Panduan Praktis Mahir Renang Gaya Bebas, Cepat & Mudah !!

Berenang menjadi salah satu kegiatan olahraga air yang cukup menyenangkan untuk dilakukan. Tidak heran jika banyak orang mulai mempelajarinya, seperti yang kita ketahui jika berenang memerlukan kemampuan khusus yaitu harus dapat mengambang serta bergerak di permukaan air.

Ada beragam gaya yang bisa dipilih saat berenang, seperti renang gaya bebas, renang gaya dada, renang gaya punggung dan renang gaya kupu – kupu. Dari semua gaya renang tersebut, setidaknya seseorang harus dapat menguasai minimal 1 gaya renang yang paling sering digunakan oleh semua orang yakni gaya dada dan gaya bebas.

Kali ini, akan dibahas mengenai salah satu gaya renang yang paling banyak dilakukan orang yaitu renang gaya bebas. Mari kita simak pembahasannya!

 

1. Pengertian renang gaya bebas / gaya crawl

renang gaya bebas
renang gaya bebas

Gaya bebas atau yang memiliki nama lain free swim / gaya crawl merupakan gaya renang dengan memposisikan dada menghadap permukaan air. Sedangkan untuk kedua lengan secara bergantian digerakkan jauh ke arah depan seperti gerakan mendayung, kedua kaki juga ikut bergerak secara bergantian ke arah atas dan bawah.

Muka diposisikan mengarah pada permukaan air dan proses pengambilan nafas terjadi saat salah satu lengan sedang digerakkan keluar dari air dan posisi tubuh menjadi miring, secara otomatis kepala juga ikut miring. Pengambilan oksigen ini, perenang bisa menoleh di sebelah kanan atau kiri tergantung dari kenyamanan.

Jika dibandingkan dengan keempat gaya renang lainnya, renang gaya bebas termasuk gaya renang paling cepat, tidak heran saat perlombaan renang nomor gaya ganti estafet, gaya bebas menjadi urutan paling terakhir.

 

2. Sejarah singkat renang gaya bebas

Renang gaya bebas sudah ada sejak lama sebagai salah satu dari gerakan renang. Di Eropa gaya bebas mulai diperlombakan untuk pertama kalinya di tahun 1844 tepatnya di London. Saat itu perenang yang berasal dari suku Indian dengan mudahnya berhasil mengalahkan perenang Inggris.

Meskipun demikian, perenang Inggris menganggap bahwa renang gaya bebas tidak elegan sebab terlalu banyak memercikan air. Sehingga ia tetap mempertahankan gaya dada saat berenang.

Renang gaya bebas terus berkembang dan pertama kali dipelajari oleh pelatih renang John Arthur Trudgen yang waktu itu pergi ke Argentina dari tahun 1870 – 1890. Saat itu gaya renang yang diperkenalkannya merupakan gaya campuran di mana gerakan kaki seperti sedang menggunting yang dikenal dengan nama gaya trudgen.

Gaya trudgen mulai dikembangkan lagi oleh perenang dari Australia Richmond Cavill yang merupakan putra instruktur renang Inggris, Profesor Frederick Cavill dan sudah menetap di Australia dari tahun 1879.

Saat Richmond dan Arthur (saudara kandung) sedang mengembangkan gaya trudgen, mereka melihat Alick Wickham (orang dari Kepulauan Solomon dan tinggal di Sydney) berenang dengan posisi kaki lurus melecut naik turun.

Dari situlah Richmond menemukan gaya baru dan berhasil memenangkan perlombaan renang dengan menyebut gaya tersebut sebagai gaya crawl. Dengan sedikit modifikasi oleh perenang Amerika Serikat, Barney Kieran, gaya crawl menjadi gaya bebas.

 

3. Langkah cara melakukan gerakan renang gaya bebas / teknik renang rangkaian gerakan beserta penjelasan dan gambarnya

  • Teknik gerakan tangan (posisi & sikap badan)
Teknik gerakan tangan 28posisi 26 sikap badan 29
Teknik gerakan tangan posisi dan sikap badan

Saat di awal kedua tangan lurus di atas kepala, posisi telapak tangan berdekatan namun tidak perlu bersentuhan. Selanjutnya tarik tangan kanan ke arah bawah hingga sampai ke arah belakang.

Saat tangan kanan berhasil keluar dari permukaan air, mulai ayunkan sejauh mungkin ke arah depan, perhatikan saat tangan berada di atas permukaan air siku agak ditekuk dekat telinga.

Ketika tangan kanan keluar di permukaan air saat itulah tangan kiri langsung digerakkan ke arah bawah kemudian tarik ke belakang sama seperti gerakan pada tangan kanan sebelumnya.

Ulangi gerakan tangan tersebut secara bergantian.

  • Teknik gerakan kaki (posisi & sikap badan)
Teknik gerakan kaki 28posisi 26 sikap badan 29
Teknik gerakan kaki posisi dan sikap badan

Gerakan kaki sangat penting sebab mempengaruhi gaya dorong dari perenang terutama berfungsi sebagai stabilisator dan menjaga keseimbangan. Prinsip dari gerakan kaki pada renang gaya bebas yaitu dilakukan dengan gerakan naik turun secara vertikal dan bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri.

Gerakan kaki dimulai dari panggul hingga kibasan pada pergelangan kaki, saat kaki berada di bawah gerakan secara kuat terutama di bagian pergelangan kaki. Jarak antara ujung kaki yang berada di bawah dengan ujung kaki yang berada di atas sekitar 25 – 40 cm.

  • Teknik bernafas / pengambilan nafas
Teknik bernafas pengambilan nafas
Teknik bernafas pengambilan nafas

Dalam gaya bebas, mengambil nafas dilakukan saat 2/3 kayuhan tangan perenang lalu berakhir saat tangan sudah masuk kembali ke dalam air. Proses pengambilan nafas bisa dilakukan jika salah satu tangan misal tangan kiri yang dikayuh dan sejajar dengan dada, secara otomatis tubuh akan terangkat di tubuh bagian kiri sehingga tubuh akan sedikit miring ke arah sisi kiri.

Di saat yang sama muka juga akan terangkat dan mulai ambil nafas dari sisi kiri tersebut. Hal yang serupa juga berlaku saat ayunan tangan kanan, hanya saja pengambilan nafas di lakukan di sisi kanan.

Proses pengeluaran karbondioksida dilakukan saat wajah menghadap ke arah air. Keluarkan gelembung tersebut menggunakan hidung secara perlahan.

  • Gerakan koordinasi kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas
Gerakan koordinasi kombinasi tangan 2C kaki 26 mengambil nafas
Gerakan koordinasi kombinasi tangan kaki dan mengambil nafas

Untuk gerakan koordinasi, kaki terus digerakkan seperti yang telah dijelaskan di atas.

Sedangkan pada proses pengambilan nafas dilakukan saat tangan kanan diayunkan ke depan lalu dimasukkan kembali ke dalam air lalu tangan kiri mulai naik ke atas permukaan air, di saat yang sama wajah mulai terangkat untuk mengambil nafas dari sebelah kiri.

Dan itu bisa sebaliknya berlaku jika ingin bernafas dari sisi kanan.

 

4. Tips renang gaya bebas

  • Kedua kaki harus selalu bergerak secara bergantian, meskipun sedang bernafas sekalipun.
  • Sama halnya dengan kaki, kedua tangan juga harus selalu digerakkan secara bergantian tanpa jeda.
  • Untuk telapak tangan arahkan sedikit ke arah samping luar ketika menyentuh permukaan air atau seolah ujung jempol menyentuh permukaan air pertama kali.
  • Saat mengambil nafas baik di sebelah kanan atau kiri, secepat mungkin masuk kembali kepala ke dalam air. Usahakan untuk tidak terlalu menunggu gerakan salah satu tangan selesai.
  • Supaya gerakan gaya bebas lebih stabil dan cepat, sebaiknya pengambilan nafas dilakukan setelah 2 – 3 set gerakan tangan.

 

5. Peraturan / kesalahan dalam renang gaya bebas

kesalahan dalam renang gaya bebas
kesalahan dalam renang gaya bebas

Meskipun terdengar mudah, ternyata renang gaya bebas juga memiliki beberapa aturan. Namun masih banyak ditemukan kesalahan saat melakukan renang gaya bebas terutama bagi yang baru mencobanya dan kesalahan tersebut antara lain:

  • Selalu menahan kepala di atas air saat berenang gaya bebas serta disertai dengan gerakan menengok ke kiri atau ke kanan setiap melakukan penarikan tangan. Ada baiknya posisikan kepala untuk masuk ke dalam air dan hanya diangkat ketika mengambil nafas.
  • Pandangan mata tegak lurus ke depan saat berenang gaya bebas. Sebaiknya hindari sikap ini jika tidak ingin mengalami cidera pada tulang leher dan sebisa mungkin untuk memposisikan tulang leher untuk tetap lurus dan sejajar dengan tulang punggung.
  • Lutut terlalu ditekuk seperti orang bersepeda ketika menggerakan kedua kaki saat berenang. Sebisa mungkin untuk meluruskan kedua kaki dan menggerakkan kedua kaki secara bersama mulai dari paha hingga pergelangan kaki.
  • Putaran pada tangan ketika mendayung tidak disertai putaran pada bahu dan pinggang. Ada baiknya ketika sedang memutar tangan ketika berenang gaya bebas pastikan untuk memutar pinggang dan bahu dalam 1 gerakan sehingga mencapai jangkauan yang maksimal serta memberi kemudahan untuk menoleh untuk mengambil nafas.

 

6. Manfaat renang gaya bebas

  • Menambah tinggi badan
Menambah tinggi badan
Menambah tinggi badan

Renang memang menjadi solusi untuk orang yang ingin menambah tinggi badan secara alami dan renang yang sangat disarankan untuk dipilih yaitu renang gaya bebas. Gerakan pada gaya bebas sangat dinamis membuat tubuh dapat tertarik ke arah depan dan belakang sehingga mampu menambah tinggi badan.

  • Memperkuat sistem pernafasan

Gaya bebas ternyata mampu melatih sistem pernafasan agar lebih kuat. Saat berenang kita dituntut untuk dapat mengambil dan menahan nafas dalam jangka waktu tertentu hal ini bertujuan agar tubuh tidak mudah kehabisan nafas.

  • Melatih otot tubuh
Melatih otot tubuh
Melatih otot tubuh

Saat berenang gaya bebas seluruh otot tubuh ikut bergerak mulai dari otot bahu, kaki dan perut. Sudah dipastikan jika rutin melakukan renang gaya bebas tubuh akan terasa bugar serta tidak mudah mengalami kram otot.

  • Melatih cara kerja otak

Kita tahu jika gerakan pada renang gaya bebas adalah gerakan yang dinamis serta memerlukan sinkronisasi di seluruh tubuh agar dapat bergerak secara selaras dengan baik dan benar. Oleh karena itu diperlukan kinerja otak yang baik untuk mengatus gerakan tubuh tersebut.

Renang gaya bebas terbukti mampu meningkatkan fungsi otak terutama dalam mengontrol koordinasi gerak otot.

  • Membentuk postur tubuh
Membentuk postur tubuh
Membentuk postur tubuh

Selain dapat melatih kerja otak dan otot tubuh, renang gaya bebas terbukti dapat membentuk postur tubuh menjadi lebih proporsional. Selain itu, membentuk tubuh bisa dilakukan dengan sangat mudah dan menyenangkan yaitu dengan rutin berenang gaya bebas.

Dengan gerakan yang teratur serta dinamis membuat otot tubuh terbentuk hingga akhirnya postur tubuh ideal bisa dimiliki.

 

7. FAQ

  • Apa tujuan koordinasi gerakan dalam renang gaya bebas?

Koordinasi gerakan pada renang gaya bebas merupakan perpaduan antara gerakan lengan, tungkai hingga pernafasan. Hal ini bertujuan agar gerakan yang dilakukan pada saat berenang dengan gaya bebas dapat selaras antara gerakan lengan, tungkai serta ketika mengambil nafas.

  • Gerakan mendayung dalam renang gaya bebas dimulai saat

Untuk gerakan mendayung pada renang gaya bebas terdiri atas gerakan tarikan dan gerakan dorongan. Gerakan ini dimulai dari ujung jari tangan menyentuh permukaan air sampai dengan lengan selesai melakukan dorongan hingga akhirnya keluar dari air.

Sedangkan untuk gerakan menarik pada lengan dimulai secara perlahan namun cepat hingga menghasilkan dorongan yang efektif.

  • Sebutkan dua bentuk latihan gerakan tungkai renang gaya bebas

Pertama, latihan gerakan tungkai bisa dilakukan sambil berpegangan pada pinggir kolam yang biasanya terdapat pegangan di sekeliling kolam. Setelah berpegangan posisikan lengan, tubuh dan kedua kaki lurus kemudian mulailah menggerakkan kedua kaki dari pangkal paha hingga ujung kaki.

Kedua, sama seperti berpegangan pada dinding kolam hanya saja diganti dengan menggunakan papan pelampung yang diposisikan di depan. Luruskan lengan, tubuh dan kedua kaki lalu mulailah untuk menggerakkan kedua kaki secara bergantian hingga maju ke depan.

  • Yang tidak termasuk pembalikan renang gaya bebas adalah

Dalam renang gaya bebas terdapat tiga teknik pembalikan yaitu teknik pembalikan biasa, teknik pembalikan dengan salto belakang (metode Kiefer), dan teknik pembalikan gaya bebas tanpa salto. Sedangkan pembalikan samping hanya dilakukan untuk renang gaya dada dan renang gaya kupu – kupu.

Itulah tadi penjelasan https://hobikusport.com/ mengenai renang gaya bebas yang harus diketahui. Bagi yang baru mencoba untuk mempelajari renang gaya bebas sebaiknya mintalah untuk didampingi bersama pelatih profesional dan cobalah di kolam dangkal terlebih dahulu untuk keselamatan.

Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat serta menambah informasi mengenai olahraga renang.

 

Referensi:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/cara-renang-gaya-bebas-untuk-pemula/

https://ilmuusekolah.blogspot.com/2017/02/renang-gaya-bebaspengertian-teknik-dan.html

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3909483/cara-berenang-gaya-bebas-lengkap-dengan-tekniknya-untuk-pemula

https://www.olahragakesehatanjasmani.com/2015/09/teknik-dasar-renang-gaya-bebas.html

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *