10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik & Cara Memilihnya

Rekomendasi 10 tas lari / running pouch bag jenis tas pinggang, lengan, punggung merk terbaik & cara memilih sesuai kebutuhan anda untuk jogging / marathon

Bagi yang gemar melakukan olahraga lari tidak lengkap rasanya jika tidak membawa barang penting seperti handphone saat berlari. Namun membawa barang ketika berlari sangat sulit dan terlalu repot untuk dilakukan.

Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan tas khusus lari. Saat ini sudah banyak tersedia tas dengan berbagai macam model yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini ada beberapa contoh tas lari yang bisa menjadi referensi bagi para pelari agar tidak kesulitan dalam membawa barang nantinya.

 

A. Merk Tas Lari Terbaik

1. Tas Pinggang / Waist Pouch Eiger Rattler Untuk Olahraga Lari Marathon

Waist Pouch Eiger Ratler
Waist Pouch Eiger Ratler

 

Tas pinggang Eiger Rattle dirancang dengan bentuk yang sederhana namun dapat menampung berbagai macam barang yang dibutuhkan ketika berlari seperti obat – obatan, vitamin, handphone hingga botol minum ukuran kecil.

Ukurannya yang tidak terlalu besar ataupun kecil mudah dibawa dan sangat nyaman ketika dikaitkan di pinggang. Dengan tampilan tas berwarna merah dan dilengkapi warna abu-abu pada bagian tali pinggang membuat penampilan tas pinggan Eiger Rattle semakin menarik saat dipakai.

 

2. Tas Lengan / Armband Kecil Untuk Lari Merk Aonije Arm Pack E845

Aonije Arm Pack E845
Aonije Arm Pack E845

 

Bagi pelari yang gemar membawa barang seperti uang, tas lengan atau arm bag dari Aonijie adalah pilihan yang tepat. Tas lengan ini dapat menampung berbagai barang berharga seperti uang ataupun perlengkapan P3K.

Selain itu Aonije Arm Pack E845 juga terbuat dari bahan nilon dilengkapi lubang tempat kabel earphone sehingga pelari bisa mendengarkan musik dari handphone berukuran maksimal 5.5 inci yang disimpan di dalam tas lengan.

 

3. Tas Punggung / Bahu / Ransel Untuk Lari Merk Decathlon Kalenji Running Trail Bag Small

Decathlon Kalenji Running Trail Bag Small
Decathlon Kalenji Running Trail Bag Small

 

Air minum adalah barang wajib yang harus dibawa ketika sedang berlari. Agar tidak kesulitan saat membawa air minum tersebut, tas punggung dari Decathlon akan mempermudah pelari yang kehausan saat berlari tanpa harus membuka tas terlebih dahulu.

Decathlon Kalenji Running Trail Bag Small dilengkapi dengan lubang sebagai tempat sedotan yang tersambung pada botol minum di dalam tas punggung. Selain terdapat kantong besar untuk menyimpan botol minum, tas ini juga mempunyai beberapa kantong kecil di bagian depan yang berguna menyimpan barang – barang penting saat berlari.

 

4. Tas Lari Miniso

Miniso WP28
Miniso WP28

 

Miniso juga mengeluarkan barang tas lari model tas pinggang yang cukup cantik dan cocok untuk dipakai bagi wanita yang gemar olahraga lari. Terbuat dari bahan nilon dengan warna – warna cerah sesuai dengan karakteristik wanita.

Tas pinggang ini mempunyai ukuran yang tidak telalu besar namun dapat menampung barang – barang dan terdapat kantong khusus untuk menyimpan smartphone di dalamnya.

Bagi yang ingin mendengarkan musik saat berlari, terdapat lubang untuk kabel earphone di bagian depan. Tali pinggang dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan ukuran pinggang.

 

5. Tas Lari Nike

Tas Lari Nike
Tas Lari Nike

 

Nike tidak hanya mengeluarkan produk sepatu saja, namun juga sudah merambah ke produk olahraga lain termasuk tas. Salah satu model tas dari Nike berupa tas pinggang yang bisa dipakai oleh semua orang yang memiliki hobi olahraga lari.

Tas pinggang ini mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar sehingga nyaman digunakan ketika dibawa berlari. Dengan bahan dasar polyester membuat tas ini tahan air dan juga cukup kuat menampung banyak barang keperluan berlari.

 

6. Tas Pinggang Adidas Untuk Lari

Tas Pinggang Adidas
Tas Pinggang Adidas

 

Sama seperti Nike, Adidas juga tidak hanya mengandalkan produk sepatunya saja. Saat ini produk yang dikeluarkan oleh Adidas salah satunya tas pinggang yang dikhususkan untuk para pelari.

Tas pinggang ini didesign sedemikian rupa hingga tidak terlalu menonjol dan nyaman saat dibawa berlari. Tas ini juga mampu memuat barang – barang penting yang dibutuhkan selama berlari. Berkompartemen utama berupa ritsleting yang mempermudah penyimpanan serta strap pinggang yang dapat disesuaikan.

Tidak hanya itu saja, tas pinggang dari Nike ini terbuat dari bahan polyester ripstop mempunyai beragam motif grafis sesuai dengan musim sehingga membuat penampilan tas tersebut semakin menarik.

 

7. Tas Lari Consina Coda

Tas Lari Consina Coda
Tas Lari Consina Coda

 

Tas pinggang dari Consina tipe Coda terbagi menjadi tiga kantong penyimpanan. Khusus kantong bagian tangah terbagi lagi menjadi dua bagian semacam partisi.

Tas pinggang ini sangat cocok untuk digunakan oleh pelari yang ingin membawa botol minum selama berlari, karena pada kantong bagian belakang dapat menyimpan botol minum berukuran sedang.

Tidak heran jika tas pinggang Consina ini banyak dicari sebab mampu menampung banyak barang dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat berlari. Selain itu, tas pinggang ini cukup kuat membawa beban karena tas ini juga memiliki tali pinggang dengan kualitas bahan baik serta dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

 

8. Tas Punggung Aonijie Air Wind Tracker Cross Country Backpack

Aonijie Air Wind Tracker Cross Country Backpack
Aonijie Air Wind Tracker Cross Country Backpack

 

Untuk penggemar lari jarak jauh atau marathon, sudah tentu barang yang dibawa tidaklah sedikit. Pelari perlu mempunyai tas punggung yang nyaman namun dapat menampung semua barang penting saat berlari.

Aoniijie mengeluarkan tas punggung yang mempunyai berat ringan namun dilengkapi berbagai macam komponen untuk menyimpan kartu, ponsel, obat – obatan, botol minum hingga jas hujan tipis.

Pada bagian belakang tas dirancang untuk dapat menyimpan air hingga 1,5 L. Kantong air tersebut berguna mendinginkan punggung meskipun berlari dalam keadaan terik sekalipun. Bahan yang digunakan juga sangat baik dengan pori – pori lebar sehingga kulit akan tetap mudah bernafas.

 

9. Tas Pinggang Salzmann Reflective Running Waist Bag

Salzmann Reflective Running Waist Bag
Salzmann Reflective Running Waist Bag

 

Olahraga lari tidak hanya dilakukan di pagi atau siang hari saja, saat ini sudah banyak orang memilih berlari di malam hari. Agar keberadaan pelari bisa diketahui jika berada di tempat gelap, tas pinggang dari Salzmann ini terbuat dari bahan reflektif atau dapat memantulkan cahaya.

Sehingga berlari di malam hari menjadi lebih aman terutama ketika terdapat kendaraan yang melintas dapat mengetahui keberadaan pelari.

Bentuk tas pinggang ini sangat sederhana nyaris menyerupai ikat pinggang. Pada bagian tengah terdapat kantong yang bentuknya mengikuti tali pinggang namun dapat menampung benda – benda penting untuk berlari.

 

10. Tas Lengan Merk Avantree Multifunction Sports Armband Trackpouch

Avantree Multifunction Sport Armband Trackpouch
Avantree Multifunction Sport Armband Trackpouch

 

Bahan yang digunakan untuk tas lengan yang satu ini terbuat dari kain neoprene yang cukup lembut namun kuat sehingga tidak menimbulkan rasa lengket dan gatal ketika dikenakan.

Tas lengan dari Avantree ini dapat menyimpan smartphone dengan ukuran maksimal 6.3 inci dan dilengkapi dengan lubang kabel earphone sehingga pelari dapat mendengarkan musik dengan nyaman.

Cover depan tas dibuat transparan sehingga pelari dapat membaca pesan ataupun mengganti lagu sesuai dengan keinginan tanpa perlu mengeluarkan smartphone. Terdapat kantong tambahan di bagian belakang untuk menyimpan barang penting seperti kunci atau uang.

 

B. Cara Memilih Tas Lari Berdasarkan Jenisnya

1. Berdasarkan Fungsi

· Tas Lengan / Armband

Tas lengan atau armband ini merupakan tas yang berukuran kecil yang dipakai pada lengan. Di Indonesia sendiri tas lengan ini bisa dikatakan barang baru sehingga masih jarang orang yang menggunakannya.

Fungsi utama dari tas lengan ini yaitu memudahkan seseorang untuk membawa barang seperti handphone dan barang penting lainnya saat melakukan olahraga termasuk berlari. Tas lengan ini akan menyimpang barang – barang dengan sangat baik sebab tas tersebut dikenakan di lengan, sehingga kita masih dapat menjaga barang penting kita dengan aman saat berolahraga.

Hampir sebagian besar tas lengan sudah dilengkapi oleh lubang yang berfungsi sebagai jalur kabel earphone. Sehingga pengguna masih dapat mendengarkan musik dengan nyaman saat berlari.

Tas lengan sangat cocok digunakan untuk pelari jarak pendek karena tidak dapat memuat botol minum yang berukuran kecil sekalipun.

 

· Tas Pinggang / Waist Pouch

tas pinggang
tas pinggang

 

Sekilas tas ini mirip seperti sling bag namun ukuran dan cara penggunaannya yang berbeda. Tas pinggan atau waist pouch banyak digunakan orang terutama yang gemar melakukan kegiatan outdoor karena mempunyai beragam fungsi, terutama bagi pecinta olahraga.

Tas pinggang dapat berguna untuk menyimpan botol minum namun hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran botol minum tersebut jangan sampai melebihi ukuran dari tas. Selain itu, tas pinggang juga dapat menyimpan barang – barang penting lainnya seperti handphone, dompet, obat – obatan, kartu dan lain sebagainya.

Pilihlah tas pinggang sesuai dengan kebutuhan dan yang terpenting nyaman saat dipakai serta tidak mengganggu atau menghalangi saat berlari. Pastikan untuk memilih tas pinggang berbahan waterproof sebab tas ini mudah sekali terkena keringat yang berada di sekitar pinggang.

 

· Tas Punggung / Bahu / Ransel

Dari semua model tas yang ada tas punggung adalaha tas yang paling nyaman saat dipakai. Dalam penggunaannya tas ini ditopang oleh kedua bahu sehingga meringankan beban saat melakukan akitivitas terutama saat melakukan kegiatan outdoor.

Bagi para pelari, tas punggung memiliki banyak manfaat, selain dapat memuat banyak barang, tas punggung juga dapat menyimpan botol air dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan tas pinggang.

Saat ini juga sudah tersedia beragam model tas punggung yang dirancang khusus bagi pecinta olahraga lari, seperti tersedia lubang sedotan yang terhubung dengan botol minum yang berada di dalam tas.

Sehingga pelari tidak perlu repot membuka tas ketika ingin melepas dahaga saat berlari. Tidak heran jika tas punggung sangat cocok dipakai oleh pelari yang gemar berlari jarak jauh atau marathon.

 

2. Berdasarkan Tipe

· Kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan

tas punggung
tas punggung

 

Pilihlah tas lari berdasarkan kebutuhan saja. Seperti halnya dalam memutuskan untuk berlari marathon, sangat tidak mungkin untuk menggunakan tas lengan sebab dalam melakukan lari marathon membutuhkan waktu yang lama sehingga pelari harus menyiapkan barang penting selama berlari, termasuk air minum.

Begitupun sebaliknya, jika dirasa cukup membawa handphone saat berlari cukup membawa tas lengan saja untuk mempermudah menjalani kegiatan berlari nantinya.

 

· Kenyamanan dan tidak mudah tergoncang

Bagi sebagian besar orang yang sering membawa tas saat berpergian pasti sudah mengerti bahwa tas akan mudah tergoncang ketika tubuh sedang bergerak dan goncangan akan semakin kuat jika kita aktif bergerak sekalipun tas tersebut termasuk tas punggung.

Untuk tas lari tidaklah demikian sebab tas tersebut dirancang sedemikian rupa untuk tidak mengalami goncangan terutama ketika sedang berlari.

Tas lari memang dibuat untuk melekat dengan erat pada tubuh selain menghindari goncangan, tas tersebut juga tidak menghambat pelari saat berlari. Jenis tas lari yang paling aman dan paling tahan dengan goncangan yaitu model tas lengan atau armband.

 

· Pilih bahan sesuai kebutuhan: Kain Mesh yang nyaman namun tidak dapat menahan keringat atau kain waterproof anti air yang tidak mudah lembab

tas waterproof
tas waterproof

 

Ada beragam jenis bahan tas yang digunakan untuk tas lari. Untuk tas lari yang terbuat dari bahan mesh akan terasa nyaman saat dipakai karena memiliki pori – pori yang cukup besar sehingga saat bersentuhan, kulit masih dapat bernafas dengan mudah.

Tubuh tidak akan terasa panas atau gatal sebab sirkulasi udara pada kulit yang tertutup oleh tas cukup lancar. Akan tetapi tas dari bahan mesh ini tidaklah tahan air atau keringat, sehingga sebaiknya perlu ada usaha tambahan dengan melindungi barang bawan dengan menggunakan kantong plastik terlebih dahulu.

Bahan lain yang bisa dipilih yaitu bahan waterproof yang dapat melindungi barang yang berada di dalam tas dengan aman tanpa takut basah yang diakibatkan oleh keringat tubuh. Tas dengan bahan waterproof juga tidak hanya melindungi barang dari keringat saja, tetapi juga melindungi barang dari basah akibat hujan, tidak mudah lembab dan juga mudah untuk dicuci nantinya.

 

· Untuk lari jarak jauh sebaiknya pilih bahan waterproof anti air

Ada baiknya memilih tas lari berbahan waterproof atau tahan air. Tas dengan bahan ini sangat penting dimiliki terutama bagi pelari yang gemar berlari jarak jauh.

Hal ini untuk mencegah keringat yang keluar dari tubuh tidak menyerap masuk ke dalam tas. Sehingga barang yang tersimpan di dalam tas tidak akan mudah rusak akibat terkena basah. Pilihlah tas dengan bahan polyester

 

· Memiliki kantong khusus smartphone / earphone yang transparan untuk mempermudah komunikasi

tas lari armband
tas lari armband

 

Beberapa tas lari khususnya dengan model armband atau tas lengan sudah dilengkapi kantong khusus untuk menyimpan smartphone. Tas tersebut biasanya memiliki bagian transparan sehingga pelari masih dapat melakukan pengoprasian handphone atau membaca pesan masuk dengan mudah tanpa perlu mengeluarkannya dari dalam tas.

Selain itu, beberapa tas seperti tas lengan dan tas pinggang juga sudah dilengkapi fitur tambahan seperti lubang khusus kabel earphone yang nyaman dan tentunya membuat barang yang berada di dalam tas menjadi lebih aman sebab tidak perlu lagi membuka sedikit penutup tas seperti pada umumnya untuk mengeluarkan kabel tersebut.

 

· Bahan reflektif / menyala dalam gelap untuk keamanan lari malam hari

Mungkin ini terdengar aneh, namun tas yang memiliki bahan reflektif atau dapat menyala dalam gelap ketika terkena sinar dari lampu kendaraan sangat berguna bagi pelari yang hobi berlari pada malam hari. Sehingga pelari dapat merasa aman tanpa takut tertabrak atau berlari di tampat gelap sekalipun sebab dengan bantuan bahan reflektif ini pelari akan mudah terlihat.

 

· Untuk tas pinggang dengan sabuk elastis lebih mudah dipakai

tas pinggang lari sabuk elastis
tas pinggang lari sabuk elastis

 

Sebagian besar tas pinggang mempunyai pengaturan pada tali pinggangnya yang dapat disesuaikan dengan ukuran pinggang. Namun sekarang, tas pinggang sudah dilengkapi dengan sabuk elastis yang dapat menyesuaikan ukuran pinggang secara otomatis.

Sabuk elastis ini juga mengikat pinggang cukup erat sehingga pelari tidak perlu khawatir jika tas pinggang akan terjatuh saat berlari. Ada baiknya pilihlah tas pinggang yang mempunyai sabuk elastis yang baik kualitasnya dan juga memiliki bahan yang mudah menyerap keringat dengan baik untuk menghindari kelembaban di area pinggang.

Itulah tadi pembahasan 10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik & Cara Memilihnya dari hobikusport.com yang bisa dipilih dan juga beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum membeli tas lari.

Yang paling penting pilihlah tas lari sesuai dengan kenyamanan dan juga sesuaikan dengan kebutuhan saat berlari. Semoga informasi di atas dapat membantu.

 

Referensi:

https://my-best.id/56119/

https://my-best.id/23261/

https://eigerindostore.com/eiger/mountaineering/man/bags-packs/waist-bag.html

https://www.miniso-nz.com/en-au/product/56946/portable-sports-waist-pack-rose-red

 

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *