-asah-insting-bisnis

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *