15 Rekomendasi Sepatu Hiking Trekking Terbaik & Cara Memilihnya

15 rekomendasi merk sepatu gunung terbaik misal eiger, consina, dll untuk anda pria maupun wanita pemula atau profesional yang hobi hiking atau trekking.

Naik gunung atau hiking bukan sesuatu yang baru di kalangan masyarakat saat ini. Dan sepatu hiking atau sepatu gunung adalah barang wajib yang harus dimiliki oleh semua pendaki yang ingin menaklukan gunung.

Ada beragam produsen sepatu gunung yang menjual berbagai macam model dan masing – masing memberikan keunggulan dari setiap sepatu yang dimilikinya. Berikut ini ada beberapa model sepatu hiking yang bisa menjadi rekomendasi sebelum membeli terutama bagi pendaki pemula, mari disimak penjelasannya di bawah ini!

 

A. Merk Sepatu Hiking Terbaik

1. Sepatu Hiking Eiger Pria (Eiger Pollock OL)

Eiger Pollock OL
Eiger Pollock OL

 

Bagi yang gemar naik gunung, sepatu dari Eiger satu ini sangatlah cocok dipakai untuk kegiatan hiking selama beberapa hari terutama di medan yang cukup berat atau jalur pendakian yang tidak mulus.

Dengan model sepatu mid cut dan memiliki booties construction system membuat sepatu ini tidak mudah untuk dimasuki oleh air dari bagian atas sepatu. Terdapat teknologi heel support system yang berfungsi sebagai penyangga pada bagian pergelangan kaki saat melakukan pendakian agar menjaga kestabilan di segala medan.

Tidak hanya itu saja, Eiger Pollock OL juga dilengkapi oleh Outsole Vibram yang dapat mencengkram permukaan tanah dengan sangat baik dan di bagian Insole Ortholite yang dapat mengering dengan cepat ketika basah dan juga terdapat batalan untuk menjaga kaki agar terasa nyaman.

 

2. Sepatu Hiking Consina Waterproof Untuk Wanita (Consina Deurali)

Consina Deurali
Consina Deurali

 

Salah satu model sepatu gunung yang cukup laris dari Consina dengan kualitas yang tidak bisa dianggap sebelah mata karena terbukti kuat melewati medan jalanan apapun. Untuk wanita yang memiliki hobi naik gunung tidak ada salahnya memiliki Consina Deurali yang satu ini.

Selain mempunyai corak warna merah muda, sepatu ini dilengkapi dengan teknologi uneebtex membran yang tahan air namun tetap masih bisa menjaga sirkulasi udara agar kaki tetap terasa kering.

Tidak hanya itu saja, Consina Deurali terbuat dari bahan kulit suede yang kuat dan tambahan bahan oxford pada bagian atas sepatu. Untuk bagian outsole mempunyai teknologi peredam air atau waterproof yang baik dan juga dapat mengontrol pijakan, menjaga keseimbangan, anti licin dan dapat meredam benturan.

 

3. SNTA Outdoor 470

SNTA Outdoor 470
SNTA Outdoor 470

 

Harga sepatu dari SNTA ini cukup terjangkau namun kualitasnya tidak boleh diragukan lagi. SNTA Outdoor 470 adalah pilihan yang tepat untuk pendaki yang ingin mencari sepatu dengan model mid cut dengan desain yang modern dan sangat keren, tidak heran jika sepatu ini mempunyai kesan yang tangguh dan juga kuat saat dipakai.

Sepatu SNTA satu ini termasuk jenis sepatu waterproof dengan daya tahan sebatas hujan ringan. Namun tidak ada salahnya bagi pemula yang baru mencoba mendaki gunung untuk memiliki sepatu gunung ini dengan harga terjangkau.

 

4. Rei Oboz Sawtooth Low

Rei Oboz Sawtooth Low
Rei Oboz Sawtooth Low

 

Sepatu gunung dari Rei ini memiliki oursole karet yang dapat mencengkram dengan sangat baik sehingga pendaki akan merasa aman saat mendaki pada medan berbatu sekalipun. Untuk bagian atas sepatu terbuat dari bahan nilon mesh yang tahan untuk segala macam cuaca dan juga mengering dengan cepat.

Untuk bagian outsole, dirancang dari bahan karet yang lengket dan tahan lama serta pada bagian midsole memakai teknologi dual-density EVA yang cukup nyaman saat dipakai.

Sepatu Rei Oboz Sawtooth Low ini tersedia dalam berbagai variasi warna dan cocok untuk dipakai oleh pria maupun wanita karena memiliki berat sekitar 2 pon sehingga pemakai masih dapat bergerak dengan lincah saat mendaki.

 

5. Camel Outdoor Hiking Shoes

Camel Outdoor Hiking Shoes
Camel Outdoor Hiking Shoes

 

Sepatu gunung dari Camel ini diklaim terbuat dari 100% kulit sapi untuk bagian upper sepatu yang dapat melindungi kaki dari cuaca di luar yang tidak menentu selama hiking.

Tidak hanya itu saja, sepatu gunung ini dilengkapi oleh insole dengan bahan mesh yang dapat mengalirkan udara dengan baik sedangkan pada bagian ontsole terbuat dari bahan MD dan karet berkualitas serta memiliki pola fishbone yang membuat sepatu ini anti selip untuk meningkatkan performa sepatu.

Sepatu gunung dari Camel mempunyai beragam warna dan cocok dipakai baik pria maupun wanita.

 

6. Columbia Conspiracy III

Colombia Conspiracy III
Colombia Conspiracy III

 

Colombia mengeluarkan produk sepatu gunung yang menggunakan alas kaki waterproof dan sangat cocok dipakai saat mendaki gunung yang cuacanya tidak mudah untuk diprediksi. Selain itu, Colombia Conspiracy III telah dilengkapi dengan teknologi Outdry Technology yang dapat membuat sepatu gunung ini tahan air saat digunakan untuk mendaki.

Untuk membuat sepatu ini semakin nyaman saat digunakan untuk mendaki, Colombia Conspiracy III sudah dilengkapi dengan bantalan berupa Techlite Midsole dan juga Omni – Grip Outsole. Dengan tampilan warna yang eyecathing membuat sepatu gunung ini terlihat berbeda dengan sepatu gunung lainnya.

 

7. Crocodile Endure Delta Boots

Crocodile Endure Delta Boots
Crocodile Endure Delta Boots

 

Crocodile mengeluarkan sepatu safety namun juga bisa dijadikan sebagai sepatu gunung yang nyaman dan juga aman untuk digunakan. Crocodile Endure Delta Boots ini memang dirancang untuk menjaga keamanan kaki di segala medan karena terbuat dari bahan kulit sintetis yang berkualitas baik dengan model boots.

Sepatu ini juga kuat dan tahan lama serta anti slip sebab di bagian alas menggunakan bahan karet berkualitas baik. Sepatu ini semakin aman melindungi kaki dari benturan karena terdapat besi di bagian ujung sepatu.

 

8. Caterpillar Device CT WP Dark Beige

Caterpillar Device CT WP Dark Beige
Caterpillar Device CT WP Dark Beige

 

Sepatu ini sudah sangat terkenal dengan tingkat kekuatannya yang amat tinggi. Tidak heran jika sepatu dari Caterpillar juga sering digunakan sebagai sepatu safety, namun sepatu dari Caterpillar ini juga bisa dijadikan sebagai sepatu gunung yang sangat aman untuk dipakai.

Secara detail sepatu ini memiliki bahan komposit (CT) yang terletak dibagian ujung di mana bahan tersebut lebih ringan dari baja akan tetapi lebih kuat dan pastinya lebih aman sesuai dengan standar ASTM.

Selain itu juga Device CT WP Beige mempunyai electric hazard yang dapat melindungi pemakai dari open circuit dalam kondisi kering, slip resistant atau anti slip dengan tambahan SRX (extreme slip resistant) untuk mencegah terjatuh akibat medan yang licin ketika mendaki.

Kelebihan lain dari sepatu ini yaitu waterproof, mempunyai ease di bagian midsole yang akan membuat kaki tetap dalam keadaan kering dan juga nyaman.

 

9. Air Protect Offroad

Air Protect Offroad
Air Protect Offroad

 

Sepatu gunung dari Air Protect ini memiliki warna yang beragam dan cukup menarik untuk bisa dipilih.

Air Protect Offroad cukup aman untuk digunakan dalam kegiatan hiking karena memiliki fitur antara lain APFD (Air Protec Fatigueless Development) yang berfungsi sebagai menjaga kestabilan saat berdiri serta mengurangi kelelahan saat melakukan pendakian, THP (Toe & Heel Protection) dengan fungsi memberi perlindungan pada telapak kaki dan juga tumit belakang serta menghindari cidera saat membentur benda keras.

Tidak hanya itu saja di bagian dalam atau insole dibuat dengan menggunakan teknologi kompresi tinggi agar pemakai merasa nyaman serta mengurangi efek guncangan.

Untuk kualitas dari outsole tidak diragukan lagi karena memakai bahan berkualitas sehingga tahan akan benturan dan didukung dengan Agresive Block yang dapat memberikan cengkraman kuat untuk segala macam medan atau kondisi alam.

 

10. Model Kasual Merk Salomon Men’s Ultra Mid 2 GTX Hiking

Salomon Men E2 80 99s Ultra Mid 2 GTX Hiking
Salomon Men E2 80 99s Ultra Mid 2 GTX Hiking

 

Merk ini sudah ada sejak tahun 1947 dan didirikan oleh Francois Salomon namun sekarang sudah menjual seluruh asetnya kepada Amer Sport di Finlandia. Sampai saat ini perusahaan ini masih memproduksi berbagai macam sepatu outdoor termasuk sepatu gunung.

Salah satu model yang paling terkenal yaitu Men’s Ultra Mid 2 GTX Hiking dengan penampilan yang cukup keren dan terlihat gagah. Sepatu ini memakai bahan anti air atau waterproof di bagian upper namun masih dapat membuat kaki bernafas karena menggunakan bahan mesh polyester yang nyaman untuk digunakan.

Tidak hanya itu saja, sepatu ini juga dilengkapi oleh teknologi GORE-TEX yang waterproof dan dapat melindungi kaki dari berbagai macam perubahan cuaca serta menjaga kaki agar selalu kering. Pada bagian alas memakai bahan berkualitas yang membantu menjaga kestabilan, tidak licin dan tahan di segala medan seperti jalan berbatu sekalipun.

 

11. Bahan Kulit Merk Timberland Mt. Maddsen Mid Waterproof

Timberland Mt. Maddsen Mid Waterproof
Timberland Mt. Maddsen Mid Waterproof

 

 

Sesuai dengan namanya, sepatu dari Timberland ini terbukti merupakan sepatu waterproof dan sudah banyak dipakai oleh beberapa pendaki saat mendaki gunung dengan medan basah sekalipun.

Terbuat dari bahan kulit sehingga membuat penampilan dari Timberland Mt. Maddsen Mid Waterproof ini semakin terlihat stylish dan banyak juga yang merasa puas setelah mencoba memakai sepatu ini.

Alas sepatu yang dibuat bergerigi dengan bahan karet terbaik membuat sepatu ini tidak mudah licin saat dipakai di permukan batu atau tanah basah sekalipun. Meskipun terlihat besar, namun sepatu ini cukup ringan untuk dipakai dan nyaman ketika dikenakan dalam jangka waktu lama.

 

12. The North Face (Tnf) Chilkat 400

The North Face 28Tnf 29 Chilkat 400
The North Face 28Tnf 29 Chilkat 400

 

Kelebihan yang terdapat pada sepatu The North Face Chilkat 400 ini yaitu membuat pengguna merasa hangat dan sangat cocok dipakai di daerah dingin atau salju sekalipun. Selain itu, sepatu ini juga dilengkapi dengan sol yang cukup tebal dan juga anti slip ketika dipakai di medan yang basah atau licin sekalipun.

Pada dasarnya semua sepatu gunung dari The North Face adalah sepatu waterproof sehingga sangat aman untuk dipakai di tempat basah atau bersalju.

 

13. Spotec SAR

Spotec SAR
Spotec SAR

 

Sepatu yang dikeluarkan oleh Spotec dengan tipe SAR ini mempunyai model potongan mid cut atau sebatas mata kaki. Sangat cocok bagi pendaki yang ingin melindungi bagian pergelangan kaki ketika mendaki gunung ataupun memanjat.

Terdapat bantalan yang cukup empuk di sekitar pergelangan kaki sepatu sehingga tidak heran jika sepatu ini akan membuat nyaman pemakai. Bantalan sepatu juga dipasang di bagian tumit agar membuat pendaki semakin nyaman saat mendaki.

Agar semakin aman dalam melindungi kaki, Spotec SAR juga dilengkapi oleh basi di bagian ujungnya untuk menghindari cedara kaki akibat benturan.

 

14. Nike ACG Dog Mountain

Nike ACG Dog Mountain
Nike ACG Dog Mountain

 

Dengan model retro 90an sepatu gunung dari Nike ini memiliki midsole mouled dan juga outsole yang cocok untuk digunakan pada medan berat. Sedangkan pada bagian atas sepatu ini menggunakan berbagai macam bahan seperti mesh, suede dan nilon sebagai tambahan.

Untuk bagian bawah sepatu menggunakan teknologi Dynamic Debris Guard dengan bahan Foamposite untuk melindungi kaki agar selalu aman saat menerima guncangan sekalipun.

 

15. Hi Tech Bandera Lite

Hi Tech Bandera Lite
Hi Tech Bandera Lite

 

Sepatu gunung dari Hi Tech sudah tidak diragukan lagi kualitasnya selain tahan lama sepatu Hi Tech nyaman saat dipakai oleh setiap pendaki.

Salah satu model sepatu dari Hi Tech yang sering digunakan oleh pendaki yaitu Hi Tech Bandera Lite yang menggunakan teknologi MDT rubber outsole di bagian bawah dan berfungsi menjaga keseimbangan dan mempunyai daya cengkram yang sangat baik di medan berbatu sekalipun.

Dengan memakai bahan dari mesh membuat sepatu Hi Tech Bandera Lite sangat nyaman digunakan. Terdapat bahan tambahan berupa suede untuk memberikan sirkulasi udara dan juga membuat sepatu gunung ini pas saat dipakai.

Sebagai tambahan, sepatu ini juga telah dilengkapi dengan ghillie lacing system yang membuat sepatu ini tidak hanya pas di kaki tetapi juga nyaman dan tidak membuat sakit.

 

B. Cara Memilih Sepatu Hiking Untuk Pemula

1. Kenyaman sepatu nomor 1

Mendaki gunung atau hiking membutuhkan waktu tidak sebentar. Oleh karena itu perlu ketelitian dalam memilih sepatu gunung dan paling penting sepatu harus nyaman saat dipakai, tidak membuat kaki lecet dan berbahan lembut.

Penting untuk memperhatikan nomor sepatu yang dipilih, ada baiknya untuk menaikkan nomor sepatu satu tingkat atau pilih sepatu dengan ukuran lebih besar dari ukuran kaki normal.

 

2. Perhatikan kualitas sepatu

kualitas sepatu
kualitas sepatu

 

Jangan mudah tergiur dengan harga sepatu gunung yang murah. Tetapi murah bukan berarti kualitas buruk. Sebagai pembeli perlu perhatikan setiap detail sepatu yang akan dibeli seperti sol, padding engkel, midsole, upper, rubber toe bumper dan masih banyak lainnya.

 

3. Periksa juga ketahanan air dan sirkulasi udara

Ada beragam bahan sepatu gunung yang digunakan seperti mesh, suede, plastik hingga kulit. Yang terpenting adalah bahwa bahan tersebut mampu membuat kaki terus terasa kering dan tidak lembab akibat sirkulasi udara di dalam sepatu cukup baik.

Sehingga pilihlah sepatu gunung yang tahan air dan juga memiliki sirkulasi udara yang juga baik.

 

Itulah tadi beberapa rekomendasi sepatu hiking hobikusport.com dalam 15 Rekomendasi Sepatu Hiking Trekking Terbaik & Cara Memilihnya yang bisa dipilih. Yang terpenting adalah sesuaikan dengan kenyamanan dan juga keamanan ketika memakai sepatu gunung tersebut.

Sebaiknya jangan tergiur dengan model sepatu dan tidak ada salahnya menanyakan perihal sepatu gunung ini kepada orang yang sudah ahli untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

 

Referensi:

https://my-best.id/3942/

https://review.bukalapak.com/sports/rekomendasi-merk-sepatu-gunung-yang-kuat-dan-berkualitas-99385

https://productnation.co/id/kebugaran/pakaian/6833/sepatu-gunung-terbaik-indonesia/

https://bp-guide.id/AXOQjIgd

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *