10 Rekomendasi Kacamata Renang & Panduan Memilihnya

Berenang menjadi aktivitas yang banyak difavoritkan dari berbagai kalangan tanpa batasan usia. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari berenang berupa penurunan berat badan karena olahraga ini membuat semua otot di tubuh manusia bergerak, mulai dari otot tubuh bagian bawah hingga bagian atas, mereka bergerak secara aktif.

Namun berenang sendiri mempunyai beberapa dampak negatif jika terlalu sering dilakukan, salah satunya adalah dapat membuat kulit kering. Selain kulit kering, paparan zat kimia yang ada di dalam kolam dapat merusak rambut dan dapat mengganggu kesehatan mata karena dapat mengiritasi bola mata.

Mata yang menjadi organ vital penting untuk kebutuhan tubuh manusia. Maka dari itu penggunaan kacamata renang sangat dianjurkan untuk meminimalisir dampak negatif dari air kolam.

Meski begitu kita tidak bisa sembarang menggunakan kacamata renang. Penggunaan kacamata renang yang salah atau tidak cocok dapat menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan dalam bola mata karena tali kacamata yang digunakan terlalu kencang.

Pemilihan kacamata yang berkualitas dan tepat sesuai penggunaan dan pemakainya dapat memaksimalkan dampak baik kacamata renang. Berikut dibawah adalah 10 Rekomendasi Kacamata Renang & Panduan Memilihnya, merupakan beberapa rekomendasi kacamata renang dalam berbagai merek yang bisa kita pertimbangkan.

 

1. Rekomendasi merek kacamata renang/selam/snorkeling yang bagus

 

A. Speedo original anti fog

speedo
speedo

Selain menjadi salah satu merek paling populer untuk urusan pakaian renang di Indonesia berdasarkan situs top-brand award di Indonesia, merek speedo turut menduduki jajaran peringkat teratas untuk urusan aksesoris renang di Indonesia. Keunggulan kacamata ini adalah pemakainya akan mendapatkan keamanan ekstra.

Hal tersebut dikarenakan adanya desain khusus untuk meminimalisir resiko bahaya saat renang. Selain itu merk ini banyak diminati karena menyediakan beragam jenis kacamata renang dengan kualitas terbaik dan kelas dunia.

Speedo original anti fog ini memiliki karet yang empuk sehingga nyaman dikenakan. Selain itu dilengkapi dengan fitur UV-Shield, anti fog, earplug yang nyaman untuk mencegah air masuk kedalam lubang telinga.

Kisaran harga: Rp180.000 – Rp270.000

 

B. Diadora yang bagus dan terlihat profesional

diadora
diadora

Untuk urusan pakaian renang merek Diadora dinobatkan nomor wahid di Indonesia dalam situs top-brand Indonesia , maka tidak salah jika kacamata renang merk ini juga turut populer. Diadora merupakan merk yang berkecimpung di aksesoris olahraga yang berasal dari Negara Italia.

Salah 1 keunggulan diadora adalah bandrol harga produk-produknya yang lebih terjangkau ketimbang merek-merek lain yang beredar di Indonesia.

Namun jangan salah, meski harganya yang terhitung terjangkau setiap produknya diproses dengan teknologi modern dan dengan fitur-fitur terkini dengan desain yang disukai oleh pasaran.

Kisaran harga: Rp70.000 – Rp200.000

 

C. Arena cobra yang murah

arena cobra
arena cobra

Arena Cobra merupakan salah satu merk kacamata renang yang beberapa produknya masuk kedalam kategori FINA approved.

Yang di maksud FINA approved (Fédération Internationale de Natation) atau Federasi Renang Internasional adalah induk organisasi internasional olahraga renang. Merek kacamata renang yang mendapat FINA approved dapat digunakan di kompetisi tingkat dunia.

Merk yang berasal dari Jerman ini sangat mengutamakan kualitas dari produknya, salah satunya menggunakan material lycra. Bahan yang diketahui ringan dan tahan terhadap kaporit di dalam kolam renang. Dengan penggunaan material lycra pengguna dapat dengan nyaman berenang dengan waktu yang lama.

Kisaran harga: Rp140.000 – Rp180.000

 

D. Kacamata Renang Swans

swans
swans

Saat ini sudah banyak tersedia kacamata renang khusus mata minus maupun plus, begitu juga dengan merk kacamata renang dari Swans. Memiliki mata yang minus tidak menghalangi kita untuk berenang.

Salah satunya produk yang ditawarkan dari Swans adalah seri FO X1 Optical dengan fitur yang lengkap. Seperti premium anti-fog , UV protection dan teknologi super soft gasket.

Kisaran harga: Rp200.000 – Rp245.000

 

E. Kacamata renang Lasona

lasona
lasona

Kacamata renang merek Lasona cukup populer di Indonesia dengan berbagai perlengkapan untuk berenang seperti aksesoris renang dan pakaian renang. Mereka memiliki beberapa outlet yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Yang menjadikan merk Lasona populer adalah harga dari kacamata renang ini cukup affordable dan lengkap. Sehingga tidak jarang beberapa konsumen terutama perempuan menjajaki outlet Lasona terlebih dahulu untuk mencari perlengkapan renang terutama kacamata renangnya, karena desainnya yang feminim.

Tidak hanya untuk penggunaan sehari-hari, Lasona juga menjadi pilihan terbaik bagi para atlet renang. Salah satunya Lasona Voyager KC-VYG adalah seri yang terbaik yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan saat di dalam air. Kacamata ini dilengkapi lensa anti-UV dan dibalut oleh bahan silikon sehingga menjadikannya ringan.

Kisaran harga: Rp245.000 – Rp260.000

 

F. Kacamata renang Intex

intex
intex

Salah satu keunggulan dari kacamata renang Intex yaitu dirancang untuk anak usia 3-8 tahun. Desain unik dari produk Intex berupa karakter lucu dan juga hewan kesukaan anak-anak seperti bintang laut, ikan, katak, dan lain sebagainya.

Kacamata renang Intex dilengkapi dengan bahan polycarbonate sebagai bahan lensa kacamatanya sehingga aman dikenakan oleh anak-anak.

Selain itu kacamata renang ini terbuat dari bahan silicon dan vinyl. Bahan yang terkenal dengan daya tahannya yang baik dan memberikan kenyamanan pemakainya.

Kisaran harga: Rp38.000 – Rp325.000

 

G. Kacamata Renang Head Tiger Race

head tiger race
head tiger race

Kacamata renang merk berikut adalah kacamata yang dapat digunakan untuk ajang kompetisi dunia karena sudah mendapatkan FINA Approved, sehingga tidak diragukan lagi dengan kualitasnya yang terjamin.

Penggunaan teknologi silikon sebagai bahannya dapat memaksimalkan waktu latihan atlit selama di kolam. Kacamata ini memiliki desain berupa hydrodynamic yang dapat menunjang performa penggunanya ketika sedang berlatih maupun saat berkompetisi.

Sementara desain lensa kacanya yang lebar dapat memudahkan penggunanya untuk memperluas jangkauan penglihatannya.

Kisaran harga: Rp305.000 – Rp500.000

 

H. Kacamata Renang Eyeline

eyeline
eyeline

Kacamata renang ini berasal dari Australia yang telah tersebar luas di hampir 50 negara di dunia. Di Indonesia sendiri kacamata renang dari Eyeline terkenal dengan produknya untuk anak-anak.

Dilengkapi oleh anti-fog, UV protection dan pengaturan buckle yang mudah diatur bahkan oleh anak-anak.

Kisaran harga: Rp100.000 – Rp115.000

 

I. Kacamata Renang Madwave

madwave
madwave

Salah satu produk keluaran Madwave, yaitu X-look Yellow Mirror telah mendapat sertifikasi dari Asosiasi Renang Internasional (FINA). Bagian lensa cerminnya terbuat dari bahan polycarbonate yang dapat meningkatkan visibilitas dalam kondisi cerah dan mengurangi silau melalui efek black smoke.

Dengan fitur yang tersemat padanya, kacamata renang Madwave akan meningkatkan penglihatan kamu selama berada di bawah air.

Kisaran harga: Rp400.000 – Rp500.000

 

J. Kacamata renang Bestway

bestway
bestway

Bestway adalah merk kacamata renang yang memberikan fitur menarik sebagai kacamata renang anak yaitu kacamata efek 3d dengan lensa yang berwarna biru dan merah. Hal ini memberikan sensasi menarik bagi anak saat menggunakannya di dalam air.

Dilingkari dengan karet dari silikon dan lensa yang terbuat dari polikarbonat, kacamata ini memberikan kenyamanan dan kinerja yang maksimal. Selain itu lensa kacamata renang Bestway tahan benturan sehingga cocok untuk anak-anak

Kisaran harga: Rp15.000 – Rp200.000

 

2. Pertimbangan cara memilih kacamata yang bagus

Memilih kacamata renang yang baik harus berdasarkan kenyamanan dan durabilitas dari produk yang akan kita beli. Pemilihan lensa yang pas dan nyaman untuk mata seperti adanya lensa kacamata renang yang berwarna terang ataupun gelap.

Selain itu perlu diperhatikan beberapa kacamata renang beresiko terkena lecet terutama yang memiliki pelapis anti fog. Selain itu, perhatikan juga tali kacamata, pilihlah tali yang mudah disesuaikan tapi tidak mudah lepas.

 

A. Untuk dewasa wanita vs pria

Speedo Women E2 80 99s Vanquisher 2.0 Mirrored Goggle
Speedo Women E2 80 99s Vanquisher 2.0 Mirrored Goggle

Pemilihan kacamata untuk orang dewasa laki-laki dan perempuan biasanya dipermudah dari merknya sendiri. Beberapa merk telah melabeli produk mereka dengan label untuk perempuan atau laki-laki.

Namun begitu ada pula yang melabeli dengan unisex yaitu dapat digunakan baik oleh perempuan atau laki-laki. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara kacamata renang untuk perempuan atau untuk laki-laki selain kemungkinan disesuaikan dengan warna pilihan masing-masing.

Seorang atlet renang profesional perempuan dan sekarang menjadi pelatih renang memiliki preferensi untuk kacamata renangnya yaitu Speedo Women’s Vanquisher 2.0 Mirrored. Dia mengatakan bahwa kacamata renang tersebut nyaman digunakan baik di indoor maupun outdoor dengan adanya film mirrored yang dapat membiaskan cahaya terutama saat berada didalam kolam indoor

Bentuk kacamata renangnya yang minimalis dengan silikon disekitar area mata yang nyaman membuatnya dapat mengenakan kacamata tersebut dalam waktu yang lama selama melatih murid-muridnya. Selain itu karet silikon yang terlihat kuat membuat kacamata tersebut awet.

 

B. Untuk anak perempuan vs laki-laki

Dalam memilih kacamata renang untuk anak perempuan dan laki-laki tidak ada perbedaan berarti selain dari pemilihan warna dan modelnya.

Jika anak perempuan biasanya identik dengan warna merah muda atau warna terang dan mencolok maka anak laki-laki biasanya identik dengan warna biru atau gelap.

Meskipun tidak ada aturan tertulis untuk memilih kacamata anak berdasarkan warnanya. Pemilihan fitur-fitur untuk kacamata renang anak juga tidak ada bedanya dengan kacamata untuk orang dewasa.

 

C. Fitur anti fog

kacamata renang anti fog
kacamata renang anti fog

Pemilihan kacamata renang dengan fitur anti fog sangat penting terutama bagi mereka yang akan mengikuti kompetisi. Fitur anti fog atau biasa disebut kacamata anti kabut adalah fitur yang dapat melindungi lensa kacamata dari kabut saat berada didalam air.

Pengguna bisa melihat secara jelas ketika didalam air dengan fitur ini.

Beberapa merk kacamata renang menggunakan pelapis anti fog, pelapis ini membuat proses pengembunan atau kondensasi yang disebabkan perbedaan suhu tubuh pengguna dengan air menjadi sulit terjadi.

Selain ada lapisan yang berfungsi untuk meredam kabut di dalam kacamata, terdapat pula semprotan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya pengkabutan juga di kacamata renang.

 

D. Fitur minus

Bagi yang bermata normal ketika menggunakan kacamata renang dengan kondisi netral sekalipun akan mengalami pemburaman karena lapisan optik kornea mata dan air memiliki tingkat kekeruhan yang hampir sama. Hal tersebut menyebabkan pembiasan cahaya tidak bisa terjadi sehingga penglihatan akan buram.

Sementara untuk pengguna yang memiliki kondisi mata yang minus, jika di kondisi tanpa air saja sudah harus menggunakan lensa minus untuk memperjelas penglihatan terutama jarak jauh, akan sangat disarankan menggunakan kacamata renang dengan lensa minus pula.

Prinsip kacamata renang dengan lensa minus sama dengan kacamata pada umumnya yang dikenakan sehari-hari. Kondisi mata minus diakibatkan adanya pembiasan cahaya mata yang masuk justru jatuh di depan retina mata sehingga tidak dapat melihat benda yang jaraknya jauh dengan jelas.

Bagaimana jika menggunakan kacamata renang dengan lensa normal atau netral namun menggunakan kontak lensa sebelumnya? Hal ini tidak disarankan, berdasarkan anjuran Foods and Drugs Administration (FDA) yaitu badan pengawas obat dan makanan di Amerika.

Ketika kita tidak sengaja membuka kacamata renang, akan ada resiko air yang masuk ke dalam dan mengenai bola mata. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi pada bola mata dan bertambah parah jika kita menggunakan kontak lensa, residu air kolam akan menempel di lensa kontak tersebut dan bisa mengakibatkan infeksi.

Jadi tidak ada salahnya bagi seseorang yang bermata minus dan gemar berenang untuk menggunakan kacamata renang minus dengan kualitas terbaik.

 

E. Termurah vs termahal

kacamata renang standard FINA
kacamata renang standard FINA

Kacamata renang termurah dan termahal terdapat perbedaan pada kualitas dari bahan utama, lensa dan fitur yang menyertai produk tersebut.

Kacamata renang yang murah dengan fitur anti fog biasanya pelapisnya mudah rusak daripada kacamata renang yang diberikan harga mahal.

Tidak ada perbedaan harga bagi kacamata renang yang memiliki lensa minus, akan tetapi biasanya mereka tidak memiliki warna sehingga jika digunakan untuk kolam renang outdoor menjadi kurang nyaman ketimbang kacamata renang dengan lensa yang memiliki warna gelap.

Yang pasti kacamata renang dengan kualitas terbaik dan termasuk kedalam kategori FINA approved, biasanya digunakan oleh para atlet untuk berkompetisi.

 

F. Terlihat profesional

Speedo Speed Socket Swim
Speedo Speed Socket Swim

Kacamata renang yang beredar di pasaran ada yang diperuntukkan untuk pemakaian standar ada pula untuk menghadapi kompetisi. Biasanya kacamata yang digunakan untuk kompetisi adalah yang memiliki fitur dan teknologi terkini.

Untuk spesifikasi produk-produknya biasanya memiliki bentuk yang lebar, lensa yang lebih bulat sehingga memudahkan pengguna untuk melihat tanpa harus menaikkan kepala keluar dari air. Seperti yang digunakan oleh salah satu profesional di dunia renang menggunakan merek Speedo Speed Socket Swim.

Demikianlah pembahasan https://hobikusport.com/ mengenai 10 rekomendasi kacamata renang terbaik dan panduan tepat untuk memilihnya sesuai kebutuhan anda. Semoga bermanfaat jangan lupa bagikan artikel ini ke circle anda.

 

Referensi:

https://bp-guide.id/AXaAWokl

https://www.halodoc.com/tips-agar-berenang-efektif-turunkan-berat-badan

https://narmadi.com/id/kacamata-renang-speedo/

https://www.speedo.com/international/en/explore/blog/goggles/83103b1c-89b1-4435-92db-541715db54d6.html

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *