Snorkeling A-Z : Cara, Perlengkapan, Lokasi di Indonesia (Terlengkap)

Salah satu olahraga air yang juga dapat menjadi sarana rekreasi wisata air adalah snorkeling. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja, meskipun orang yang tidak bisa berenang sekalipun.

Aktivitas utama dari olahraga ini sebenarnya adalah untuk melihat keindahan biota di bawah permukaan air tersebut, semisal laut. Makin penasaran gak nih?

Nah untuk itu, berikut ini adalah penjelasan segala seluk beluk snorkeling, mulai dari definisi, teknik snorkeling yang benar, peralatan yang dibutuhkan hingga spot mana saja sih yang bagus untuk olahraga snorkeling. Yuk, mari kita mulai!

 

1. Snorkeling Adalah

snorkeling
snorkeling

Pengertian snorkeling atau selam permukaan adalah salah satu kegiatan olahraga air yang merupakan rangkaian aktivitas berenang dan menyelam dengan menggunakan peralatan seperti snorkel, masker selam dan kaki katak.

Memiliki sebutan lain sebagai selam permukaan, olahraga ini memang dilakukan dengan menenggelamkan seluruh tubuh namun tubuh bagian punggung masih berbatasan dengan permukaan air.

Sehingga snorkeling tidak menyelam di dasar yang terlalu jauh. Bisa dikatakan mirip dengan berenang, hanya saja tubuh berada di dalam air secara keseluruhan.

Waktu untuk melakukan snorkeling itu sendiri lebih baik di saat pagi hingga siang hari karena olahraga ini yang memang mengandalkan sinar matahari.

Sedangkan untuk kedalaman penyelaman tergolong rendah, yaitu 2 hingga 5 meter saja. Pada kedalaman ini tekanan di bagian tubuh tidak terlalu tinggi sehingga resiko kecelakaan minim terjadi.

 

2. Cara Snorkeling yang Benar

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk snorkeling yang benar. Tentu saja tips pertama adalah persiapan yang berupa pemakaian alat, pastikan alat yang digunakan pas terutama masker dan snorkel. Selain itu untuk yang belum bisa berenang, pastikan memakai rompi pelampung.

Lalu teknik langkah-langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

  • Lakukan posisi mengambang seperti renang atau dada dan perut menghadap ke arah bawah.
  • Letakkan wajah di air dengan sudut 45 derajat.
  • Gigit snorkel secara perlahan dan tutup sekelilingnya dengan mulut agar air tidak meresap masuk.
  • Latih pernapasan melalui mulut dan pipa snorkel dengan rileks dan nikmati iramanya sembari menikmati pemandangan biota di bawah permukaan air.
  • Gerakkan badan yang terapung secara perlahan, tendang fin dengan penuh tenaga dengan kaki yang berdekatan. Berenang dengan kecepatan tetap dapat berfungsi untuk menjaga energi.
  • Ketika ada sedikit air yang masuk ke pipa karena ombak atau efek lain, hembuskan atau tiup dengan kuat pipa snorkel dengan menggunakan udara melalui mulut dengan cepat. Ulangi hingga air keluar semua.

 

3. Alat Perlengkapan Snorkeling

Untuk melakukan olahraga snorkeling dengan aman dan nyaman, dibutuhkan beberapa peralatan khusus. Peralatan tersebut antara lain adalah :

 

a. Snorkel

snorkel
snorkel

Snorkel merupakan alat bantupernapasan dengan bentuk yang serupa huruf J. bagian bawah snorkel memiliki bentuk lengkung yang digunakan untuk bagian mulut.Sedangkan ujung atasnya lurus, dengan posisi penggunaan di atas permukaan air. Secara mendetail, snorkel memiliki ukuran diameter sekitar 2 cm dengan panjang pipa hingga 30 cm.

Ukuran snorkel tersebut tentu sudah disesuaikan dengan standar kebutuhan, keamanan dan kenyamanan pengguna. Snorkel yang terlalu panjang dikhawatirkan akan membuat penggunanya menghisap kembali karbondioksida yang belum sempat keluar dari pipa snorkel.

Sehingga dengan menggunakan snorkel ini, Anda tidak perlu mengangkat wajah ke atas permukaan air saat mengambil napas dengan mulut.

 

b. Snorkeling Fins

Snorkeling fins atau kaki katak hampir mirip dengan fins yang digunakan untuk berenang, yakni memiliki bentuk yang melebar di ujung kaki seperti sirip atau kaki hewan katak.

Alat ini berfungsi untuk menambah daya dorong pada kaki Anda.Selain itu, alat ini juga dapat membantu untuk mengatur kontrol pergerakan seperti misalnya keseimbangan dan kecepatan ketika berada di dalam air.

Fins yang digunakan untuk snorkeling dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :

  • Fins dengan tumit tertutup atau disebut juga dengan pocket foot
  • Fins dengan tumit terbuka atau disebut juga dengan open heel

Kedua jenis fins tersebut memiliki perbedaan ukuran panjang. Kaki katak tumit tertutup lebih pendek bila dibandingkan dengan kaki katak tumit terbuka.

 

c. Snorkel Mask

snorkel mask
snorkel mask

Disebut juga dengan masker selam alat ini berfungsi untuk melindungi wajah dari air, utamanya di bagian mata dan hidung. Bagian mata ditutupi lensa yang terbuat dari kaca pengaman.

Sedangkan bagian hidung terdapat kantong hidung dan kerangka masker yang berbahan karet atau silikon. Di salah satu sisi masker terdapat lubang atau tempat untuk memasang snorkel.

Setelah memakai snorkel mask, maka pengguna wajib untuk bernapas melalui mulut, karena jika bernapas melalui hidung maka masker dapat berembun. Bahayanya bahkan membuat masker dapat kemasukan air.

Ukuran masker sendiri sudah disesuaikan dengan penggunanya. Ada masker untuk dewasa, ada pula untuk anak-anak.

Maka memilih masker sesuai ukuran adalah wajib agar tidak membuat kemasukan air jika terlalu longgar. Cara mengeceknya adalah sebagai berikut :

  • Letakkan masker pada wajah.
  • Tekan masker sembari menari napas perlahan.
  • Jika masker tidak jatuh maka ukuran sudah pas karena tekanan air dapat membuat kedap udara.
  • Pasang tali pengikat di belakang dengan baik.

 

d. Baju Snorkeling

Baju snorkeling biasanya adalah baju renang biasa ataupun ada juga yang memakai baju selam. Baju selam memiliki perlindungan yang lebih efektif karena berfungsi untuk melindungi tubuh dari udara dingin, goresan terumbu karang dan bahkan sengatan ubur-ubur.

 

e. Bouyancy

Bouyancy
Bouyancy

Bouyancy sering juga disebut dengan live vest atau rompi pelampung. Alat ini dapat membantu penyelam untuk terapung karena rompi yang telah diisi udara.

Selain itu rompi pelampung juga dapat membuat snorkeler dapat selalu bergerak tanpa mengeluarkan banyak tenaga. Bahkan dengan ini mereka juga dapat beristirahat ketika berada di dalam air atau menjadi penyangga pada saat keadaan darurat.

 

4. Spot / Tempat / Lokasi Snorkeling Favorit / Terkenal di Kolam / Danau / Laut

Lokasi yang dapat digunakan untuk snorkeling sudah pasti memiliki pemandangan yang indah dan tidak terlalu dalam. Perairan di Indonesia banyak yang terkenal akan keindahannya untuk wisata snorkeling, mulai dari kolam, danau atau laut. Beberapa di antaranya adalah :

 

a. Tempat Snorkeling di Bali

Tak hanya terkenal di Indonesia saja, daerah wisata Bali hampir keseluruhan juga dikenal oleh wisatawan internasional. Terlebih lautnya yang beragam dan indah dapat dijadikan sarana olahraga snorkeling hingga diving.

Beberapa spot di Bali yang cocok digunakan untuk snorkeling antara lain adalah :

  • Pantai Amed – terdapat pemandangan taman batu karang cantik pada kedalaman 8 meter
    yang dilengkapi dengan penyu laut, ikan pari dan barakuda.
  • Seminyak
  • Nusa Penida – menjadi jalur migrasi pelagis karena arus lautnya bertemu langsung dengan Samudera India.
  • Nusa Lembongan – beberapa spot terbaik di tempat ini antara lain adalah Lembongan Bay, hutan mangrove dengan ikan kecilnya, Mushroom Beach dan Blue Corner.
  • Uluwatu
  • Tulamben – sebelah utara timur pantai Bali yang dilengkapi dengan terumbu karang warna-warni dan ikan tropis dan juga atraksi utama menarik adalah kapal karam USAT Liberty.
  • Tanjung Benoa – selain snorkeling, tempat ini juga memiliki arena watersport terbaik.
  • Sanur – terdapat jajaran tembok batu karang yang dapat dinikmari hingga kedalaman 2 meter.
  • Nusa Dua
  • Menjangan – pantai utara Bali, termasuk ke dalam West Bali National Park.

 

b. Tempat Snorkeling di Jogja / Yogyakarta

Blue Lagoon Tempat Snorkeling di Jogja
Blue Lagoon Tempat Snorkeling di Jogja
  • Blue Lagoon – terletak Widodomartani, Kabupaten Sleman. Memiliki tiga mata air yang tak pernah kering yaitu Sendang Wadon, Sendang Lanang dan Belik Kluwih membuat tempat ini memilki air jernih berwarna biru muda yang cocok digunakan untuk berenag dan snorkeling.
  • Pantai Sadranan – Gunung Kidul.
  • Pantai Drini – Gunung Kidul.
  • Pantai Nglambor – terletak di Gunung Kidul dan termasuk ke dalam pantai selatan. Saat yang tepat adalah jam 12 siang karena air pantai sedang surut.
  • Pantai Wedi Ombo – tak hanya snorkeling di bibir pantai, di sini juga dapat dilakukan snorkeling lepas pantai.

 

c. Tempat Snorkeling di Lombok Nusa Tenggara Barat

Propinsi Nusa Tenggara Barat, utamanya Sumbawa, memiliki lautan sebagai salah satu kekayaan bahari dengan ratusan jenis ikan, karang dan biota laut lain. Rekomendasi tempat untuk snorkeling di propinsi ini antara lain :

  • Gili Island – Lombok.
  • Gili Air
  • Gili Trawangan – dapat ditempuh dari Bali dengna menggunakan speed boat.
  • Gili Meno – umumnya satu paket dengan snorkeling di Gili Air dan Gili Trawangan.
  • Gili Ketapang
  • Takat Segele – berupa gundukan karang di perairan Moyo, Sumbawa.
  • Istana karang Calabai – Calabai, Kabupaten Dompu.
  • Tanjung Menangis – terletak di utara Kota Sumbawa, tempat ini memiliki Wreck Point dari kapal perang Jepang.

 

d. Tempat Snorkeling di Jawa Tengah

Karimunjawa Tempat Snorkeling di Jawa Tengah
Karimunjawa Tempat Snorkeling di Jawa Tengah

Salah satu pulau selain Bali yang terkenal di Indonesia antara lain adalah :

  • Pulau Karimunjawa yang menjadi salah satu pulau di kepulauan Seribu. Batu karang adalah pemandangan laut utama yang disajikan untuk para snorkeler yang menyambangi daerah Jawa Tengah.
  • Selain itu ada juga Ponggok Klaten yang dapat menjadi alternatif pilihan untu snorkeling di propinsi ini.

 

e. Tempat Snorkeling di Jakarta

Meskipun menjadi ibukota yang padat penduduk, Jakarta memiliki beberapa spot snorkeling yang dapat menjadi alternatif wisata, antara lain :

  • Pulau Tidung – berjarak 3 jam dari Pelabuhan Muara Angke, pulau ini memiliki banyak jenis biota laut.
  • Pulau Seribu – salah satunya Pulau Sepa dengan pasir putih dan air laut bening.
  • Pulau Pari – dapat ditempuh dari Dermaga Marina Ancol dalam waktu 1 hingga 1,5 jam.
  • Pulau Bidadari – terletak 30 menit dari Dermaga Marina Ancol dengan menggunakan speed boat.
  • Pulau Semak Daun – cocok dikunjungi untuk pemula dan terletak sejauh 3 jam dengan kapal dari Pelabuhan Muara Angke.

 

f. Tempat Snorkeling di Kepulauan Bangka Belitung

Pulau Lengkuas Tempat Snorkeling di Kepulauan Bangka Belitung
Pulau Lengkuas Tempat Snorkeling di Kepulauan Bangka Belitung

Beberapa tempat yang direkomendasikan untuk snorkeling di Bangka Belitung kebanyakan terletak di Kabupaten Belitung, antara lain :

  • Lau Batu Berlayar – terdapat batu granit besar mirip layar perahu.
  • Pulau Kepayang – Keciput, Kabupaten Belitung.
  • Pulau Burung – sering disebut dengan Pulau Garuda.
  • Pulau Lengkuas – selain biota laut terdapat mercusuar kuno peninggalan Belanda.
  • Tanjung Tinggi – terdapat batu granit besar yang memisahkan pantai dan daratan.

 

g. Tempat Snorkeling di Jawa Timur

Tempat snorkeling di daerah Jawa Timur bertebaran mulai dari arah timur menuju pantai selatan di mana daerah yang terkenal antara lain adalah Banyuwangi, Madura, Probolinggo dan Malang. Masing-masing spot yang terkenal dari ketiga kota tersebut antara lain adalah :

  • Pantai Tiga Warna, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang.
  • Pantai Bolu-Bolu, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.
  • Pantai Bangsring, Kabupaten Banyuwangi.
  • Pulau Tabuhan, Banyuwangi.
  • Gili Ketapang, Kota Probolinggo.
  • Gili Labak, Sumenep, Madura.
  • Gili Noko, Pulau Bawean.

 

h. Tempat Snorkeling di Aceh

Pulau Weh Tempat Snorkeling di Aceh
Pulau Weh Tempat Snorkeling di Aceh
  • Sabang, memiliki dua spot snorkeling andalan yaitu Gapang dan Pulau Rubiah yang termasuk ke dalam 9 spot terbaik untuk snorkeling di Indonesia.
  • Pulau Weh, yang dapat dijangkau dari Banda Aceh dengan menggunakan kapal feri dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Memiliki ekosistem yang sangat kaya, pulau ini cocok untuk para pecinta snorkeling.

 

i. Tempat Snorkeling di Jawa Barat

Untuk melakukan snorkeling di Pangandaran, Jawa Barat, sudah banyak agen tour and travel maupun pendamping yang akan membantu sehingga cocok untuk pemula.

 

j. Tempat Snorkeling di Lampung

Wisata Taman nemo Tempat Snorkeling di Lampung
Wisata Taman nemo Tempat Snorkeling di Lampung

Merupakan surga bagi pecinta snorkeling, Pulau Pahawang yang terletak di Lampung Selatan memiliki berbagai jenis terumbu karang, ikan kecil dan keanekaragaman biota laut lainnya. Selain itu terdapat penginapan yang serupa dengan Maldives.

 

k. Tempat Snorkeling di Nusa Tenggara Timur

Mendapat predikat tempat snorkeling terbaik kedua di dunia setelah Raja Ampat, Labuan Bajo terletak di Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Tempat ini memiliki 70 jenis bunga karang, 385 spesies terumbu karang dan berbagai macam rumput laut dan ribuan jenis ikan.

 

l. Tempat Snorkeling di Maluku

Pulau Banda Neira Tempat Snorkeling di Maluku
Pulau Banda Neira Tempat Snorkeling di Maluku

Salah satu tempat snorkeling dan diving terbaik di Maluku adalah Kepulauan Banda. Meskipun berada di kawasan dengan pegunungan api yang masih aktif, hal ini tidak menutup keinginan para pecinta bawah laut untuk snorkeling di Kepulauan Banda tersebut. Pemandangan yang disajikan adalah keindahan batu koral, ikan dan biota laut yang bervariasi.

 

m. Tempat Snorkeling di Sulawesi

Beberapa tempat snorkeling yang memiliki nama besar di Indonesia adalah :

  • Pulau Wakatobi – terletak di Laut Banda. Pulau yang kaya dengan terumbu karang dan ikan kecil ini termasuk ke dalam bagian Taman Nasional Wakatobi dengan luas wilayah sebesar 1,39 jtua hektar. Wakatobi adalah rumah untuk kehidupan biota laut di Laut Banda.
  • Bunaken – menjadi top diving Indonesia, taman laut Bunaken memiliki lebih dari 70 jenis terumbu karang, 5 jenis kura-kura, buaya air asin dan beberapa hiu karang. Selain snorkeling dan diving, Bunaken juga menyediakan wisata wall diving.
  • Pulau Togian – berlokasi di Sulawesi, pulau yang masih belum banyak dijelajahi manusia membuat pulau ini menjadi tempat yang patut dipertimbangkan karena memiliki keindahan alam laut yang tak perlu dipertanyakan lagi.

 

n. Tempat Snorkeling di Pulau Komodo

Pantai Merah Muda Tempat Snorkeling di Pulau Komodo
Pantai Merah Muda Tempat Snorkeling di Pulau Komodo

Salah satu rekomendasi tempat snorkeling di Pulau Komodo adalah Pantai Merah Muda yang juga memiliki keanekaragaman kehidupan bawah laut. Area ini juga dapat digunakan untuk diving.

 

o. Tempat Snorkeling di Raja Ampat

Tak perlu dipertanyakan lagi, Capr Kri di Raja Ampat adalah area snorkeling yang sangat indah didukung dengna 1500 pulau kecil di daerah ini. Berbagai ribuan jenis ikan, 6 spesies kura-kura, 450 spesies terumbu karang adalah pemandangan biota laut yang indah.

Itulah tadi penjelasan hobikusport.com mengenai serba-serbi snorkeling. Perlu diingat ya, snorkeling ini memang kegiatan utamanya adalah melihat pemandangan laut, tapi jangan sampai lupa diri. Takutnya nanti karena terlalu terlena, tidak sadar mengarah ke area yang lebih dalam dan malah diving. Jadi berbahaya kan? Untuk itu perlu familiar juga dengan kekuatan arus air di area snorkeling tersebut. Intinya jangan sampai terbawa!

 

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Snorkeling

https://id.wikihow.com/Snorkling

https://www.superadventure.co.id/news/4602/4-hal-penting-perbedaan-snorkling-dan-diving/

https://lingkunganitats.wordpress.com/2014/01/03/mengenal-snorkeling-atau-skin-diving/

http://www.tahupedia.com/content/show/1041/10-Tempat-Terbaik-Untuk-Diving-Dan-Snorkeling-Di-Indonesia

Elen

Seorang yang antusias dan hobi olahraga. Hobi pula menuangkan coretannya mengenai informasi olahraga yang disertai dengan riset di blog ini. Menekuni dunia menulis sejak 2010.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *