15 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik Ringan & Awet + Tips

Sepatu lari murah berkualitas yang pastinya nyaman dipakai untuk pemula dan profesional dalam 15 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik Ringan & Awet + Tips

Salah satu item penting saat melakukan olah raga lari apa lagi jika bukan sepatu. Ada beragam jenis sepatu yang telah tersedia dan dijual dengan berbagai model.

Namun ada sepatu khusus yang dirancang untuk para pecinta olah raga lari. Sepatu lari berbeda dengan bentuk sepatu pada umumnya.

Biasanya sepatu lari dilengkapi bahan busa yang di bagian pergelangan kaki dan juga sangat ringan. Berikut ini beberapa daftar sepatu yang cocok untuk dipakai saat berolah raga dengan berbagai merk, mari disimak!

 

A. Merk Sepatu Olah Raga Yang Bagus, Ringan Dan Awet

1. Puma Ignite Ultimate

Puma Ignite Ultimate
Puma Ignite Ultimate

 

Siapa yang tidak mengenal merk sepatu yang satu ini. Puma sudah sejak lama dikenal dengan kualitas serta model yang selalu mengikuti perkembangan zaman.

Salah satu sepatu yang diproduksinya yaitu Puma Ignite Ultimate yang dirancang dengan menggunakan Ignite Foam dan 3-layer mesh upper sehingga memberikan kenyamanan saat mengenakannya.

Tidak hanya itu saja, Puma Ignite Ultimate juga dilengkapi oleh Mid – sole Ignite yang unik dengan fungsi memberikan tekanan saat kaki mendarat dan juga dapat memantul sehingga mampu memberikan energi yang besar.

 

2. Adidas Supernova Sequence Boost 8

Adidas Supernova Sequence Boost 8
Adidas Supernova Sequence Boost 8

 

Sepatu ini diklaim mampu meningkatkan performa sebanyak dua kali lebih cepat ketika sedang berada di jalanan biasa maupun trek lari.

Adidas Supernova Sequence Boost 8 dilengkapi dengan lubang – lubang kecil pada bagian sisi sepatu yang berfungsi sebagai lubang sirkulasi udara agar kaki tidak terasa panas saat berlari.

Di bagian alas atau sol terbuat dari Continental Rubber sehingga membuat sepatu dapat bekerja dengan optimal di medan basah sekalipun. Sangat cocok digunakan untuk lari jarak jauh seperti marathon.

 

3. Nike Free RN Motion Flyknit

Nike Free RN Motion Flyknit
Nike Free RN Motion Flyknit

 

Berbeda dengan model sepatu Nike yang lain, Nike Free RN Motion Flyknit ini memfokuskan pada fleksibilitas dengan menggunakan teknologi bi-injection yaitu tidak menggunakan lem dalam proses pembuatannya.

Tidak hanya itu saja, terdapat auxietic sole yang berbentuk tri – star agar lebih mudah menyesuaikan bentuk kaki pelari. Sepatu ini juga dilengkapi kerah di bagian mulut sepatu agar mempermudah pelari dalam memakai dan melepas sepatu.

Sesuai dengan namanya, Nike Free RN Motion Flyknit menggunakan bahan flyknit di bagian upper sehingga memberikan kesan fit seperti sedang memakai kaos kaki namun dengan sirkulasi udara yang baik. Alas kaki yang cukup tinggi dan bantalan yang tebal memberikan kenyamanan saat sedang berlari.

 

4. Specs Road King II

Specs Road King II
Specs Road King II

 

Specs juga mengeluarkan jenis sepatu lari yang tidak kalah dengan merk sepatu lari lainnya yaitu Specs Road King II. Sepatu ini menjadi pilihan yang tepat untuk dipakai berlari jarak dekat maupun jarak jauh dengan berbagai kondisi.

Specs Road King II ini dilengkapi oleh Dual Suspension yang menjadi ciri sepatu ini yaitu terdapat midsole dengan 2 layer busa lembut. Busa di bagian atas yang lembut serta busa padat yang berada di bagian bawah sehingga mampu memberikan perlindungan pada kaki dengan sangat baik ketika berlari.

Tidak hanya itu saja, Specs Road King II juga terdapat S bag yaitu system sole yang terbukti memberikan kenyamanan dan stabilitas pada kaki serta melingdungi ankel agar selalu aman.

 

5. Asics Gel-Kayano 23

Asics Gel Kayano 23
Asics Gel Kayano 23

 

Untuk model sepatu ini, Asics melengkapi sepatunya dengan gel di bagian tumit sepatu dan juga pada bagian pijakan lainnya. Dengan teknologi midsole FlyteFoam sebagai bantalan sehingga dapat memberikan daya pantul yang cukup maksimal saat berlari.

Sepatu ini sangat nyaman digunakan baik bagi pelari pemula maupun pelari dengan masalah lutut. Tidak hanya itu saja, Asics Gel-Kayano 23 cukup unik sebab di bagian dalam sepatu dirancang agak miring agar berat tubuh pelari dapat bertumpu pada bagian pusat telapak kaki.

Dengan begitu sepatu ini mampu menjaga kesimbangan dan stabilitas pelari terutama saat berlari jarak jauh.

 

6. League Volans 2.5

League Volans 2.5
League Volans 2.5

 

Sepatu ini dirancang dengan bahan berteknologi air quick sehingga mampu menghasilkan sirkulasi udara dengan baik dan juga berbahan ringan. Bentuk sepatu yang mengusung exoframe di bagian dalamnya membuat sepatu menjadi lebih kuat.

Di bagian midsole dibuat dengan teknologi injected EVA Cushlite yang membuat bantalan sepatu menjadi lebih responsif namun lembut saat dipakai. Tidak hanya itu saja, busa insole pada sepatu mengggunakan bahan ortholite open-cell, sangat baik menjaga kelembaban dan juga sebagai anti-mikroba.

 

7. Reebok Zpump Fusion

Reebok Zpump Fusion
Reebok Zpump Fusion

 

Reebok Zpump Fusion hadir dengan teknologi The Pump yaitu dapat menyesuaikan sepatu dengan bentuk kaki pelari.

Terdapat sebuah tombol yang bisa diatur secara manual berfungsi sebagai pompa agar menghasilkan udara yang mengelilingi tumit ketika sudah dikenakan. Jadi sepatu ini cocok untuk dipakai oleh siapapun dengan bentuk kaki apapun.

Untuk mendukung fungsinya, sepatu ini dilengkapi oleh Power Frame yang menjaga agar udara dapat tetap berada di dekat kaki saat sepatu digunakan. Kelebihan lain dari sepatu ini yaitu terdapat eyelets di bagian tumit untuk menerangi sekeliling ketika berlari di tempat agak gelap.

 

8. Diadora Mythos Blushield Elite

Diadora Mythos Blushield Elite
Diadora Mythos Blushield Elite

 

Sepatu Diadora ini dilengkapi dengan teknologi Blushield, CCB, Duratech 500, Ortholite, dan Flexoft di mana teknologi Blushield berfungsi untuk memastikan cengkraman total pada kaki dan juga memberikan keseimbangan yang sempurna untuk tubuh dengan menggunakan kerucut aktif khusus serta basis Morpho.

Diadora Mythos Blushield Elite dibuat dengan menggunakan mesh udara nilon sehingga sirkulasi udara mengalir dengan baik dan juga nyaman saat berlari. Diadora Mythos Blushield Elite tersedia dalam tiga warna yaitu orange dengan kombinasi hitam, hitam jet fluo kombinasi hijau fluo dan biru estate dengan kombinasi kuning dd fluo.

 

9. New Balance Vazee Pace Protect Pack

New Balance Vazee Pace Protect Pack
New Balance Vazee Pace Protect Pack

 

Bagi pelari profesional pasti sudah tidak asing dengan sepatu yang satu ini. New Balance Vazee Pace Protect Pack sangat cocok dipakai saat udara dingin seperti musim dingin atau hujan karena dilengkapi oleh teknologi weather ressistant yang memberikan kehangatan dan kenyamanan pada kaki saat berlari.

Terdapat bantalan netral yang cukup baik sehingga membuat kaki tetap nyaman meskipun telah berlari dengan jarak jauh sekalipun.

 

10. Eagle Striker

Eagle Striker
Eagle Striker

 

Sepatu ini dirancang dengan dengan sangat baik sehingga dapat mencengkram dengan sangat maksimal saat pertama kali memakainya. Ketika berlari, perlari tidak akan tergelincir sebab Eagle Striker dilengkapi oleh bahan rubber yang memiliki kualitas design lite-tech di bagian midsole.

Sedangkan untuk bagian upper dibuat dengan menggunakan bahan yang mempermudah sirkulasi udara dan juga insole ultra fit.

 

11. Skechers GOrun 6

Skechers GOrun 6
Skechers GOrun 6

 

Skechers GOrun 6 mempunyai kualitas fleksibilitas yang cukup tinggi sehingga sangat cocok dipakai untuk melakukan olah raga jogging hingga lari jarak jauh sekalipun. Designnya yang stylish bisa juga dipakai untuk bersantai atau sekedar berjalan – jalan.

Pada bagian upper sepatu GOrun 6 dibuat dari bahan knit sehingga memberikan kenyamanan saat dipakai. Di bagian alasnya dipasang busa FlightGEN sehingga akan terasa ringan, empuk dan juga terdapat insole yang cukup lembut.

 

12. Mizuno Wave Ultima 8

Mizuno Wave Ultima 8
Mizuno Wave Ultima 8

 

Sepatu Mizuno satu ini memang terfokus pada bantalan yang sangat empuk saat pertama kali mencobanya dan sangat cocok untuk dipakai berlari.

Terdapat fitur U4iCX yang memberikan kenyamanan pada tumit karena terdapat bantalan yang empuk serta dilengkapi teknologi wave membuat sepatu menjadi terasa ringan dan juga stabil saat digunakan.

Selain itu, terdapat teknologi X10 yang terfokus pada daya tahan sepatu sehingga pelari tidak perlu meragukan lagi kekuatan dari sepatu Mizuno Wave Ultima 8.

Tidak khawatir saat mengenakan sepatu ini dalam jangka waktu lama, pelari akan terhindar dari rasa panas dan juga lembab sebab terdapat teknologi Airmash yang membuat kaki terasa dingin dan juga tetap kering.

 

13. Under Armour Speedform Apollo Vent

Under Armour Speedform Apollo Vent
Under Armour Speedform Apollo Vent

 

Sepatu ini terbuat dari bahan mesh pada bagian upper sehingga membuat kaki mudah untuk bernafas. Struktur sepatu yang lentur sangat cocok digunakan untuk jogging atau berlari jarak pendek. Di bagian heel cup terbuat dari bahan silikon yang memastikan kestabilan tumit untuk menyokong kaki.

Tidak hanya itu saja, Under Armour Speedform Apollo Vent dirancang menyesuaikan dengan bentuk kaki pelari dengan tambahan anti slip sehingga nyaman saat digunakan untuk berlari.

 

14. Saucony Kinvara 10

Saucony Kinvara 10
Saucony Kinvara 10

 

Bagi beberapa kalangan merk sepatu Saucony terdengar asing. Namun merk tersebut sudah banyak dipakai oleh para pelari profesional sebagai salah satu sepatu favorit.

Salah satu model sepatu yang dikeluarkan oleh Saucony yaitu Kinvara 10 yang memiliki bahan mesh di bagian upper sepatu dengan warna orange yang keren.

Tidak hanya itu saja, terdapat teknologi EVA di bagian midsole yang memberikan kenyamanan dan juga terdapat teknologi EVERUN pada topsole yang dapat menambah energi saat berlari.

 

15. Converse Run Star

Converse Run Star
Converse Run Star

 

Ciri khas dari sepatu converse yang paling terkenal yaitu sepatu model klasik berwarna hitam dan putih. Namun, kali ini Converse juga mengeluarkan sepatu lari yang diberi nama Converse Run Star dengan tampilan yang sangat kekinian dan stylish.

Berbeda dengan jenis sepatu Converse pada umumnya, Converse Run Star dilengkapi oleh form tebal di bagian outsole sehingga memberikan kenyamanan saat berlari.

Tidak hanya itu saja, bagian alas sepatu yang terbuat dari karet dengan kualitas baik membantu pelari untuk dapat melewati berbagai medan yang basah sekalipun.

 

B. Cara Memilih Sepatu Untuk Olah Raga Lari

Sebelum memutuskan membeli sepatu lari, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih sepatu, antara lain:

 

1. Mengetahui cara berlari

Setiap orang memiliki cara berlari yang berbeda – beda. Hal ini dipengaruhi dari bentuk kaki setiap orang, ada yang memiliki bentuk kaki pronasi normal, pronasi kurang dan pronasi lebih. Hal ini diketahui dari gerakan telapak kaki saat mengayun masuk saat berlari.

Untuk yang memiliki pronasi berlebih ataupun telapak kaki rata sebaiknya pilih sepatu lebar dan sol tebal untuk kenyamanan saat berlari.

 

2. Belilah sepatu pada saat malam hari

membeli sepatu
membeli sepatu

 

Sebaiknya beli sepatu ketika malam hari sebab ukuran kaki dalam bentuk yang sebenarnya karena telah dipakai beraktivitas seharian. Sehingga sepatu yang dipilih benar – benar sesuai dengan ukuran kaki. Dengan begitu sepatu yang dipilih akan terasa nyaman saat dipakai berlari.

 

3. Sesuaikan dengan jalur lari

Dalam memilih sepatu, perhatikan juga jalur lari yang dipilih agar tidak salah sehingga mengakibatkan cedera pada kaki. Sebab setiap sepatu dirancang sesuai dengan fungsi dan juga medan lari yang berbeda – beda.

Ketika berlari di jalan beraspal gunakan sepatu dengan alas karet agar tidak licin dan juga kuat.

 

4. Perhatikan juga berat badan

sepatu sesuai berat badan
sepatu sesuai berat badan

 

Jika pelari memiliki berat badan berlebih, sebaiknya pilih sepatu lari dengan bantalan lebih tebal dari sepatu lari biasanya. Hal ini untuk memberikan rasa nyaman saat akibat adanya tekanan yang besar saat berlari.

 

5. Kelenturan sepatu juga harus diperhatikan

Sepatu lari yang baik harus dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki ketika sedang berlari. Sepatu harus lentur dan fleksibel mengikuti gerakan kaki terutama ketika kaki sedang menekuk.

 

Demikian rekomendasi hobikusport.com beberapa merk sepatu lari ringan dan juga awet yang bisa menjadi referensi saat membeli dalam 15 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik Ringan & Awet + Tips.

Pastikan untuk selalu mementingkan faktor kenyamanan saat digunakan nantinya. Jangan tergiur dengan harga murah bila kualitas sepatu tidak sesuai dengan ekspektasi.

 

Referensi:

https://my-best.id/3193/

https://bp-guide.id/AXS9G7w0

https://review.bukalapak.com/sports/sepatu-lari-mizuno-terbaik-47388

https://stylo.grid.id/read/14940537/converse-keluarkan-koleksi-sepatu-dengan-siluet-terbaru-yang-diberi-nama-run-star-seperti-apa?page=all

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *