15 Rekomendasi Dive Watch Jam Tangan Terbaik Untuk Menyelam

Jam tangan menjadi aksesoris wajib bagi seseorang yang mengutamakan kedisiplinan atau bagi yang tidak dapat terlepas oleh waktu dalam pekerjaannya. Namun, jam tangan juga bisa menjadi pelengkap penampilan seseorang untuk terlihat profesional.

Di dalam dunia olahraga jam tangan memiliki banyak manfaat terutama dalam mencatat waktu selama berolahraga. Dan salah satu jam tangan yang wajib dimiliki terutama bagi pecinta olahraga air yaitu dive watch.

Dive watch menjadi perlengkapan penting bagi penyelam sebab berfungsi membantu para penyelam untuk menghitung sisa waktu yang ada ketika sedang berada di bawah air. Meskipun saat ini alat pencatat waktu sudah menggunakan komputer khusus, namun dive watch masih tetap digunakan sebagai perlengkapan cadangan.

Pemilihan dive watch juga tidak bisa sembarangan, harus sudah memiliki standar khusus serta memenuhi semua syarat yang terdapat pada ISO 6425. Adapun syarat dive watch yang harus dipenuhi yaitu water resistance, shock resistance, magnetic resistance, dapat dibaca di dalam air dan lain sebagainya.

Dan berikut ini ada beberapa rekomendasi dive watch yang bisa dipilih meskipun tidak semua sesuai dengan ISO 6425 tetapi terbukti mampu digunakan untuk menyelam dan sudah terjamin kualitasnya. Berikut 15 Rekomendasi Dive Watch Jam Tangan Terbaik Untuk Menyelam :

 

1. Merk dive watch original terbaik untuk pria dan wanita

 

a. Seiko Diver SKX 007, 009 & Turtle

Seiko Diver SKX 007
Seiko Diver SKX 007

Seiko sudah dikenal sebagai produsen jam terkemuka di dunia termasuk dive watch dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas serta tahan banting dan yang paling penting sudah bersertifikat ISO 6425. Produk dive watch pertama Seiko yaitu 62MAS yang akhirnya menjadi basis untuk semua model dive watch milik Seiko.

Untuk Seiko Turtle sendiri adalah bentuk case dari dive watch yang mirip dengan kura-kura dan pernah digunakan oleh tentara Amerika saat perang Vietnam. Produksi Seiko Turtle dihentikan dan dikeluarkan model SKX 007 dan SKX 009 sebagai model turunannya yang dapat tahan di kedalaman 200 meter.

(Kisaran harga: Rp3.500.000 – Rp4.000.000)

 

b. Suunto D5 Dive Watch

Suunto D5 Dive Watch
Suunto D5 Dive Watch

Suunto sudah dikenal sebagai produsen yang mengutamakan produknya sejak tahun 1980an dan salah satu yang terkenal akan kualitasnya yaitu dive watch. Suunto D5 tampil dengan cukup sederhana sehingga sangat mudah untuk dibaca serta water resistant di kedalaman 100 meter.

Selain itu, Suunto D5 juga terbuat dari bahan stainless steel dan tampil dengan dua warna berbeda yaitu hitam dan silver. Suunto D5 termasuk dive watch komputer sehingga tampilan pada jam ini menggunakan layar LED yang cukup jelas dan lebar, selain itu dapat diatur menjadi jam tangan atau dipasangkan pada pakaian selam.

(Kisaran harga: Rp8.000.000 – Rp12.000.000)

 

c. Jam Diver Murah Casio G-Shock

Casio G Shock
Casio G Shock

Tidak semua Casio G-Shock masuk ke dalam syarat ISO 6425 dan hanya line – up Frogman yang memenuhi persyaratan tersebut. Akan tetapi G-Shock banyak dipakai oleh para penyelam sebagai jam tangan terutama bagi beberapa tentara di dunia, termasuk Navy SEAL yang menggunakan tipe DW 6600.

Untuk line-up Frogman, setiap dive watch akan dites satu per satu di kedalaman 125% dari water resistance yang terdapat pada dive timer. Meskipun begitu harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau namun tetap berkualitas.

(Kisaran harga: Rp650.000 – Rp1.200.000)

 

d. Omega Seamaster Ploprof

Omega Seamaster Ploprof
Omega Seamaster Ploprof

Dive watch dari Omega menggunakan nama Ploprof sebagai singkatan dari Plongeur Professionnel yang merupakan bahasa Prancis dan memiliki arti penyelam profesional. Sebelum diluncurkan, Omega Seamaster Ploprof diuji dan dirancang terlebih dahulu selama kurang lebih 4 tahun oleh para penyelam dari Comex (Compagnie Maritime d’Expertises).

Untuk desain dari dive watch ini bisa dikatakan cukup unik dan bisa dibawa hingga lebih dari kedalaman rata – rata dive watch. Saat pertama kali dibuat, Ploprof menggunakan bahan monobloc case yang kedap air dan gas bahkan pernah diuji dan telah dinyatakan lebih kedap dari pesawat luar angkasa Apollo dan kapal selam.

(Kisaran harga: Rp76.000.000 – Rp170.000.000)

 

e. Citizen Aqualand

Citizen Aqualand
Citizen Aqualand

Dive watch yang dikeluarkan oleh Citizen terutama model Aqualand adalah dive watch pertama yang dilengkapi oleh petunjuk tingkat kedalaman berupa alarm dan juga dive timer. Teknologi tersebut dapat dikatakan sangat maju dalam sejarah dive watch mengingat Citizen Aqualand pertama kali diluncurkan pada tahun 1985.

Citizen Aqualand sangat sesuai untuk dipakai menyelam dan memiliki daya tahan tinggi sebab menggunakan energi cahaya sebagai sumber tenaga.

(Kisaran harga: Rp7.000.000 – Rp8.000.000)

 

f. Longiness Legend Diver

Longiness Legend Diver
Longiness Legend Diver

Dive watch Legend Diver dari Longiness ini dikenal dengan teknologi Super Compressor yaitu sebuah teknologi yang memanfaatkan tekanan bawah air yang semakin tinggi untuk meningkatkan kekedapan yang dimilikinya.

Jika dilihat dari tampilannya, Legend Diver mempunyai case dengan ciri dua crown serta inner rotating bezel yang dapat diatur dari salah satu crown. Jika ingin mencari dive watch dengan super compressor tidak ada salahnya memilih Longiness Legend Diver.

(Kisaran harga: Rp18.500.000 – Rp22.000.000)

 

g. Blancpain Fifty Fathoms

Blancpain Fifty Fathoms
Blancpain Fifty Fathoms

Blancpain Fifty adalah pelopor dive watch modern yang dibuat dengan melakukan kerja sama Angkatan Laut Prancis.

CEO Blancpain saat itu adalah seorang penyelam dan model Fifty Fathoms merupakan perwujudan dari apa yang ia inginkan untuk membuat dive watch ideal dengan syarat berupa uni-directional bezel, automatic movement, antimagnetic, lume, dan juga dilengkapi dengan double O-ring agar menjaga case tetap water resistant.

Nama Fifty Fathoms sendiri berasal dari ukuran sedalam 50 fathom di mana 1 fathom sama dengan 1,8288 meter atau 6 kaki, yaitu kedalaman maksimal yang bisa dicapai dengan campuran oksigen yang digunakan.

(Kisaran harga: Rp7.500.000 – Rp8.500.000)

 

h. Rolex Oyster Perpetual Submariner

Rolex Oyster Perpetual Submarine
Rolex Oyster Perpetual Submarine

Dive watch yang dikeluarkan oleh Rolex ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, bahkan Rolex Oyster Perpetual Submariner menjadi pelopor model dive watch modern bagi sebagian besar dive watch yang ada. Rolex Submariner adalah model turunan dari Rolex Oyster yang sudah terkenal sebagai jam tangan tahan air yang menjadi teknologi maju saat awal diluncurkan pada tahun 1920-an.

Untuk Rolex Submariner sendiri pertama kali dikeluarkan pada tahun 1953 dan memiliki water resistant hingga kedalaman 100 meter. Dive watch ini juga dilengkapi dengan fitur rotating bezel untuk menghitung sisa waktu, automatic movement, screw-down dan lain sebagainya.

(Kisaran harga: Rp120.000.000 – Rp200.000.000)

 

i. Doxa Sub

Doxa Sub
Doxa Sub

Doxa merupakan salah satu merk dive watch yang cukup terkenal dan produk pertama yang dikeluaran yaitu dive watch dari lineup Doxa Sub yaitu Sub300t. Jam Doxa Sub300t ini pernah dipakai oleh penyelam dan juga penjelajah legendaris, Jacques-Yves Costeau.

Doxa Sub adalah line-up untuk dive watch pertama yang memakai dial dengan warna oranye, di mana warna tersebut dipilih karena dapat terlihat di dalam air. Tidak hanya itu saja, Doxa juga menjadi merk pertama yang menggunakan expanding clasp pada dive watch dan memiliki fungsi dapat dipasang pada baju selam dengan mudah.

(Kisaran harga: Rp3.500.000 – Rp4.500.000)

 

j. Seiko Tuna

Seiko Tuna
Seiko Tuna

Seiko Tuna adalah model dive watch dari Seiko yang menggunakan case one-piece dan juga dilengkapi dengan ring penahan kristal yang berbentuk mirip kaleng tuna. Jadi tidak heran jika Seiko model ini diberi nama dengan Seiko Tuna.

Case dari Seiko Tuna ini sangat sesuai untuk dikenakan pada penyelam profesional yang menggunakan helium saat melakukan penyelaman hingga kedalaman 300 meter. Teknik tersebut akhirnya digunakan untuk Baby Tuna yang menggunakan basis dari model Seiko Monster SBDB009 pada spring drive serta movement pada Grand Seiko.

(Kisaran harga: Rp7.000.000 – Rp9.000.000)

 

k. Tudor Black Bay Fifty – Eight

Tudor Black Bay Fifty E2 80 93 Eight
Tudor Black Bay Fifty Eight

Tudor Black Bay Fifty – Eight terinspirasi dari dive watch Tudor pada tahun 1950 dibagian dialnya. Untuk bagian hands memiliki bentuk yang unik dan banyak orang menyebut bagian tersebut terutama oleh para kolektor sebagai snowflake yang dikeluarkan pertama kali pada katalog di tahun 1969.

Jam tangan ini terbuat dari stainless steel di bagian case yang berukuran 39 mm dan bezel yang dapat diputar satu arah serta kemampuan Tudor Black Bay Fifty – Eight ini yaitu dapat dibawa menyelam hingga kedalaman 200 meter.

(Kisaran harga: Rp30.000.000 – Rp36.500.000)

 

l. Breitling Superocean Heritage II Chronograph 44 Outerknown

Breitling Superocean Heritage II Chronograph 44 Outerknown
Breitling Superocean Heritage II Chronograph 44 Outerknown

Dive watch dari Breitling ini merupakan hasil dari kerja sama antara Breitling dengan Outerknown yaitu sebuah merk pakaian yang dibuat oleh salah satu pemain surfing profesional, Kelly Slater. Kelebihan dari Breitling Superocean Heritage II Chronograph 44 Outerknown yaitu menggunakan bahan nato strap ECONYL yaitu hasil dari daur ulang nylon yang sudah tidak terpakai sehingga ramah lingkungan.

Di bagian case dive watch ini terbuat dari bahan stainless steel dengan warna hitam yang tidak mudah berkarat jika terkena air dalam jangka waktu lama serta dial berwarna biru cerah yang dapat dibaca di dalam air. Kelebihan lain dari dive watch ini yaitu dapat dibawa hingga kedalaman 200 meter.

(Kisaran harga: Rp40.000.000 – Rp 65.000.000)

 

m. TAG Heuer Aquaracer Calibre 5

TAG Heuer Aquaracer Calibre 5
TAG Heuer Aquaracer Calibre 5

 

Dive watch dari TAG ini tampil dengan sangat berbeda yaitu dengan perpaduan antara warna hitam dan biru elektrik yang masih dapat terlihat di dalam air sekalipun. TAG Heuer Aquaracer Calibre 5 tidak hanya cocok untuk dibawa menyelam saja, namun juga sesuai untuk yang aktif melakukan olahraga air.

TAG Heuer Aquaracer Calibre 5 terbuat dari bahan titanium serta kristal sapphire yang tentunya tahan air serta tidak mudah rusak jika mendapat tekanan. Dive watch dari TAG Heuer Aquaracer Calibre 5 dapat tahan di kedalaman 300 meter.

(Kisaran harga: Rp20.000.000 – Rp30.000.000)

 

n. Bell & Ross BR 03-92 Diver Black Matte

Bell 26 Ross BR 03 92 Diver Black Matte
Bell Ross BR 03 92 Diver Black Matte

 

Bell & Ross selalu mengeluarkan produk jam tangan dengan bahan keramik dengan versi avant – garde pada model BR 03-92 Diver Black Matte. Model ini terinspirasi dari panel pada pesawat terbang yang dipadukan dengan warna yang elegan dan dilengkapi oleh detail yang keren.

Bell & Ross BR 03-92 Diver Black Matte ini dapat dibawa untuk menyelam hingga kedalaman 300 meter dan juga dilengkapi oleh strap rubber yang nyaman saat masuk ke dalam air.

(Kisaran harga: Rp43.000.000 – Rp44.000.000)

 

o. Panerai Radiomir & Luminor

Panerai Radiomir 26 Luminor
Panerai Radiomir Luminor

Panerai pada perkembangannya tidak bisa lepas dari campur tangan Rolex sebab awalnya Panerai diproduksi oleh Rolex. Awal diciptakan Panerai digunakan sebagai jam tangan para pasukan katak Italia, sebab jam tangan ini memiliki fitur illuminated dial yang dapat membantu di kondisi gelap.

Seiring berjalannya waktu, Panerai diubah dan menggunakan bahan tritium yang kemudian dipatenkan menjadi Lumior. Lumior sendiri juga terdapat pada salah satu model jam Panerai di mana menggunakan pelindung crown yang menjadi ciri khas jam tangan ini.

(Kisaran harga: Rp5.000.000 – Rp70.000.000)

 

2. Perbedaan anti air waterproof, water repellent dan water resistant

 

a. Waterproof

Waterproof watch
Waterproof watch

Waterproof adalah tingkatan tertinggi suatu produk terhadap air yang dapat diukur dengan menggunakan satuan Ingress Protection (IP). IP sendiri terdiri dari dua digit, digit pertama menunjukan ketahanan terhadap benda solid sedangkan digit kedua mengindikasikan ketahanan produk terhadap benda cair.

Jadi jika produk ditulis IP 67 artinya produk dapat menahan debu dan air jika berada di kedalaman 1 meter.

 

b. Water repellent

Water repellent
Water repellent

Jika jam tangan bertuliskan water repellent artinya jam mempunyai sifat tahan air hingga ke tingkat hydrophobic. Untuk itu biasanya produk akan dilengkapi dengan bahan tipis khusus yang dikenal dengan lapisan nano technology di bagian dalam, luar atau kedua bagian tersebut.

Untuk setiap merk memiliki istilah atau nama tersendiri untuk lapisan nano technology tersebut sehingga sering terjadi perdebatan untuk menunjukan ketahanan air pada suatu produk.

 

c. Water resistant

Water resistant
Water resistant

Water resistant adalah suatu tingkat ketahanan paling rendah dan biasanya tertulis pada jam tangan konvensional. Arti dari water resistant tersebut yaitu produk dalam hal ini jam tangan telah dibuat sedemikian rupa sehingga air sulit untuk masuk atau produk tersebut dilapisi oleh bahan tertentu sehingga tahan jika terkena air.

Air yang dimaksud yaitu hanya sebatas terpaan ketika sedang cuci tangan atau terpapar gerimis.

 

Itulah tadi 15 Rekomendasi Dive Watch Jam Tangan Terbaik Untuk Menyelam menurut https://hobikusport.com/ yang bisa dipilih. Tentu kualitas dari dive watch bergantung dari teknologi serta kemampuannya untuk dapat tahan di dalam air dalam waktu lama.

Pastikan untuk memilih dive watch sesuai dengan kebutuhan dan juga perlu memperhatikan bahan dive watch tersebut apakah dapat menyebabkan alergi pada kulit atau tidak.

 

Referensi:
https://blog.jamtangan.com/sepuluh-dive-watch-yang-patut-disimak/

https://www.intime.co.id/rekomendasi-5-dive-watch-terbaik/

https://review.bukalapak.com/mens-style/merk-jam-tangan-anti-air-pria-terbaik-di-dunia-bisa-untuk-diving-109572

https://wia.id/journal/bedanya-waterproof-water-resistant-water-repellent/

https://www.suunto.com/Products/dive-computers-and-instruments/suunto-d5/suunto-d5-black-lime/

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *