19 Perlengkapan Renang Ini Bikin Betah Berenang (Tanpa Pakai Semua)

Olahraga renang tidak hanya populer di kalangan orang dewasa, anak-anak pun juga suka berenang. Tidak ada yang tidak suka bermain air kan? Tua, muda, lelaki, perempuan semuanya menjadi lebih fresh setelah bermain air.

Tak hanya itu, berenang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah baik untuk kesehatan pernapasan, menjaga jantung, memperkuat otot tubuh, membantu saraf motorik pada bayi dan anak, dan masih banyak lagi.

perlengkapan renang
perlengkapan renang

Selain teknik, berenang juga membutuhkan beberapa peralatan pendukung agar olahraga yang dilakukan dapat menjadi lebih maksimal. Terlebih untuk anak kecil, peralatan tersebut dapat digunakan untuk melatih dan menjaga keselamatan mereka saat berenang.

Nah, berikut ini adalah beberapa peralatan atau perlengkapan renang yang diperlukan dan beberapa di antaranya wajib dibawa, termasuk detail ukuran kolam renang itu sendiri.

 

1. Ukuran Kolam Renang Dewasa vs Anak

Membandingkan ukuran kolam renang dewasa dengan anak tentu saja hal yang paling utama terlintas adalah kedalamannya. Untuk dewasa kedalaman yang umum digunakan adalah 1,4 meter hingga 2 meter dan untuk anak adalah 50 cm hingga 60 cm.

Sedangkan ukuran panjang dan lebar lebih bervariasi, tergantung fungsi dan letak masing-masing kolam. Untuk kolam renang pribadi, ukuran dapat disesuaikan dengan luas lahan rumah atau yang paling umum digunakan adalah 3×7 meter atau 4×8 meter.

Ukuran Kolam Renang Dewasa
Ukuran Kolam Renang Dewasa

Begitu pun jika kolam renang untuk wahan rekreasi khusus tentu saja ukurannya jauh lebih besar dengan beragam bentuk. Minimal luas yang diperlukan adalah 25 m2.

Sedangan untuk standar ukuran kolam renang menurut Badan Organisasi Renang Nasional adalah panjang 50 meter, lebar 25 meter, kedalaman 2 meter dan lebar lintasan 2.5 meter dengan 8 lajur lintasan.

kolam renang anak
kolam renang anak

Untuk kedalaman standar nasional dan internasional sedikit berbeda. Kedalaman kolam renang dengan standar internasional adalah minimal 1.35 meter, dimulai dengan 1 meter dari lintasan pertama hingga 6 meter dihitung dari dinding kolam dengan menggunakan balok start.

Pada kolam renang berstandar nasional maupun internasional, suhu air dalam kolam juga ditentukan, yaitu 25 hingga 28 derajat celcius.

 

2. Pelampung / Life Buoy Renang (Sebaiknya Pakai Untuk Yang Masih Belajar Berenang)

Salah satu peralatan renang yang paling dikenal oleh sebagian besar orang adalah pelampung atau lifebuoy. Alat ini terbuat dari bahan plastik atau busa yang dapat mengapung.

Dapat digunakan oleh siapa saja, pelampung renang memiliki banyak varian ukuran, bentuk dan warna. Selain membantu untuk badan agar tetap terapung, pelampung juga dapat digunakan untuk melatih kekuatan otot kaki.

Banyak yang beranggapan bahwa pelampung hanya digunakan oleh orang yang baru belajar berenang. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena orang yang sudah bisa berenang pun masih dapat menggunakan pelampung untuk melatih kekuatan otot kaki atau mengistirahatkan tangan.

Hanya saja dengan menggunakan pelampung dapat membuat kaki menjadi cepat lelah karena proses berenang tidak dibantu dengan otot tangan, hanya mengandalkan otot kaki.

 

3. Kacamata Renang (Sebaiknya Anda Pakai)

Kacamata Renang
Kacamata Renang

Untuk melindungi mata Anda dari kandungan senyawa klorin yang tercampur di dalam air kolam renang maka disarankan untuk memakai kacamata renang. Selain itu kacamata ini juga berfungsi untuk membantu penglihatan di dalam air agar menjadi lebih jelas.

Tips yang perlu diperhatikan dalam memilih kacamata renang adalah pilih yang mengikat pas pada mata Anda. Jangan gunakan kacamata yang terlalu ketat atau terlalu longgar.

Kacamata renang yang terlalu sempit dapat menekan kepala dan membuat sedikit pusing. Sementara itu jika terlalu longgar dapat membuat air masuk ke sela-sela kacamata dan membuat mata menjadi perih, mudah iritasi dan tidak dapat melihat dengan lebih jelas saat berenang.

 

4. Kaos dan Celana Renang Pria (Sebaiknya Pakai Untuk Pria)

Baju renang atau celana renang adalah pakaian yang dirancang dengan khusus agar dapat digunakan di dalam air. Bahan yang digunakan untuk membuat celana renang memiliki kemampuan menyimpan air yang sangat minim, atau istilah lainnya tidak mudah menyerap air.

Beberapa pria memang jarang menggunakan kaos saat berenang, mereka memilih hanya menggunakan celana saja. Celana yang dipilih tentu saja diharapkan tidak menganggu aktivitas selama di dalam air dan pas di badan.

 

5. Baju Renang Wanita (Sebaiknya Pakai Untuk Wanita)

Baju Renang Wanita
Baju Renang Wanita

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih baju renang wanita tentu saja adalah ukuran yang pas di badan. Hindari memilih baju renang yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Ada baiknya memilih baju renang yang pas dengan lekuk tubuh agar saat berada di dalam air baju tidak terasa bergoyang. Saat baju tidak pas, bisa jadi akan terasa seperti hendak lepas dan tentu saja jadi tidak nyaman memakainya.

Ada banyak jenis baju renang yang dapat digunakan oleh wanita. Beberapa di antaranya adalah bikini, tankini, monokini, one piece, surf suit, burqini dan fatkini.

Burqini atau di Indonesia lebih dikenal dengan baju renang muslim, memang populer pada beberapa tahun terkahir ini. Model ini lebih tertutup dan dilengkapi dengan hijab, membuat lebih nyaman digunakan terlebih di pantai dengan banyaknya sinar matahari.

 

6. Baju Renang Anak Laki (Sebaiknya Pakai Untuk Anak Lelaki)

Bahan untuk baju renang untuk di dalam air yang paling sesuai untuk anak adalah lycra. Selain berbahan nyaman untuk anak, lycra juga memiliki kemampuan untuk menyimpan warna pakaian agar tidak mudah pudar.

Karena baju renang anak lelaki lebih fleksibel, maka yang dibutuhkan umumnya hanya celana renang dan kaus dalam bila perlu. Untuk celana renangnya dapat ditemukan di beberapa toko olahraga maupun toko peralatan renang.

 

7. Baju Renang Anak Perempuan (Sebaiknya Pakai Untuk Anak Perempuan)

Baju Renang Anak Perempuan
Baju Renang Anak Perempuan

Seperti halnya celana renang anak laki-laki, baju renang khusus anak perempuan juga dapat menggunakan pilihan bahan lycra. Hanya saja untuk model baju renang anak perempuan lebih bervariasi daripada anak laki-laki, begitu pun warnanya.

Model baju renang anak perempuan memang hampir mirip dengan baju renang wanita dewasa. Beberapa di antaranya adalah model bikini, one piece, bahkan ada juga model untuk gadis cilik yang berhijab.

 

8. Topi Renang (Tidak Harus Pakai)

Untuk mengurangi paparan kandungan klorin pada air kolam renang pada rambut, ada baiknya untuk perenang menggunakan topi renang. Topi ini dapat digunakan oleh wanita, pria, dewasa maupun anak-anak.

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari topi ini adalah dapat memudahkan ketika berenang di dalam air. Dapat dibayangkan jika rambut panjang yang tergerai tanpa topi akan membuat gerakan saat berenang menjadi lebih terbatas.

Memiliki bahan khusus, topi renang tidak menyerap air, bahkan topi ini dapat membantu Anda membuka alur air atau memotong air karena bahannya yang licin. Untuk itu ada baiknya memilih topi renang yang menggunakan bahan latex.

 

9. Kaki Katak / Fins Renang (Tidak Harus Pakai)

Kaki Katak
Kaki Katak

Salah satu peralatan renang yang dapat membuat kaki melesat lebih jauh adalah kaki katak atau fins. Alat ini dapat membuat tendangan kaki Anda menjadi lebih kuat dan dapat menempuh jarak yang lebih jauh.

Seperti halnya sepatu yang digunakan untuk berjalan, fins juga digunakan di telapak kaki. Hanya saja bentuknya seperti kaki katak yakni memiliki ujung yang lebih panjang dan melebar.

Fins memang dapat membuat tendangan dalam air menjadi lebih berat. Hanya saja ketika menendang, maka tendangan yang dihasilkan memiliki kekuatan lebih, sehingga dorongan yang besar di dalam air tersebut dapat membuat Anda melesat lebih jauh bila dibandingkan dengan tidak menggunakan kaki katak.

 

10. Sunblock Renang (Tidak Harus Pakai)

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, perlengkapan renang yang selanjutnya perlu digunakan adalah sunblock renang. Sunblock dengan kandungan UV protectionnya dapat melindungi kulit agar tidak terbakar ataupun gosong.

Sunblock yang digunakan untuk berenang ada baiknya adalah sunblock yang memang tahan air atau waterproof sehingga tidak mudah luntur. Hanya saja beberapa produk tersebut agak sulit dibersihkan dengan air sehingga membutuhkan cleanser khusus.

Jika tidak menggunakan sunblock waterproof, maka sudah seharusnya produk sunblock tersebut dioleskan lebih dari sekali dengan tenggat waktu berbeda.

 

11. Handuk Renang (Sebaiknya Bawa)

Handuk Renang
Handuk Renang

Salah satu alat yang juga tidak boleh ditinggalkan saat berenang adalah handuk renang. Handuk ini sebenarnya tidak berfungsi untuk mengeringkan badan setelah mandi, namun fungsi utamanya adalah mengeringkan badan sesaat setelah Anda keluar dari kolam renang.

Setelah berenang tentu badan akan menjadi basah kuyup bukan? Ada baiknya untuk segera mengeringkan badan agar tubuh tidak berada dalam kondisi basah kuyup yang terlalu lama agar daya tahan tubuh tidak berkurang.

Selain itu handuk renang juga dapat digunakan sebagai selimut agar badan tidak mengalami masuk angin karena terlalu lama berada di luar kolam dalam keadaan basah.

 

12. Baju Ganti (Sebaiknya Bawa)

Baju ganti memang diperlukan jika Anda selesai pergi berenang, terlebih jika membawa anak yang tidak menggunakan baju renang khusus. Ada baiknya menyiapkan baju ganti, termasuk baju dalam satu stel, baik celana dalam maupun kaos dalam.

Baju ganti yang bersih dapat dipakai setelah membilas badan atau mandi. Tentu saja Anda dapat menggunakan baju yang digunakan sebelum mengganti dengan baju renang, namun alangkah baiknya badan yang sudah bersih setelah mandi dibalut dengan baju yang masih bersih juga.

 

13. Peralatan Mandi (Sebaiknya Bawa)

Peralatan Mandi
Peralatan Mandi

Setelah handuk dan baju ganti, tentu peralatan selanjutnya sudah dapat dipastikan harus dibawa adalah peralatan mandi.

Beberapa di antaranya adalah sabun badan, sabun pembersih wajah, shampoo dan peralatan pembersih gigi, seperti sikat dan pasta gigi bila perlu.

Disarankan untuk membawa sabun badan versi cair agar lebih praktis digunakan dan dapat dipakai lebih dari sekali.

 

14. Pull Buoys (Tidak Harus Pakai)

Lawan dari pelampung atau lifebuoy adalah pullbuoys. Jika pelampung digunakan untuk melatih kekuatan otot kaki, maka pull buoys digunakan untuk melatih otot tangan.

Pull buoys atau yang biasa disebut penjepit kaki ini diletakkan di bagian paha atas saat berenang dan berfungsi untuk membuat badan Anda terapung. Posisi kaki jika menggunakan penjepit kaki adalah rapat dan lurus, diam tidak bergerak.

Kaki yang rapat tersebut otomatis tidak dapat membantu laju renang di dalam air dan proses berenang hanya akan mengandalkan kekuatan tangan. Alat ini baik untuk melatih atau memperkuat otot tangan.

 

15. Ban (Tidak Harus Pakai)

ban renang
ban renang

Selain pelampung, ban juga dapat membantu untuk aktivitas berenang, terutama untuk anak yang khususnya masih sangat baru belajar berenang. Ban juga dapat digunakan untuk Anda yang tidak ingin berenang tapi hanya rekreasi di dalam kolam.

Banyak sekali model ban yang dapat digunakan di area kolam renang, mulai dari ban biasa hingga ban dengan bentuk hewan yang instagramable.

Ban dapat membantu anak, maupun orang dewasa mengapung di atas air. Selain itu ban juga memiliki manfaat untuk membantu orang yang tenggelam di dalam air.

 

16. Hand Paddle (Tidak Harus Pakai)

Fungsi utama dari sebuah hand paddle adalah untuk alat pendukung ketika perenang melatih kekuatan tangan saat berenang. Selain itu hand paddle juga memiliki manfaat untuk pembentukan otot, menambah kecepatan dan meningkatkan teknik berenang.

Peralatan ini utamanya digunakan jika perenang sedang menggunakan gaya bebas. Jika salah satu tangan Anda lebih lemah dari yang lain, maka hand paddle dapat digunakan hanya pada tangan yang lemah saja.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu cukup memasukkan tangan ke dalam hand paddle, setelah itu lakukan aktivitas berenang seperti biasa. Alat ini dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Tips yang dapat dilakukan pada awal pelatihan adalah dengan menggunakannya di kolam dangkal tanpa adanya strap pengikat tangan dan paddle. Jika gerakan perenang efektif, maka tekanan air akan membantu melekatkan tangan dan paddle tersebut.

 

17. Swim Snorkel (Tidak Harus Pakai)

Swim Snorkel
Swim Snorkel

Salah satu alat renang yang dapat dikategorikan sebagai alat baru adalah swim snorkel. Alat ini dapat membantu perenang untuk lebih berkonsentrasi pada gerakan dan teknik renang dengan mengesampingkan gerakan mengambil napas.

Karena memang fungsi utamanya adalah untuk membantu pernapasan, dapat meningkatkan gaya renang agar lebih seimbang, melatih tendangan kaki agar lebih kuat di dalam air da melatih gerakan ayunan tangan tanpa perlu menarik kepala keluar untuk mengambil napas.

 

18. Dragsox (Tidak Harus Pakai)

Secara harfiah, dragsox adalah alat berupa jala yang berbentuk seperti kaos kaki panjang dan membantu perenang untuk menigkatkan resistensi dan menyeretnya ke dalam air. Alat ini memiliki fungsi khusus untuk meningkatkan kekuatan dari kaki dan daya tahan tubuh agar kekuatan untuk berenan menjadi lebih besar.

Tak hanya membantu untuk meningkatkan tendangan kaki saat berenang, alat ini juga dapat membantu perenang melakukan sprint atau lari jarak pendek di dalam air. Alat ini dapat digunakan untuk berbagai macam gaya berenang.

 

19. Band (Tidak Harus Pakai)

band renang
band renang

Biasa digunakan oleh perenang professional, gelang atau band ini dapat menambah tenaga pada gerakan tarikan tangan saat berenang. Band ini akan membantu menjaga lengan agar bergerak dengan seimbang, sehingga ada kemungkinan kaki akan lebih turun dari permukaan air.

Untuk mengatasi hal tersebut, perenang haruslah menjaga bagian pinggul agar tetap tinggi dan mengupayakan agar wajah menghadap ke bawah. Hanya saja alat ini kurang baik bila digunakan oleh perenang yang mengalami cidera bahu karena ditakutkan tidak dapat mengimbangi kekuatan tangan.

Terlepas dari kelemahan tersebut, band bermanfaat untuk memperkuat dan menyeimbangkan tendangan atau kayuhan lengan serta menjadi alarm agar pinggul tetap di atas permukaan air.

Itulah tadi ulasan hobikusport.com mengenai beberapa perlengkapan renang baik yang dapat digunakan untuk anak dan dewasa, maupun amatir dan profesional. Beberapa di antaranya memang wajib dibutuhkan, terlebih untuk keselamatan saat berolahraga. Semoga artikel ini dapat membantu dan membuka wawasan. Tetap sehat, tetap semangat!

 

Referensi :
https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/peralatan-berenang-yang-diperlukan/

https://olahragapedia.com/peralatan-renang

https://www.borntoswimusa.com/blogs/borntoswim-blog/5-must-have-swimming-tools-to-pump-up-your-workouts

https://www.yourswimlog.com/swimming-gear/

http://www.220triathlon.com/training/swim/12-swim-tools-to-improve-technique-and-fitness/11286.html

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *