9 Rekomendasi & Jenis Pelampung Renang Sesuai Kebutuhan Anda

Penggunaan pelampung renang dibutuhkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Selain itu, sudah menjadi kewajiban bagi suatu kapal dan pesawat menyediakan pelampung renang sebagai alat keselamatan.

Salah satu jenis pelampung renang adalah life jacket yang merupakan standar keselamatan untuk setiap angkutan laut. Tipe ini terkenal ekonomis dan sudah standar minimal untuk life jacket. Di bawah ini adalah 9 Rekomendasi & Jenis Pelampung Renang Sesuai Kebutuhan Anda penjelasan berbagai merek pelampung renang beserta fungsinya.

 

1. Merek Rekomendasi Pelampung Renang

 

a. Life jacket Atunas

Life Jacket Atunas
Life Jacket Atunas

Life jacket Atunas merupakan salah satu merek life Jacket atau pelampung rompi keselamatan yang paling populer di Indonesia. Pada setiap kesempatan dan penggunaan untuk standar keselamatan untuk angkutan laut biasanya menggunakan merek ini.

Merek Atunas, memiliki banyak varian mulai dari untuk standar angkutan laut, untuk rafting, hingga untuk anak-anak.

Kisaran harga: Rp95.000 – Rp140.000

 

b. Life Jacket Krisbow

life jacket krisbow
life jacket krisbow

Merk yang dibuat oleh Negara China ini memiliki keunggulan pada bobotnya yang ringan, nyaman dan cocok untuk penggunaan diatas perahu/boat.

Pelampung ini disematkan oleh fitur-fitur berupa bahan utamanya yaitu polyester, diisi dengan expanded polyethylene foam (EPE) yang memiliki karakteristik non-abrasif, fleksibel, kuat, ringan, non-debu, tahan kelembaban, tidak mudah rusak karena tusukan, memenuhi persyaratan Mil-Spec atau spesifikasi untuk keperluan militer, sangat elastis, tidak berbau, tidak mudah reaktif atau stabil terhadap reaksi bahan kimia lainnya, bisa menahan beban yang berat, hemat biaya dan tidak korosif.

Selain itu fitur lainnya adalah terdapat dua tali pengikat untuk menjaga jaket pelampungnya untuk tidak bergeser atau naik ketika sedang berada di air. Lalu yang paling penting adalah adanya peluit untuk kondisi darurat saat terjadi kecelakaan laut atau untuk meminta bantuan.

Kisaran harga: Rp360.000 – Rp670.000

 

c. Life Jacket Jupiter

Life Jacket jupiter
Life Jacket jupiter

Life Jacket ini merupakan merek buatan dalam negeri memiliki dimensi lebih tebal daripada life jacket merek Atunas. Merek ini populer dalam menyediakan life jacket khusus untuk anak-anak. Meskipun lebih tebal dari merek Atunas akan tetapi bobotnya hanya 1,1 kg.

Kisaran harga: Rp95.000 – Rp180.000

 

d. Life Jacket Nearmount

Life Jacket Nearmount
Life Jacket Nearmount

Pelampung Nearmount memiliki daya apung 80 kg untuk di air tawar, jika untuk di air laut daya apung bisa lebih tinggi. Pelampung ini dapat digunakan untuk kegiatan air baik arus deras maupun arus yang tenang.

Selain itu pelampung Nearmount dapat menyesuaikan ukuran badan penggunanya karena ada pengunci yang dapat diubah.

Kisaran harga: Rp390.000 – Rp495.000

 

e. Life Jacket Stearns

Life Jacket Stearns
Life Jacket Stearns

Life Jacket Stearns merupakan merek yang dibuat di Amerika Serikat dengan standar yang tinggi. Lalu memiliki pengalaman hampir 60 tahun lebih, sehingga tidak diragukan lagi keunggulan-keunggulan yang ditawarkan pada jaket pelampung di merek ini begitu inovatif.

Beratnya 1 kg, terbuat dari bahan nylon dengan isian berupa busa PVC yang menggunakan bahan kelas satu. Memiliki berbagai macam ukuran mulai dari XS sampai 3XL. Memiliki lisensi berupa Coast guard approved, US Coast Guard-Approved tipe II yaitu untuk 7kg.

Kisaran Harga: Rp700.000 – Rp2.300.000

 

f. Life Jacket Yamaha

Life Jacket Yamaha
Life Jacket Yamaha

Merupakan merk yang sama dengan Yamaha merk motor buatan dari luar Indonesia. memiliki ukuran untuk semua jenis ukuran dari S hingga XXL. memiliki daya apung hingga 90 kg dan dilengkapi reflektif di bahu.

Kisaran harga: Rp250.000 – Rp500.000

 

g. Life Jacket Marlin Auto Co2

Life Jacket Marlin Auto Co2
Life Jacket Marlin Auto Co2

Merk ini memiliki bentuk yang berbeda dari kebanyakan life jacket merk lainnya. Dari bentuknya yang tidak menutupi seluruh bagian tubuh penggunanya, life jacket ini nyaman digunakan saat sedang di atas kapal di laut lepas saat sedang memancing, karena penggunanya dapat menggunakan dalam jangka waktu yang lama.

Di bagian dalam pelampungnya terdapat tabung dengan ukuran 33 gr untuk mengalirkan gas CO2. Tipe pelampung ini bukan berisikan busa namun berisikan gas karbon dioksida atau gas CO2.

Selain itu, pelampung ini dilengkapi dengan strap/webbing yang berfungsi sebagai ‘lifting loop’, untuk memudahkan penolong menarik penggunanya dari air. Lalu dilengkapi stainless stell D-Ring untuk mengikatkan ‘throw ‘ yang dilemparkan penolong.

Kisaran harga: Rp850.000 – Rp1.200.000

 

h. Life jacket Amscud

Life jacket Amscud
Life jacket Amscud

Pelampung ini merupakan tipe pelampung dengan isi udara atau gas karbon dioksida. Life Jacket ini telah mendapat SOLAS approved (Safety of Life at Sea) atau persetujuan tentang keselamatan di laut.

Memiliki desain yang sangat ringan sehingga nyaman digunakan untuk aktivitas sepanjang hari serta tahan cuaca.

Selain itu pelampung ini dilengkapi dengan garis reflektif dibeberapa bagian pelampungnya untuk memudahkan penolong mengetahui posisi orang yang menggunakan life jacket atau pelampung ini dan juga pluit yang telah diberi sertifikat per ISO 12402-7 & 8. Sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitas dari pelampung ini

Kisaran harga: Rp1.050.000 – Rp1.600.000

 

i. Life Jacket Eascot

Life Jacket Eascot
Life Jacket Eascot

Pelampung ini memiliki daya apung sampai 120 kg cukup besar diantara life jacket / pelampung lainnya. Dilapisi oleh Terylene Oxford Textile selain itu bagian dalamnya diisikan oleh EPE Foamed Pilyetylene (Polyfoamed Padded) yaitu jenis busa yang lembut namun kuat.

Selain itu pelampungnya dilengkapi dengan 3 strap anyaman berwarna hitam, 3 buat pengait plastik untuk memberikan keamanan pada pelampungnnya dan 1 pluit. Pelampung ini baik digunakan sebagai alat keselamatan di danau, sungai berarus deras dan laut lepas pantai

Kisaran harga: Rp250.000 – Rp500.000

 

2. Pelampung renang bahan karet vs busa

Pelampung renang di Indonesia yang sering digunakan, terdiri dari 2 jenis yaitu yang berisikan busa sterofoam dan pelampung balon udara (inflatable). Pelampung renang dengan isian busa digolongkan sebagai pelampung karena pengguna tidak perlu melakukan apapun untuk mengaktifkan floatasi, pengguna tidak perlu meniup karena bahan utama pengisinya berupa busa.

Busa ini menggunakan bahan tertutup yang merangkap udara ketika jaket terendam. Penggunaan pelampung renang berbahan busa biasanya digunakan untuk kegiatan rekreasi di laut dan alat keselamatan untuk kapal laut

Sementara itu untuk jaket pelampung dengan bahan utamanya berupa karet diklasifikasikan sebagai pelampung yang dapat menggelembung karena diisi udara atau inflatable. Pengisiannya dengan cara harus diisi udara terlebih dahulu, bisa dengan cara manual atau dengan cara otomatis yaitu adanya katrid gas yang berisi karbon dioksida.

Mekanisme cara otomatis adalah saat katrid gas diaktifkan, gas akan melepaskan dan mengisi ruang jaket. Cara pengaktifannya sendiri bisa dengan banyak cara yaitu ketika jaket terendam, di dalamnya terdapat kumparan yang bersifat larut dalam air.

Ketika kumparan tersebut larut maka gas akan dilepaskan dan menggembungkan jaket/pelampung renang yang terbuat dari karet tersebut. Pelampung renang karet ini saat ini lebih sering digunakan untuk pemakaian sehari-hari untuk aktivitas di air karena ukurannya yang tidak memakan banyak tempat.

Selain itu digunakan pula untuk standar keselamatan pesawat udara karena ukurannya tersebut. Pelampung jenis ini direkomendasikan hanya untuk orang dewasa dan perenang yang handal.

 

3. Jenis Pelampung Renang

 

a. Baju / Jaket Pelampung

Jaket pelampung adalah sebuah alat yang dirancang untuk membantu penggunanya untuk tetap mengapung dengan anggota tubuh untuk bernafas seperti mulut dan hidung tetap berada diatas permukaan air ketika dalam keadaan di air. Jaket pelampung yang akan dibuat dan digunakan oleh masyarakat harus melalui persetujuan oleh pihak yang berwenang, dalam hal ini adalah Biro Klasifikasi Indonesia.

Penggunaan pelampung tersebut dikhususkan untuk rekreasi berlayar. Sementara itu jaket pelampung yang akan digunakan untuk penumpang dan awak pesawat untuk pesawat komersil seperti helikopter dan pesawat udara memiliki perbedaan dengan jaket pelampung untuk kapal komersil seperti kapal tunda, kapal penumpang dan feri kapal laut.

Perbedaan itu terdapat pula untuk penggunaan bagi urusan militer seperti untuk angkatan udara, pasukan khusus, marinir, angkatan laut dan penjaga pantai serta untuk kepolisian. Selain untuk alat keselamatan, jaket pelampung bisa digunakan sebagai alat bantu untuk renang pemula yang belum bisa berenang.

Jaket pelampung melindungi dada dan punggung bagi perenang pemula terutama untuk anak-anak yang sedang belajar. Usia anak yang dapat menggunakan jaket pelampung adalah 3 tahun dan cukup efektif untuk menjaga keselamatan anak selama berenang. Meski efektif, alat ini memiliki kelemahan yaitu membuat pengguna kurang leluasa bergerak.

 

b. Papan Pelampung

papan pelampung
papan pelampung

Papan pelampung biasa digunakan bagi perenang pemula karena selain praktis alat ini efektif membantu pengguna untuk memahami praktik berenang dengan lebih cepat. Fungsi alat ini adalah untuk penyeimbang badan saat belajar gaya bebas dan katak.

 

c. Neck Ring Khusus Untuk Bayi Dan Anak Sampai Usia 3 Tahun

Neck Ring
Neck Ring

Beberapa tahun belakang ini di Indonesia mulai populer neck ring yaitu jenis pelampung yang dipasangkan dileher bayi dan anak. Fungsinya untuk menjaga bayi dan anak agar bisa mengapung di dalam air dan memberikan pengalaman maksimal bagi bayi agar bebas bergerak serta mengeksplorasi air kolam disekitarnya.

Neck ring ideal digunakan untuk bayi dari usia 4 bulan sampai anak usia 3 tahun. Namun, beberapa pendapat mengatakan penggunaan neck ring tidak disarankan.

Menurut Baby Swimming Expert di US dan di UK, neck ring dapat mengalangi gerakan bebas bayi. Meski tujuan awalnya agar kepala bayi dapat mengapung diatas air, nyatanya banyak ahli berpendapat neck ring tidak aman. Penggunaannya dapat mempengaruhi tulang leher, tulang belakang dan otot-otot di sekitarnya.

Selain itu penggunaan neck ring dapat berpengaruh pada kemampuan berguling dan duduknya. Akan tetapi masih banyak orang tua yang menggunakannya ke bayi dan anak mereka dengan catatan tidak terlalu sering digunakan.

Idealnya berenang sekitar 10-15 menit dan jika ingin menambah durasi berenang baiknya dipegang oleh orang tuanya. Tapi kembali lagi ke pilihan orang tua masing-masing anak untuk menggunakan atau tidak untuk alatnya.

 

d. Swim Trainer Untuk Bayi Dan Anak Sampai Usia 6 Tahun

swim trainer
swim trainer

Merupakan alat bantu dan pengaman bayi serta anak sampai usia 6 tahun saat berenang. Berbentuk seperti ban pelampung namun dengan pengaman seperti celana pada bagian tengahnya untuk membantu bayi dan anak dalam mengapung.

Selain itu terdapat bagian untuk menopang dada dan menjaga perut bayi dalam posisi agak mengambang. Bayi tidak dapat bergeser karena ada sabuk pengaman.

Bagi orang tua yang akan mengajari anaknya berenang, alat ini menjadi barang wajib karena sangat aman digunakan. Swim trainer diperuntukkan bagi bayi dengan berat badan 6 kg sampai anak dengan berat 18 kg atau dengan usia bayi dari 6 bulan hingga anak usia 6 tahun.

 

e. Pelampung Pinggang Dengan Lubang Kaki Untuk Anak Diatas Usia 6 Tahun Dan Dewasa

pelampung pinggang
pelampung pinggang

Pelampung jenis ini dikhususkan untuk pengguna diatas usia 6 tahun sampai usia dewasa yang telah memiliki pengetahuan dasar untuk berenang. Biasanya pelampung ini digunakan oleh lansia dan pengguna yang sedang terapi di bagian pinggangnya.

Namun tidak hanya berguna untuk itu saja, pelampung pinggang bisa pula digunakan untuk aerobik air dan berlatih berenang untuk teknik yang lebih rumit seperti gaya bebas.

 

f. Pelampung Lengan Untuk Anak Diatas Usia 6 Tahun Dan Dewasa

Pelampung Lengan 1
Pelampung Lengan

Jenis pelampung ini diperuntukkan bagi anak yang sudah dapat mempraktekkan teknik dasar berenang, seperti cara mengayunkan tangan dan kaki, mengatur napas, dan menyeimbangkan tubuh di kolam renang. Bagi kebanyakan orang tua, alat ini adalah pilihan utama bagi anak mereka yang akan mempelajari level renang selanjutnya.

Meskipun begitu, orang tua perlu memperhatikan ukuran arm ring yang akan digunakan ke anak. Diusahakan untuk menggunakan ukuran yang tepat dengan indikator bisa berupa usia dan berat badan anak, agar tidak ada resiko copot karena kelonggaran atau kesempitan dan akan mengganggu kenyamanan anak saat berenang.

 

g. Pelampung Dada / Tipe O Untuk Anak Diatas Usia 3 Tahun Dan Dewasa, Salah Satunya Pelampung Kapal

pelampung dada tipe o
pelampung dada tipe o

Pelampung ini termasuk paling banyak digunakan selain papan seluncur dan pelampung lengan. Tipe O atau donat adalah tipe ban renang yang paling mudah digunakan.

Namun kita harus memperhatikan ukuran dari pelampung ini agar tidak membahayakan penggunanya. Perkiraan berdasarkan usia:

  • Usia 3 tahun: 45 cm, lingkar dada sekitar 49 cm
  • Usia 4 tahun: 45-50 cm, lingkar dada sekitar 54 cm
  • Usia 5 tahun: 50-55 cm, lingkar dada sekitar 56 cm
  • Usia 6 tahun: 55-60 cm, lingkar dada sekitar 58 cm
  • Usia 7-12 tahun: 60-70 cm, lingkar dada sekitar 60-70 cm
  • Usia 12-15 tahun: 70-100 cm, lingkar dada sekitar 70-80 cm
  • Usia 15 tahun ke atas: 100 cm atau lebih, ukuran lingkar dada sekitar 80 cm atau lebih.
pelampung Dada tipe kapal selam
pelampung Dada tipe kapal selam

Di atas adalah untuk tipe o atau ban renang, sementara itu ada tipe kapal selam yang asik untuk digunakan. Bentuk pelampung ini terdapat katup pengaman dengan bahan vinyl yang teruji kokoh serta terdapat pegangan tangannya.

Demikian 9 Rekomendasi & Jenis Pelampung Renang Sesuai Kebutuhan Anda dari https://hobikusport.com/ pelampung renang yang bisa dipilih. Pastikan untuk membeli sesuai dengan kebutuhan serta kenyamanan saat menggunakannya di atas permukaan air.

 

Referensi:
https://my-best.id/57466/

http://asibayi.com/arsip/swim-trainer-classic/

https://www.ibudanbalita.com/artikel/mengenal-jenis-pelampung-sesuai-perkembangan-balita

https://my-best.id/96357/

https://www.krisbow.com/safety-equipment/protective-clothing//life-vest-w-leg-strap-whistle-org-l.html

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *